Rekomendasi 5 Museum Jogja, dari Ullen Sentalu hingga Lukisan Affandi - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi 5 Museum Jogja, dari Ullen Sentalu hingga Lukisan Affandi

jogja

Jogja, yang dikenal sebagai kota pelajar, menyimpan banyak pengetahuan, ruang seni, dan museum. Rangkaian museum di Kota Gudeg ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah pengetahuan dan mengisi waktu luang bersama keluarga, teman atau pasangan.

Berikut adalah 5 museum do-it-yourself yang direkomendasikan:

1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong km 25, Kaliurang, Sleman, DIY. Dikutip dari situs ullensentalu.comMuseum ini menyuguhkan suasana sejuk udara sejuk di lereng Gunung Merapi dan pepohonan rindang yang asri, ditambah lagi dengan perpaduan koleksi lukisan, pahatan dan benda-benda milik bangsawan Mataram.

Jam buka Museum Ullen Sentalu:

  • Selasa-Jumat: 08.30 – 16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 08.30 – 17.00

Biaya masuk Museum Ullen Sentalu:

  • Wisata Adiluhung Mataram: Rp 50.000
  • Tur Vorstenlanden: Rp 100.000

2. Museum Kayu Wanagama

Museum Kayu Wanagama terletak di Hutan Wisata Wanagama, Desa Bunder, Playen, Gunungkidul. Dikutip dari situs gregahmuseum.jogjaprov.go.id, Museum ini dikelola oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Berada di tengah panorama lanskap yang indah, museum ini terasa alami dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Museum Kayu Wanagama menyimpan berbagai koleksi kayu dan fosil kayu serta pohon hidup.

Jam buka:

  • Senin-Kamis: 08.00-14.00 WIB
  • Jumat: 08.00-11.00 WIB
  • Sabtu: 08.00-13.00 WIB
  • Harga tiket Rp 5.000

3. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Jogja terletak di Jalan Dr. Sutomo 13A, Bausasran, Yogyakarta. Dikutip dari situs www.museumbatik.com, museum ini menyajikan koleksi berbagai jenis batik dan perlengkapan membatik. Di museum ini, pengunjung tidak hanya dapat mencoba koleksinya, tetapi juga mencoba membatik secara langsung.

Tarif untuk pelatihan membatik adalah Rp 40.000 per 1 jam. Tarif paket pelatihan tie-dye dan kunjungan adalah Rp 85.000 hingga Rp 95.000.

Jam buka Museum Batik:

Senin-Sabtu: 09.00 – 15.00 WIB.

4. Museum Lukisan Affandi

Museum Lukisan Affandi terletak di 167 Jalan Laksda Adisucipto, di tepi barat Sungai Gajahwong. Dikutip dari situs affandi.orgMaestro Seni Lukis Indonesia Affandi adalah seorang pelukis Indonesia yang terkenal dengan gaya Ekspresionis dan Romantisnya yang khas.

Museum ini memiliki tiga galeri dan dua studio yang memajang lukisan Affandi sepanjang karirnya dan berbagai pelukis terkenal lainnya. Museum ini juga menampilkan karya seni untuk dibawa pulang.

Jam buka Museum Lukisan Affandi:

Senin-Minggu: 09.00-16.00 WIB

harga tiket:

  • Wisatawan Domestik: Rp 50.000
  • Wisatawan Asing: Rp 100.000

5. Museum Petani Jawa Indonesia

Museum Tani Jawa Indonesia terletak di Desa Tani Candran, Desa Kebonagung, Imogiri, Bantul. Dikutip dari visitjogja.jogjaprov.go.id, Museum ini menampilkan semua alat pertanian tradisional, adat istiadat dan tradisi para petani. Museum Tani Jawa juga memiliki fasilitas bermain alat pertanian ani-ani, bakiak, egrang dan lesung.

Jam buka Museum Petani Jawa:

Senin-Sabtu pukul 08.00-15.00 WIB dengan harga tiket Rp15.000.

Tonton video “Kafe disegel tanpa izin di Babarsari, ada perlawanan”.
[Gambas:Video 20detik]
(aplikasi/dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button