Monumen Bambu Runcing Rappang, pengakuan simbol perjuangan rakyat Sulawesi Selatan - WisataHits
wisatahits

Monumen Bambu Runcing Rappang, pengakuan simbol perjuangan rakyat Sulawesi Selatan

Monumen Bambu Runcing Rappang, pengakuan simbol perjuangan rakyat Sulawesi Selatan

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan dan ingin merasakan suasana perjuangan bisa ke Monumen Bambu Runcing Rappang Sulawesi.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Rappang, Kec. Panca Rijang, Kab. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Monumen Bambu Runcing merupakan tempat bersejarah bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Tugu tersebut merupakan bukti perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda. Karena sejarah bersejarah inilah, Monumen Bambu Runcing Rappang tetap menjadi sumber kebanggaan.

Perjuangan bangsa Indonesia tidak lepas dari senjata bambu runcing. Senjata tradisional Indonesia ini menjadi saksi bisu bagaimana Belanda bisa pergi meninggalkan tanah air ini. Tentu saja, itu tidak mudah pada saat itu.

Untuk mengenang segala perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda, dibangunlah Monumen Bambu Runcing di Sulawesi Selatan. Monumen tersebut memiliki daya tarik yang masih membuatnya tetap dikunjungi hingga saat ini.

Atraksi Monumen Bambu Runcing Rappang

Atraksi Monumen Bambu Runcing RappangKredit gambar: Google Maps Sepmita Bepis

Padahal, masih banyak monumen lainnya di berbagai wilayah Indonesia. Ada juga Monumen Bambu Runcing di Surabaya yang tak kalah terkenal dengan monumen Rappang. Namun, Monumen Bambu Runcing Rappang Sulawesi memiliki daya tarik tersendiri.

1. Wi-Fi gratis

Pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika akan menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis di tugu tersebut. Hal itu dilakukan atas permintaan bupati setempat.

Dengan adanya layanan ini, masyarakat yang mengunjungi monumen tersebut dapat mengakses internet secara gratis. Jam operasional adalah Senin hingga Jumat, pukul 18.00 hingga 06.00. Sedangkan untuk akses internet pada hari Sabtu dan Minggu dapat dilakukan 24 jam sehari.

Kini, untuk menggunakan layanan tersebut, pengunjung tidak perlu lagi menggunakan akun atau password karena sudah bisa terhubung langsung ke internet. Kapasitas bandwidth wifi di kawasan ini juga cukup besar, mencapai 100 Mbps.

2. Area yang luas

Areal monumen ini juga sangat luas. Nah, selain digunakan sebagai tempat bersantai dan mengenang jasa para pejuang Indonesia, tempat ini juga umumnya dijadikan tempat bermain anak-anak.

Karena itu, saat pengunjung datang ke sana, banyak anak-anak yang bermain di sana. Itu adalah pemandangan alam di daerah itu pada malam hari. Namun, hal itu juga berujung memberikan suasana menyenangkan di sekitar tugu.

3. Memberikan informasi sejarah

Daya tarik utama Monumen Bambu Runcing Rappang adalah kisah sejarahnya. Sehingga jika Anda datang ke sana, akan terdapat banyak simbol perjuangan rakyat Sulawesi Selatan melawan penjajahan Belanda.

Karena itu, tugu ini tidak hanya menawarkan tempat yang ideal untuk berlibur, tetapi juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengajarkan sejarah, khususnya kepada anak-anak. Dengan demikian, orang tua bisa membawa anaknya ke sana dan menjelaskan peristiwa bersejarah ini kepada mereka.

Beri tahu anak-anak bahwa di sinilah bendera Indonesia pertama kali ditanam setelah perjuangan panjang melawan Belanda. Dengan begitu, rasa nasionalisme dan pengetahuan sejarah anak juga akan meningkat.

4. Patung Pejuang Indonesia

Ada banyak patung gulat yang bisa ditemukan di monumen tersebut. Tentu saja, patung prajurit yang mengenakan ikat kepala dan memegang tombak bambu telah menjadi ikon tempat itu.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat patung dua pejuang Indonesia mengibarkan bendera. Patung-patung itu bahkan lebih indah di malam hari karena dikelilingi oleh lampu berwarna.

