Lihat keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan yang disebut New Raja Ampat - WisataHits
Jawa Tengah

Lihat keindahan Pulau Tawale di Halmahera Selatan yang disebut New Raja Ampat

TEMPO.CO, jakarta – Raja Ampat di Papua Barat memang sudah terkenal dengan keindahan kepulauannya. Pemandangan yang mirip dengan yang ada di Raja Ampat ternyata juga bisa ditemui di Pulau Tawale, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Gugusan pulau ini disebut juga dengan Raja Ampat baru.

Pulau Tawale adalah surga tersembunyi di Halmahera Selatan. Terletak di Kecamatan Kasiruta Timur, pulau ini menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan yang merupakan perpaduan birunya lautan dan hijaunya gugusan pulau dan pegunungan.

Pulau Tawale di Halmahera Selatan. Dermaga. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi spot diving yang populer bagi para scuba divers karena kekayaan biota lautnya. Kumpulan berbagai jenis terumbu karang menambah keindahan alam bawah laut.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno yang berkunjung ke pulau itu juga mengungkapkan kekagumannya. Dia mencoba berenang dan mendayung kayak di sekitar Kepulauan Tawale.

‘Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. (Gugus Pulau Tawale) luar biasa indah, sungguh’gerbang surga‘. Selain itu, Halmahera Selatan merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia,” kata Sandiaga, Senin, 28 November 2022.

Sandiaga mengatakan Halmahera Selatan tidak hanya menjadikan kepulauan Tawale sebagai destinasi wisata bawah lautnya. Masih banyak destinasi wisata bawah air di Halmahera Selatan yang dapat dieksplorasi dan dikembangkan sehingga mampu membangkitkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

“Saya melihat disamping ekonomi berbasis sumber daya alam yang kini menjadi tulang punggung, kita juga harus mengembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Untuk menuju Pulau Tawale, wisatawan bisa naik speedboat dari Pulau Bacan. Pulau Bacan sendiri bisa dicapai melalui jalur laut dari Ternate, ibu kota Maluku bagian utara. Jarak yang harus ditempuh cukup jauh namun sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

Baca juga: Sail Tidore 2022, ajang untuk memamerkan keindahan Indonesia

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terhangat dan berita pilihan di saluran Telegram “tempo.co Perbarui”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button