Menjelajahi Little Africa di Jawa di Taman Nasional Baluran - WisataHits
wisatahits

Menjelajahi Little Africa di Jawa di Taman Nasional Baluran

Tempat Pelestarian Berbagai macam flora dan fauna dengan tempat eksotis adalah Taman Nasional Baluran Banyuwangi.

Jam buka: 07.30-16.30 WIB
Tiket masuk: Rp 15.000.00- Rp 225.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Melihat binatang, bermain di pantai, berfoto
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, payung, tabir surya, minuman, makanan
Larangan: Tidak ada hewan yang mengganggu, tidak ada tanaman berbahaya, tidak ada suara keras
Alamat: Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur
Fasilitas umum: Toilet, akomodasi, mushola, warung makan
Akses jalan: Tidak bagus (karena kawasan taman nasional dan jalan akses hutan lindung tidak dapat diperbaiki)
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Siapa yang tidak mengenal daerah Banyuwangi? Jika Anda pernah ke Bali melalui jalur darat, Anda pasti tahu di mana letak Banyuwangi. Kota ini terletak di sisi timur pulau Jawa, berseberangan dengan Pulau Dewata, Bali.

Kota paling timur di Jawa ini ternyata memiliki sejuta pesona yang membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya. Tahukah Anda ada tempat di kota ini yang dijuluki Afrika kecil di Jawa. Tempat apa ini ?

Tempat itu adalah taman nasional. Jadi apa artinya La Petite Afrique Java, qui jardin? Baca terus artikel di bawah ini untuk menemukan lokasinya.

Sekilas tentang Taman Nasional Baluran

Banyuwangi memiliki tiga taman nasional, salah satunya adalah Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Kawasan ini memiliki luas 25.000 hektar dengan berbagai konservasi.

Meskipun sebagian besar taman nasional masih liar, ada pemandangan yang sedikit berbeda dari taman ini. Taman Baluran terdiri dari sabana atau padang rumput yang sangat luas. Zona sabana ini mewakili sepertiga dari total luas taman ini yang mencapai 10.000 hektar.

Savana Baluran adalah sabana terluas di pulau Jawa. Meski sebagian besar kawasan ini merupakan sabana, Anda tetap bisa menemukan hutan lindung untuk konservasi satwa lain.

Hewan yang akan anda temui adalah hewan padang rumput seperti kerbau, banteng, rusa, merak, burung ekor panjang, monyet ekor panjang dan lain-lain. Anda akan dengan mudah menemukan beragam fauna yang melintas di depan Anda.

Cerita

Penanaman Baluran rupanya memiliki alasan yang nyata. Nama taman ini diambil dari nama gunungnya yaitu Gunung Baluran. Anda dapat dengan jelas melihat gunung ini dari taman ini.

TNB juga merupakan rumah bagi flora dan fauna Indonesia. Taman ini juga bisa disebut sebagai miniatur hutan Indonesia karena semua jenis hutan di Indonesia terdapat di tempat ini.

Berbagai jenis hutan tersebut menjadi tempat konservasi beberapa jenis flora dan fauna yang terbagi dalam beberapa zona, yaitu zona inti, rimba, pemanfaatan dan pemanfaatan khusus. TNB dinyatakan sebagai taman nasional oleh pemerintah pada tanggal 5 Maret 1980.

Namun jauh sebelum itu, TNB ternyata menjadi suaka margasatwa bagi berbagai flora dan fauna. Berawal dari seorang Belanda yang hobi berburu dan mengatakan bahwa Baluran memiliki peran penting dalam konservasi satwa.

Kemudian, pada tahun 1930, direktur Kebun Raya Bogor mengusulkan Baluran sebagai salah satu hutan lindung di Jawa Timur. Pada tahun 1980, TNB resmi menjadi taman nasional berbagai flora dan fauna.

Di taman ini terdapat 444 jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan biasa hingga tumbuhan langka seperti Kesambi, Ketapang, Mimbo, Widoro Bakul dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk fauna terdapat 28 jenis mamalia dan 196 jenis aves, ikan dan reptil. Satwa liar yang dilindungi di taman ini antara lain lutung, merak hijau, banteng, rangkong, spesies tutul, dan masih banyak lagi.

tujuan perjalanan

Taman Nasional Baluran atau TNB terbagi menjadi beberapa kawasan yang bisa dikunjungi:

hutan musim

Hutan musim ini terletak paling depan dari taman ini dan memiliki luas hanya 5 km. Mengapa disebut hutan musim? Hutan ini dapat berubah tergantung pada musim saat ini.

Saat musim hujan, hutan ini akan terlihat sangat subur, rimbun dan hijau. Namun saat musim kemarau tiba, hutan ini akan menguning. Bahkan beberapa daun tidak menguning dan rontok.

Padang rumput

Area terluas dari taman ini adalah padang rumput atau sabana. Anda akan melihat sabana sejauh mata memandang. Hal ini semakin diperkuat dengan hadirnya fauna yang bervariasi berkeliaran di sana-sini.

Anda bisa lebih mengamati pemandangan jika menaiki menara observasi setinggi 30 meter. Dari atas menara ini, jarak pandang Anda melebar dan surut. Anda juga bisa menikmati pemandangan indah Gunung Baluran yang berdiri megah.

Sam unik dengan hutan musim, sava ini juga bisa berubah. Jika musim hujan sabana ini berubah menjadi hijau. Saat musim kemarau tiba, sabana ini berubah menjadi tanah gersang.

hutan hijau

Pemandangan selanjutnya adalah hutan cemara atau hutan abadi. Hutan ini disebut hutan abadi karena hutan ini akan menghijau sepanjang tahun dan musim.

