Talang Londo, peninggalan Belanda yang masih berfungsi di Magelang - WisataHits
Yogyakarta

Talang Londo, peninggalan Belanda yang masih berfungsi di Magelang

Talang Londo merupakan bagian dari Saluran Irigasi Belanda yang masih berfungsi di Magelang hingga saat ini. Sekarang bangunan ini telah menjadi tempat wisata.

inibaru.id – Magelang lebih dari sekedar Candi Borobudur. Sebenarnya kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat menarik yang kaya akan nilai sejarah. Salah satunya adalah Talang Londo peninggalan Belanda.

Lokasi Talang Londo berada di Dusun Kaligaleh, Kalijoso, Kecamatan Secang. Bangunan ini sebenarnya merupakan bagian dari Saluran Irigasi Manggis yang dibangun oleh pemerintah kolonial. Air dari kanal yang dibangun pada tahun 1880-an itu konon bisa menyuplai air untuk kota dan kabupaten Magelang.

Yang menarik dari saluran irigasi yang panjangnya sekitar 20 kilometer ini adalah tidak selalu sejajar dengan permukaan tanah. Terkadang kanal lebih tinggi dari tanah, di atas jalan, bahkan di atas sungai lain. Meski sudah berusia lebih dari seratus tahun, saluran irigasi ini masih bertahan hingga saat ini.

“Sungai Manggis berasal dari Bendungan Badran di kawasan Bengkal, Kranggan, Kabupaten Temanggung. Dulu, saluran irigasi ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1880-an untuk mensuplai pertanian di Temanggung, Kota Magelang, dan Kabupaten Magelang,” kata Bagus Priyana, salah satu anggota Komunitas Toea Kota Magelang, dikutip dari Detik, Minggu (28 April). ./2/2021).

Omong-omong, Talang Londo sebenarnya adalah sebuah bangunan dengan saluran irigasi yang melintasi sungai kecil di bawahnya. Total ada 4 Talang Londo yang tersisa di Saluran Irigasi Sungai Manggis yang masih berfungsi hingga saat ini.

“Talang Londo di Secang pendek karena panjangnya hanya sekitar 25-30 meter. Yang di Badran, Temanggung panjangnya lebih dari 100 meter,” jelas Bagus.

Menjadi tempat wisata

Anda bisa berkano menyusuri Sungai Manggis.  (gelang berita)Anda bisa berkano menyusuri Sungai Manggis. (gelang berita)

Sebelum tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, tempat ini menjadi tujuan para pesepeda menghabiskan akhir pekan. Sejak tahun 2020, warga dan pemerintah setempat menjadikan Talang Londo di Secang sebagai tempat wisata. Bahkan, sejak akhir tahun 2020, pengunjung sudah bisa menjelajahi Sungai Manggis dengan kano.

“Sampai saat ini kami masih memikirkan apa lagi yang bisa kami lakukan untuk mendukung pariwisata di sini,” kata salah satu pengelola Talang Londo, Prastiyo, seperti dikutip Radar Jogja, Minggu (8/6/2022).

Jika kamu tertarik mengunjungi Talang Londo, siapkan uang Rp 5.000 untuk membayar tiket masuk per orang, Millens! Jika ingin berkano, siapkan uang dalam jumlah yang sama. Oh ya, kano ini bisa menampung enam orang dewasa.

Anda dapat mengunjungi Talang Londo setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:30 WIB. Biasanya tempat ini ramai mulai pukul 10 pagi WIB di akhir pekan. Jangan lupa siapkan kameramu, Millens! Seperti yang Anda lihat, bangunan Belanda ini sangat indah! (Aria Widodo/E10)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button