Masalah tender merusak jalan menuju Telaga Ngebel Ponorogo parah - WisataHits
Jawa Timur

Masalah tender merusak jalan menuju Telaga Ngebel Ponorogo parah

Liputan6.com, Ponorogo – Drainase yang buruk dan hujan lebat dalam beberapa pekan terakhir membuat jalan tol menuju objek wisata Telaga Ngebel di sekitar Pasar Janti, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo rusak parah.

Akses jalan utama yang juga dilalui kendaraan antar kota di sekitar Pasar Janti di Kecamatan Babadan dikabarkan berlubang dalam dan dipenuhi genangan air.

Air yang terperangkap di genangan air menyebabkan aspal kehilangan daya rekat secara drastis, sehingga mudah pecah saat kendaraan melewatinya.

“Kami sudah menganggarkan dana untuk perbaikan jalan di ruas ini. Tapi proses lelang kemarin gagal (tender) karena pemenang lelang overbid,” lapor Direktur Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo Jamus Kunto di Ponorogo, dari Antara, Minggu (11/12/2022).

Dia menjelaskan, gagalnya proyek perbaikan jalan sekitar 100 meter itu karena mitra pemenang tender menandatangani kontrak pengerjaan di luar kawasan.

“Jadi aturannya sebenarnya tidak boleh, otomatis gagal, tidak ada pemenang cadangan juga,” ujarnya.

Akibat adanya alokasi dana Rp 650 juta dari perubahan APBD 2022, perlu dimasukkan ke dalam Sisa Alokasi Anggaran (SILPA).

Pihaknya juga tak bisa beriklan lagi karena waktu sudah habis hingga akhir tahun. “Lelang ulang memakan waktu sekitar satu bulan, jadi tidak bisa dilakukan tahun ini,” ujarnya

Diakuinya, kerusakan yang juga terjadi di Danau Ngebel ini termasuk dalam kategori rusak berat. Substruktur jalan rusak parah, sehingga lubang jalan semakin besar dan lebar di beberapa tempat.

ASAL PENAMPILAN NGEBEL TELGA.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button