Perhatian! Jakarta-Bandung hanya satu jam lewat tol ini - WisataHits
Jawa Barat

Perhatian! Jakarta-Bandung hanya satu jam lewat tol ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Proyek pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintah, termasuk jalan tol, dirancang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Salah satu yang menjadi sorotan dan menunggu penyelesaian adalah jalan tol Jakarta Selatan-Cikampek (Jepang) II, karena jalur utama Jakarta-Bandung di Jawa Timur sering macet.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Jalan tol yang dirancang sepanjang 62 km ini dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalur Jakarta-Cikampek saat ini. Selain itu, Japek II Selatan bertujuan untuk mengurangi waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang dari 1 jam.

Tidak hanya itu, juga akan memperluas akses eksisting yaitu Tol Elevated Mohammed Bin Zayed dan sisi bawah eksisting sebelumnya.

“Ini pertemuan antara Jakarta dan Cipularang. Kecepatan maksimum yang direncanakan di sini adalah 80 km per jam, dan jaraknya 62 km. Jadi butuh waktu sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Lebih cepat,” kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan Bambang Sulistyo kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain itu, jalan tol ini juga terhubung dengan jaringan jalan tol JORR 2 yaitu tol Cimanggis-Cibitung dan tol Purbaleunyi. Sehingga kendaraan yang datang ke Pondok Indah dari kawasan BSD tidak perlu lagi berbelok di pertigaan Cikunir tetapi bisa langsung menuju Jatiasih Bekasi hingga melewati kawasan Sadang Purwakarta.

Tol Japek II Selatan akan memiliki 7 Gerbang Tol (GT) yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.

Keberadaan Tol Japek II Selatan diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, menekan biaya logistik, meningkatkan daya saing produk dalam negeri, mendongkrak perekonomian, serta mengembangkan kawasan industri, pemukiman dan pariwisata di sepanjang jalan tol.

Pengembangan proyek ini memang sedang dipercepat, terutama untuk Paket 3 yang diharapkan bisa beroperasi penuh pada awal 2023. Sedangkan untuk paketnya dijadwalkan selesai pada tahun 2024 dan 2028.

Berikut rinciannya:

Paket 1 dari Jati Asih-Setu Sta 0+00 hingga Sta 9+300 sepanjang 9,3 kilometer yang meliputi wilayah perkotaan Bekasi dan Kabupaten Bogor belum mulai dibangun. Namun, progres pembebasan lahan sudah mencapai 3,61% dan dijadwalkan bisa beroperasi pada Januari 2028.

Paket 2 Setu-Taman Mekar Sta 9+300 sampai 34 – 150 sepanjang 24,85 km yang meliputi wilayah Bekasi belum mulai dibangun. Namun progres pembebasan lahan sudah mencapai 54,63% dan dijadwalkan mulai beroperasi pada Januari 2024.

Paket 3 dari Taman Mekar ke Sadang Sta 9+300 hingga 34+150 sepanjang 24,85km yang meliputi Kabupaten Karawang dan Purwakarta hampir selesai.

artikel berikutnya

Terserap! Perjalanan pulang dari Jakarta ke Bandung hanya memakan waktu satu jam dan gratis melalui jalan tol ini

(Cha Cha)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button