Pantai Biluhu, pantai pasir putih eksotis nan menawan di Gorontalo - WisataHits
wisatahits

Pantai Biluhu, pantai pasir putih eksotis nan menawan di Gorontalo

Pantai Biluhu, pantai pasir putih eksotis nan menawan di Gorontalo
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Biluhu Timur, Kec. Pantai Batudaa, Kab. Gorontalo, Gorontalo; Kasus: Verifikasi lokasi

Ingin menikmati suasana keindahan bawah laut yang eksotis dengan perpaduan pasir putih yang memukau, Pantai Biluhu Gorontalo adalah jawabannya. Pantai yang berada di Provinsi Gorontalo ini memiliki berbagai macam keindahan alam yang tidak boleh Anda lewatkan. Masyarakat Gorontalo terutama mendiami kawasan Teluk Tomini.

Provinsi Gorontalo memang terkenal dengan keindahan wisata alamnya, seperti kampung laut suku Bajo, pulau Saronde, taman laut Olele dan pantai Biluhu. Lokasi pantai ini cukup terpencil dan belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga keindahan pantainya masih terjaga.

Wisatawan di Gorontalo jangan sampai wisatawan melewatkan pantai cantik ini. Keindahan alamnya sangat terkenal eksotik dan selalu cantik. Jarak antara pantai dan ibu kota adalah 20 km, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Ingin tahu apa saja hal menarik tentang pantai canti di Gorontalo, simak ulasannya berikut ini

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Biluhu

Pantai Biluhu, GorontaloKredit Gambar: Google Maps titiana muqitoh

1. Lokasi jauh dari keramaian

Jika Anda ingin memulihkan diri sejenak dari rutinitas harian yang melelahkan, datanglah ke pantai indah ini dan rasakan sensasi liburan tanpa kebisingan. Pantai Bihun sangat ideal untuk mengunjungi orang-orang terdekat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Jika masih ingin berlama-lama di sini, wisatawan bisa menyewa penginapan di kawasan pantai.

2. Pantai pasir putih

Daya tarik utama pantai eksotik ini selain lokasinya yang terpencil dan masih sangat sepi adalah perpaduan pasir putihnya yang lembut berpadu dengan hijaunya pepohonan yang mengelilinginya. Ada juga tebing pantai yang menambah nuansa eksotis Pantai Biluhu. Pantai pasir putih yang lembut ini tidak boleh dilewatkan.

3. Suasana alam terbuka

Pepohonan rimbun berpadu dengan kicauan burung merupakan perpaduan pesona outdoor yang sulit ditemukan saat ini. Pada jam-jam tertentu, kawanan burung gagak dan elang melintasi langit di atas pantai. Selain burung, Anda juga bisa mendengar suara monyet yang sesekali bergelantungan di pepohonan dekat pantai.

4. Pesona Bawah Air

Ombak Pantai Biluhu Gorontalo yang tenang menggoda pengunjung untuk bermain air. Pemandangan permukaannya saja sudah luar biasa, belum lagi pesona bawah lautnya. Pesona bawah laut yang ada seperti terumbu karang warna-warni, ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari berpadu dengan airnya yang jernih sungguh mempesona.

5. Palung hanya berjarak 15 meter

Keindahan pantai ini semakin nyata ketika berjalan 10 hingga 15 meter dari bibir pantai, wisatawan akan menemukan dinding atau cekungan yang dipenuhi terumbu karang yang indah.

6. Matahari Terbenam Yang Indah

Daya tarik Pantai Biluhu Gorontalo selanjutnya adalah suasana sunset yang indah. Duduk santai di tepi pantai bersama keluarga menikmati semilir angin sore dan sunset akan menjadi saat yang menyenangkan. Pantai ini juga aman untuk anak-anak karena ombak pantai yang cenderung tenang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BiluhuKredit gambar: Instagram John E. Sidjib

Alamat Pantai Biluhu berada di Kecamatan Biluhu Pantai, tepatnya di Desa Biluhu Timur. Lokasi pantai berjarak 20 KM dari pusat kota. Wisatawan dari pusat kota harus menempuh perjalanan darat sekitar dua jam untuk sampai ke lokasi pantai dengan jalan menanjak menuju pantai.

Jika wisatawan datang dari Tanjung Harapan, mereka dapat memilih opsi naik perahu nelayan ke pantai yang indah ini untuk merasakan pengalaman yang berbeda. Ongkos naik perahu sekitar 100-250 ribu. Anda juga bisa naik speedboat dengan harga sewa sekitar 1 jutaan. Jalur laut ini tidak membutuhkan banyak waktu.

Sewa speedboat bisa menampung 10-12 orang, dengan waktu tempuh hanya 20 menit. Waktu yang cukup singkat tidak datang dengan pemandangan air laut yang menyenangkan.

Pantai Biluhu terpisah dari pemukiman penduduk karena pantai ini berada di balik tebing bebatuan yang cukup tinggi. Jadi ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan merasa seperti berada di pulau pribadi.

Jalur yang bisa ditempuh untuk menuju pantai melewati desa Bongo dari kecamatan Batudaa atau bisa juga melewati desa Barakati yang kondisi jalannya lebih baik dari desa Bongo.

Harga tiket masuk wisata pantai

Biaya masuk Pantai Biluhu, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar 10.000-20.000 sebagai retribusi. Harga tiket belum termasuk biaya parkir dan akomodasi. Bagi wisatawan yang menggunakan jalur laut, biaya sewa perahu atau speedboat belum termasuk biaya retribusi.

