Pantai Sari Ringgung, Lampung, Pesona Pantai Pasir Timbul dan Masjid Terapung - WisataHits
wisatahits

Pantai Sari Ringgung, Lampung, Pesona Pantai Pasir Timbul dan Masjid Terapung

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Ratai Road No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu tujuan wisata pantai di kota Bandar Lampung. Menampilkan keindahan pantai yang bagus dan indah membuat pantai ini sangat terkenal. Bahkan pantai ini banyak dikunjungi wisatawan yang berasal dari luar Bandar Lampung. Jelas bahwa keindahan pantai tidak ada bandingannya.

Sari Ringgung pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2014. Telah mengalami beberapa kali renovasi dan berbagai pertimbangan sehingga kunjungan ini memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata pantai lainnya. Berbagai objek wisata bisa dinikmati pengunjung saat berlibur di destinasi pantai Bandar Lampung ini.

Berbagai fasilitas yang disediakan pengelola pantai bisa dinikmati pengunjung sambil menikmati liburan di pantai yang satu ini. Sari Ringgung bisa menjadi referensi, atau daftar tunggu liburan Anda bersama keluarga, teman atau orang tersayang. Jangan lupa berkunjung ke sini saat berkunjung ke Bandar Lampung.

Atraksi Pantai Sari Ringgung

Aktivitas di Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Adi_Kuswara

Pantai indah ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit Provinsi Lampung. Menghadirkan keindahan pantai yang luar biasa indah dan menakjubkan membuat pantai ini banyak diminati oleh para wisatawan di sekitar pantai bahkan para wisatawan yang berasal dari luar kota Bandar Lampung.

1. Ada objek wisata yang unik yaitu masjid terapung

Salah satu tujuan utama pengunjung pantai Sari Ringgung adalah keberadaan masjid terapung yang biasa disebut dengan Masjid Al Aminah. Mulai dijadikan sebagai objek wisata religi pada tahun 2015 secara resmi oleh pemerintah kota Lampung sendiri. Hampir setiap hari masjid ini selalu ramai dan setiap tahun selalu bertambah.

Padahal, Masjid Al Aminah dibangun hanya dengan kayu, dan bentuk bangunannya sangat sederhana. Letaknya yang berada di perairan pesisir membuat area masjid saling berdekatan, bahkan bersentuhan langsung dengan kolam ikan milik para nelayan. Sebagai daerah pesisir, tidak heran jika nelayan menjadi mata pencaharian penduduk setempat.

2. Menjadi tempat yang cukup bagi penggemar snorkeling

Daya tarik selanjutnya yaitu pemanfaatan pantai ini sebagai spot snorkeling bagi pecinta olahraga ini. Berlibur ke pantai bisa jadi sia-sia tanpa snorkeling. Namun sayangnya tidak semua pantai cocok sebagai spot snorkeling. Eits, tapi jangan salah, karena di pantai ini pengunjung juga bisa melakukannya.

Pantai di kota Bandar Lampung ini termasuk dalam perairan yang memiliki ombak yang aman dan tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk dapat menikmati aktivitas snorkeling di bawah laut.Keindahan biota bawah laut siap memanjakan pengunjung yang bermain snorkeling.

3. Tempat mandi yang aman untuk anak-anak dan dewasa

Jika Pantai Sari Ringgung bisa aman digunakan sebagai spot snorkeling, pasti pantai ini juga sangat aman jika dijadikan sebagai tempat pemandian bagi setiap pengunjung yang datang. Pengunjung dapat membawa anak-anaknya untuk menikmati sensasi berenang di sekitar pantai. Pastinya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Pengunjung bisa berenang di sekitar pantai. Biasanya, penanggung jawab pantai telah menetapkan garis pengaman tempat pemandian untuk memudahkan para wisatawan yang datang berkunjung. Jangan lupa juga untuk menyewakan ban atau pelampung yang telah disediakan agar aktivitas berenang Anda semakin seru dan menyenangkan.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Sari Ringgung

Alamat Pantai Sari RinggungKredit gambar: Twitter Wawan Herdianto

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu destinasi wisata tepi laut di Lampung. Lokasi lengkapnya berada di desa Sidodadi, kecamatan Padang Cermin, dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Pesawaran. Untuk bisa mencapai pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit dengan mobil.