Hutan abadi ini akan subur sepanjang hari karena terletak di tanah yang selalu lembab dengan air. Kawasan hutan ini dialiri oleh sungai, yang membuat daerah sekitarnya lebih subur. Hutan ini membentang hijau pada kilometer keenam hingga kesembilan.

Pantai Bama

Setelah lama melihat kawasan hutan dan sabana, akhirnya bisa menemukan pemandangan yang tak kalah menarik. Pemandangannya adalah pantai Bama Baluran. Pantai ini terletak 3 km di dekat sabana.

Pantai Bama memiliki fasilitas yang lengkap. Anda bahkan dapat menemukan akomodasi di daerah ini. Di pantai ini juga tersedia fasilitas snorkeling, diving dan boating.

Kamar Pantai Sijie

Selain Pantai Bama, TNB juga memiliki pantai yang indah, yaitu Pantai Biliki Sijie. Pantai ini terlihat sangat menawan karena ombak di pantai ini cukup tenang. Pantai ini semakin memesona saat matahari terbenam, Anda bisa melihat rona jingga yang berpadu dengan air laut yang semakin gelap.

Pantai Balanan

Pantai indah lainnya di kawasan TNB adalah pantai Balanan dimana Anda dapat menemukannya 3 km dari pantai Bama. Pesona pantai ini terletak pada pasir putihnya yang bersih dan airnya yang jernih. Sehingga terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang bergantian begitu terlihat jelas.

hutan mangrove

Selain hutan musim dan hutan abadi, Anda juga bisa menemukan hutan mangrove yang letaknya tidak jauh dari pantai Bama.

Huyan memiliki suasana yang sangat romantis, sehingga banyak wisatawan yang singgah di hutan ini untuk berfoto. Selain itu, terdapat dermaga kecil yang indah menambah eksotisme hutan ini.

gua jepang

Setelah melewati pos 1, Anda akan menemukan gua Jepang. Gua ini hanya memiliki luas 12 meter persegi yang berfungsi sebagai tempat persembunyian sekaligus penyimpanan amunisi.

TNB sangat luas jika ingin menjelajahi semua sudut datang di pagi hari.

Baca Juga : Obyek Wisata Banyuwangi

Alamat

Taman ini terletak di Desa Wonorejo, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur yang secara geografis terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Banyak orang menyebutnya Taman Nasional Baluran Banyuwangi atau Taman Nasional Baluran Situbondo.

Saat Anda mengunjungi taman ini, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mampir ke objek wisata Kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen yang memiliki keunikan objek wisata seperti: api biru dan jembatan matahari terbit.

Selain itu, Anda juga harus singgah di objek wisata Gunung Raung. Gunung ini sangat eksotik karena memiliki empat puncak, namun untuk mencapai puncak tersebut anda perlu memiliki tenaga yang berlebih karena akses jalan menuju puncaknya cukup terjal.

Nah, jika Anda mengaku sebagai pecinta alam sejati, silakan kunjungi semua tempat wisata alam tersebut.

Harga tiket

Harga tiket masuk taman wisata ini bervariasi sesuai dengan jenis wisata dan hari kunjungan.

Informasi Harga Hari
wisatawan lokal Senin Jum’at Rp15.000.00/orang
Turis asing Senin Jum’at Rp150.000,00/orang
wisatawan lokal Sabtu-Minggu dan hari libur nasional Rp 17.500,00/orang
Turis asing Sabtu-Minggu dan hari libur nasional Rp225.000.00/orang

Biaya parkir

Informasi Biaya parkir Hari
Dua roda Rp 5,000.00 Hari dalam seminggu
empat roda Rp 10.000.00 Hari dalam seminggu
enam roda Rp50.000,00 Hari dalam seminggu
Dua roda Rp 7.500.00 akhir pekan
empat roda Rp15.000.00 akhir pekan
enam roda Rp75.000,00 akhir pekan

Harga tiket masuk dan biaya parkir biasanya agak mahal saat liburan, hal ini dikarenakan banyaknya wisatawan.

Jam operasional

Jika Anda ingin mengunjungi taman nasional ini, ada baiknya Anda memperhatikan jam bukanya. Karena taman ini ditutup untuk umum pada hari-hari tertentu.

Hari Jam operasional
Senin kamis 07.30-16.00 WIB
Jumat Minggu 07.30-16.30 WIB

Pada hari libur nasional, TNB akan buka lebih lama dari hari biasa.

Meredakan

Fasilitas TNB cukup lengkap, seperti:

  • Akomodasi
  • Toilet
  • warung makan
  • Tempat beribadah

Untuk akomodasi, Anda bisa menemukannya di kawasan Bekol dan juga di Pantai Bama. Akomodasi di Bekol terdiri dari tiga wisma, yaitu Wisma Rusa, Wisma Merak dan Wisma Banteng. Wisma Rusa terdiri dari 7 kamar tidur dengan harga sewa Rp 35.000,00/orang, Wisma Merak 3 kamar tidur dengan harga sewa Rp 50.000,00/orang dan Wisma Banteng 2 kamar tidur dengan harga sewa Rp 250.000,00/unit.

Sedangkan kawasan Pantai Bama terdiri dari Wisma Kapidana dengan harga sewa Rp 75.000,00/orang dan Wisma Pilang Rp 300.000,00/orang.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut pertanyaan seputar TNB yang perlu Anda ketahui:

Kesimpulan

Jika Anda ingin melihat berbagai jenis hutan di Indonesia, Anda hanya perlu berkeliling Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Dari tempat ini Anda bisa melihat berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang dilindungi. Ajak keluarga atau teman Anda untuk bersafari sambil belajar.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button