Parade Cinta Indonesia, Yonarmed 11 Kostrad Ajari Anak Sekolah Cinta 1 Peduli Borobudur • Metro Times News - WisataHits
Jawa Tengah

Parade Cinta Indonesia, Yonarmed 11 Kostrad Ajari Anak Sekolah Cinta 1 Peduli Borobudur • Metro Times News

Metro Times (Magelang) Yonarmed 11 Kostrad bekerjasama dengan Sekolah Love I Care Borobudur, kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk pendidikan karakter dan dengan menawarkan pendidikan tentang cinta tanah air melalui penanaman pohon dan penanaman bibit ikan di sungai lanjutan purba Borobudur. Kegiatan bertema “Parade Cinta Indonesia” yang berlangsung pada Minggu (04/09) di Sekolah Borobudur “Love I Care” di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ibu Atik selaku pendiri I Care, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Bunda Pertiwi”, menari girang bersama dan penyerahan secara simbolis Pohon Gayam dan Kendi Ny. Atik kepada Komandan Batalyon dan Kepala Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 3 Yoarmed 11 diiringi tarian “Panyugak Sanga Kala”.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra., SIPem, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Cabang Kirana 3 Yoarmed 11 Ny. Ayu Gde Adhy Surya Mahendra beserta jajaran staf dan perwakilan Persit Cabang 3 Yonarmed 11.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membekali generasi muda khususnya anak-anak yang mengenyam pendidikan SD hingga SMP, dengan memberikan ilmu pengetahuan, mengenalkan alam dan melestarikannya secara lestari. Menanam pohon sebagai sumber air untuk 25-50 tahun ke depan dan menanam benih ikan di sungai Borobudur purba merupakan salah satu cara untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam. Ini adalah bentuk kebanggaan terhadap alam Indonesia dan cinta tanah air, tanah airku Indonesia.

Acara selanjutnya adalah penanaman pohon Gayam dan pelepasan ikan di sekitar Sungai Purba oleh Komandan Batalyon 11 bersama istri dan perwakilan manajemen, yang merupakan bentuk kepedulian Batalyon 11 Kostrad untuk Pelestarian Alam. lingkungan alam adalah kelestarian dan keseimbangan ekosistem di Sungai Purba, maka ketua Persit cabang 3 memberikan materi kepada anak-anak tentang cinta tanah air, yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Di penghujung acara mereka disuguhkan makanan khas yang disiapkan oleh mahasiswa I Care, prajurit, Persit dan pengelola I Care makan bersama.

Danyonarmed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra SIPem mengatakan Cinta Tanah Air merupakan perjalanan pendidikan untuk mengembangkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan kebanggaan masyarakat khususnya di kalangan generasi muda. Selain itu, wisata edukasi merupakan cara sederhana namun sangat efektif dalam memberikan edukasi, sekaligus sebagai upaya meningkatkan komunikasi dan sinergi sosial antara TNI dengan masyarakat. Kedepannya kegiatan ini akan dilakukan secara rutin dimana sesuai dengan impian kita sebagai prajurit Yonarmed 11 Kostrad akan segera turun ke daerah dan memberikan pencerahan tentang cinta/cinta tanah air bangsa Indonesia. Sehingga generasi muda memiliki bekal nilai-nilai kebangsaan yang kuat.

“Sinergi TNI dan rakyat tidak bisa dipisahkan. Salah satu identitas TNI adalah Tentara Rakyat, secara sederhana Tentara Rakyat berarti tentara yang berasal dari rakyat, berdiri di tengah rakyat dan berjuang untuk rakyat,” kata Danyon.(rif)

Source: metrotimes.news

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button