Perjalanan jarak sekitar 25 kilometer dari kota Bandar Lampung, perjalanan bisa lebih cepat atau lebih lambat. Ini karena kondisi jalan, serta gigi yang Anda gunakan. Disarankan untuk kecepatan yang wajar, khususnya tidak terlalu cepat, agar tidak membahayakan orang lain.

Rute yang biasa dilalui adalah mengikuti jalur Jalan Pajajaran atau Jalan Hanoman. Belok kiri ke Jalan Teuku Umar, Anda akan menemukan dua pilihan jalan, seperti huruf Y, pilih jalur kanan. Anda akan diantar menuju kawasan Jalan Raden Intan sejauh 1,5 kilometer. Setelah itu belok kanan ke Jalan Ahmad Yani.

Untuk menuju Jalan Ahmad Yani lebih mudah, cari saja tugu Adipura, dan perjalanan Anda kurang dari 700 meter. Setelah itu, Anda akan menemukan jalan Y lagi, namun kali ini pilih arah kiri menuju jalan Wolter Monginsidi. Belok kanan ke kawasan Jalan Basuki Rahmad, lalu pilih kanan ke Jalan P. Emir Moh. Noer.

Dari Moh. Noer, belok kiri ke Jalan Sumur Putri. Lihat saja petunjuk yang diberikan. Anda juga bertanya kepada warga sekitar, karena jalur menuju lokasi Sari Ringgung cukup rumit dan berliku. Manfaatkan juga fitur Google Maps untuk mempermudah perjalanan Anda jika tidak ingin ribet.

Sedikit informasi, karena keadaan jalan di beberapa tempat sangat rusak dan rawan. Ada baiknya sebelum menuju pantai, pengunjung dihimbau untuk mengecek kembali kondisi kendaraan yang akan dibawa. Mulai dari rem, kopling atau gear, lampu, hingga klakson. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik, juga fit agar selalu aman.

Harga Tiket Masuk Pantai Sari Ringgung Lampung

Objek Wisata yang dimiliki Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Baskoro

Untuk memasuki kawasan pantai Sari Ringgung, pengunjung harus membayar tiket masuk yang telah ditentukan oleh pengelola pantai. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 2014, pengelola telah mematok tarif Rp5.000 hanya untuk setiap pengunjung yang datang, untuk menghabiskan liburan di pantai ini saja.

Harganya cukup terjangkau dan murah, serta ramah di kantong. Tarif parkir juga ditetapkan sebesar Rp5.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp20.000,00 untuk kendaraan roda empat. Jika ada rombongan, pengelola juga menyediakan tempat parkir khusus bagi pengunjung yang membawa kendaraan bus.

Namun, tarif bus pasak cukup mahal karena ukuran bus memakan banyak tempat. Jam bukanya sendiri mulai pukul 06:00 hingga 17:00 waktu setempat. Jauh berbeda dengan pantai yang biasanya buka 24 jam sehari, terutama di akhir pekan atau akhir pekan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sari Ringgung

Aktivitas di Pantai Sari RinggungKredit Gambar: Facebook Pantai Sari Ringgung

1. Mengunjungi masjid terapung

Salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung dan berlibur di Sari Ringgung adalah mengunjungi masjid terapung yaitu Masjid Al Aminah. Didirikan sebagai objek wisata pada tahun 2015 oleh pemerintah daerah kota Bandar Lampung, Masjid Al Aminah sangat diminati oleh hampir setiap pengunjung yang datang.

Dekat dengan tambak rakyat membuat Al Aminah begitu sederhana. Bangunannya, yang seluruhnya terbuat dari kayu, menambah kesederhanaannya. Pengunjung bisa menjadikan masjid ini sebagai tempat wisata religi saat berlibur di tempat wisata pantai kebanggaan kota Bandar Lampung ini.

2. Luangkan waktu untuk snorkeling

Tidak semua wisata pantai bisa dijadikan spot snorkeling yang bagus. Memang ombaknya terlalu besar dan berbahaya, sehingga beberapa resort tidak diperbolehkan dijadikan spot snorkeling. Namun jangan salah, pengunjung bisa menikmati aktivitas ini di Pantai Sari Ringgung.

Memiliki ombak yang tenang dan aman, menjadikan pantai yang indah ini sebagai tempat snorkeling yang bagus. