Nakara Cafe, Cafe berkonsep literasi di Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Nakara Cafe, Cafe berkonsep literasi di Bandung

TEMPO.CO, jakarta – Berbagai kafe menarik terus bermunculan di berbagai kota, termasuk Bandung. Para wisatawan yang datang ke kota kembang bisa mencoba mampir ke salah satu kafe baru dengan konsep literasi yaitu Nakara Cafe.

Nakara Cafe didirikan oleh PT Nakara Aksara Dunia yang berkembang dari komunitas literasi berbasis media sosial bertajuk Komunitas Nulis Aja Dulu. Kafe yang bernama lengkap Nakara Café-Books-Learning Space ini tidak hanya menyajikan makanan dan minuman. Selain itu, kafe ini menawarkan kursus pelatihan, mulai dari bahasa asing hingga menulis.

Pendiri Write Only Community First Irma Susanti Irsyadi mengatakan sejak Nakara Café dimulai
dimaksudkan sebagai tempat penampungan atau tempat tinggal yang menekankan pada kepedulian terhadap literasi sesuai dengan tujuan awal membangun komunitas. “Dari awal kita sudah ada segmentasi khusus yaitu pasar literasi, di situlah letak keunggulan kita,” ujarnya dalam keterangannya, Senin, 1 November 2022.

Pengunjung dapat mengikuti berbagai kegiatan literasi di sana. Dimulai dengan membaca buku di tempat, membeli buku dan mengikuti berbagai kursus pelatihan. Pelatihan yang dapat diikuti antara lain menulis cerpen dan artikel, baik rutin maupun sampingan dalam bentuk seminar atau workshop, serta kelas bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea, Prancis, dll. dilaksanakan dengan konsep belajar dalam suasana yang nyaman dengan snack dan minuman.

Koleksi buku di Nakara Cafe. Dermaga. Tulis dulu

Menurut Irma, Nakara juga bisa menjadi tempat pertemuan atau forum diskusi berbagai komunitas dan klub hobi, seperti English Club, History Club, Science Club, dan lain-lain tergantung minat. Nakara juga bersedia bekerja sama dengan beberapa komunitas hobi dan literasi, serta mentor mengajar di berbagai kelas.

Suasana kafe yang nyaman dengan menu buatan sendiri

Nakara Cafe terletak di 51 Jalan Lengkong Besar Bandung. Kafe literasi ini memulai debutnya pada Kamis 27 Oktober dengan mengundang aktivis pendidikan dan YouTuber Guru Gembul.

Bangunan kafe ini terdiri dari tiga lantai yang terasa nyaman dan seperti rumah sendiri. Hidangan yang disajikan akan membuat Anda merasa seperti sedang menyantap masakan khas rumahan. Menu yang bisa dicicipi antara lain makanan pembuka seperti dimsum, cuanki, bumbu cireng rujak, batagor, mini fortifikasi, dan aneka risoles. Kemudian menu utama meliputi aneka ayam, sop iga, nasi goreng kampung, nasi goreng ibu dan nasi goreng nakara.

Menu snack yang tersedia antara lain sumpia udang, emping galing, sagon dan emping nasi. Menu yang tidak boleh dilewatkan dan dinikmati sambil membaca buku adalah kopi. Nakara Cafe menawarkan kopi single-origin dari Toraja, Ciwidey, Dieng, Wine dan Yellow Catur. Bagi yang tidak suka kopi, pengunjung kafe dapat memilih berbagai jenis teh. Harga menu mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 40.000.

Baca juga: Rasa kopi di atas awan, coba kedai kopi di Gunung Telomoyo Magelang

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button