Jika wisatawan memutuskan untuk bermalam di chalet atau akomodasi yang disediakan pengelola, mereka harus membayar 250.000 hingga 500.000, biaya sewa ini sudah termasuk makan pagi. Biaya yang harus dikeluarkan bervariasi tergantung jumlah orang dalam satu rombongan.

Biaya juga akan berbeda saat ramai, yang biasanya terjadi pada akhir pekan. Selain biaya akomodasi, yang perlu disiapkan selanjutnya adalah anggaran kuliner. Wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan karena di pinggir pantai terdapat warung makan yang menawarkan menu dengan harga terjangkau.

Kegiatan seru dan menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai BiluhuKredit Gambar: Instagram tinktinkwyw

1. Snorkeling di Pantai Biluhu

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan wisatawan adalah snorkeling atau diving, menyaksikan keindahan bawah laut pantai yang indah ini. Pesona alam bawah laut Pantai Biluhu tak boleh dilewatkan. Bagi wisatawan yang menyukai snorkeling, pasti akan sangat senang mengunjungi pantai yang indah ini.

2. Bermain air dan berenang

Jika ingin snorkeling namun masih pemula dan takut menyelam terlalu dalam, Anda bisa mencoba berenang. Air di pantai ini sangat jernih dan cocok untuk bermain air atau berenang. Jangan lupa untuk membawa baju ganti saat berlibur ke pantai, karena baju awal Anda pasti akan basah karena keseruan bermain air.

3. Bermain pasir pantai

Daya tarik utama pantai di Gorontalo ini adalah pantai pasir putihnya yang terbentang indah di sepanjang tepiannya. Pasirnya cukup halus untuk dimainkan, cobalah membangun istana pasir, mengubur diri Anda di pasir dan memainkan permainan pantai lainnya, Anda pasti akan bersenang-senang.

4. Bersantai di pantai

Masih lelah setelah menempuh perjalanan jauh menuju Pantai Biluhu Gorontalo, wisatawan bisa mengistirahatkan badan dengan bersantai di pinggir pantai. Membawa material seperti kain atau karpet sepertinya menambah kenikmatan saat relaksasi ini.

5. Bersantai di tempat tidur gantung

Wisatawan bisa membawa hammock dan memasangnya di antara pepohonan di pinggir pantai. Dengan adanya hammock tentunya kegiatan bersantai akan sangat menyenangkan. Wisatawan bisa terlelap di atas hammock yang dibuai angin sepoi-sepoi dari pantai.

6. Petualangan

Terkenal dengan pepohonannya yang rindang dan banyaknya hewan di dekat pantai, menumbuhkan jiwa petualang para pengunjung. Selain mengunjungi pantai, pengunjung juga bisa merasakan petualangan di kawasan tebing dan pepohonan.

7. Malam di pantai

Karena tempatnya yang masih terpencil dan belum terlalu ramai, memutuskan untuk bermalam di pantai yang sejuk ini bisa menjadi kegiatan yang menarik. Anda dan keluarga bisa menyewa penginapan di dekat pantai dengan harga terjangkau. Suasananya asri, tenang dan nyaman untuk menginap yang lengkap.

8. Ambil gambar

Kegiatan ini hampir selalu bagus dilakukan di mana saja selama liburan. Abadikan momen tersebut agar saat pulang ke rumah bisa mengenang indahnya liburan pantai Biluhu. Berbagai spot foto dengan background pemandangan alam pasti akan membuat hasil jepretan Instagrammable.

9. Nikmati memasak

Warung makan di dekat pantai ini selain menyajikan makanan instan juga menyajikan masakan khas Gorontalo. Wisatawan bisa mencoba berwisata kuliner di pantai cantik ini. Perut yang lapar akan membuat Anda bad mood, jadi sebelum memulai aktivitas liburan, sebaiknya isi dulu perut Anda.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai BiluhuImage Credit: Instagram Pantai Biluhu Gorontalo

Pantai Biluhu memang masih berada di lokasi terpencil, meski pihak manajemen termasuk Pemerintah Provinsi Gorontalo terus berupaya menyediakan fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang sudah tersedia antara lain gîtes atau chalet dengan kapasitas 2 sampai 6 orang berjumlah 3 unit.

Di dalam chalet terdapat kamar mandi pribadi, kasur, lemari pakaian, dan kipas angin. Terdapat kipas angin disini untuk menunjang kenyamanan wisatawan meskipun AC di pantai ini cukup dingin. Selain fasilitas chalet, terdapat juga fasilitas umum seperti kamar mandi dan area parkir di pinggir pantai.

Tips untuk wisatawan yang ingin bermalam di hostel sebaiknya sewa rombongan agar harga sewa lebih terjangkau. Saran yang kedua adalah membeli makanan yang telah disediakan di kawasan pantai sebagai bentuk kepedulian terhadap perekonomian kawasan wisata tersebut.

Ini adalah pembahasan objek wisata, alamat, harga tiket masuk, aktivitas yang bisa dilakukan di fasilitas yang disediakan pengelola. Perlu diperhatikan juga, terutama pada kondisi jalan menuju lokasi pantai Biluhu di Gorontalo yang perlu diperbaiki agar wisatawan semakin banyak yang berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button