5. Jajanannya banyak

Di pinggir jalan sekitar Monumen Bambu Runcing Rappang Sulawesi juga banyak dijumpai pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan ringan dan minuman. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan lapar atau haus ketika datang ke sana.

Apalagi jika mengunjungi tugu pada malam hari. Suasana malam yang dipenuhi dengan lampu hias taman bisa dibuat semakin sempurna jika dihabiskan dengan menyantap kuliner yang ada di area tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Bambu Runcing RappangKredit gambar: Google Maps Nurul Hidayah Pratama

Jika ingin menuju tugu, alamatnya bisa dengan mudah ditemukan di Google Maps. Lokasinya berada di Rappang, Panca Rijang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Tepatnya berada di utara RS Arifin Nu’Mang Rappang atau ke arah Jembatan Sungai Salo Lautang. Karena lokasinya yang sangat strategis, pengunjung dapat mencapainya dengan berbagai alat transportasi. Akses jalan juga bagus.

Nah, bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan, ada baiknya mampir ke tugu ini. Datang ke sini, wisatawan bisa merasakan suasana berbeda yang tidak ditemukan di tempat lain di Sulawesi Selatan.

Harga tiket masuk objek wisata

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana bersejarah dan wisata Kawasan Tugu, pengunjung tidak perlu membayar apapun karena tiket masuknya gratis. Pengunjung juga bisa datang kapan saja karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Sehingga tempat ini sangat cocok sebagai tujuan liburan murah bersama keluarga atau teman. Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana untuk membeli makanan atau minuman di kawasan sekitar. Namun, pengunjung juga diperbolehkan membawa makanan dan minuman sendiri.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Tugu Bambu Runcing Rappang

Aktivitas Menarik di Tugu Bambu Runcing RappangKredit gambar: Pengelola Aset Google Maps Kab. Sidra

Jika berkunjung ke Monumen Bambu Runcing Rappang, wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik di sana. Berikut kami berikan daftar ide aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan wisata populer Sulawesi Selatan ini.

1. Santai

Kebanyakan orang datang ke monumen untuk menikmati pagi atau sore hari yang santai. Terdapat banyak tempat duduk di area tersebut, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana sekitar sambil bersantai.

Karena sangat cocok dijadikan sebagai tempat relaksasi, berwisata bersama teman, keluarga atau pasangan ke tempat ini cukup bisa dilakukan. Ada banyak tempat di mana Anda bisa duduk atau piknik kecil.

Selain itu, kini tersedia Wi-Fi gratis di lokasi ini. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bersantai di sana dalam waktu yang lama tanpa merasa bosan. Di tempat tersebut juga terdapat pepohonan agar pengunjung tidak kepanasan dan selalu merasa sejuk.

2. Mencari jajan

Bagi pengunjung yang gemar melakukan aktivitas kuliner, tugu ini juga menjadi jawaban terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencari aneka makanan khas Sulawesi Selatan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di sepanjang pinggir jalan tugu.

3. Bermain di sore hari

Tempat tersebut juga berfungsi sebagai arena bermain bagi anak-anak, terutama pada sore hari. Oleh karena itu, tempat ini cocok dijadikan sebagai wahana bermain anak-anak.

Bagi pengunjung yang memiliki anak dan sedang berkunjung ke Sulawesi Selatan, ada baiknya datang ke tugu ini. Selain bisa bersenang-senang, anak-anak juga bisa belajar tentang sejarah dan makna perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tugu Bambu Runcing RappangKredit gambar: Google Maps Irfan Tirtana

Tempat ini menawarkan area tempat duduk dan taman bermain. Ada juga area pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

Saat ini, Monumen Bambu Runcing Rappang masih berdiri kokoh. Tugu ini bisa membuat kita mengerti apa arti Tugu Bambu Runcing. Jika Anda pergi ke sana, pastikan pengunjung menjaga kebersihan area tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button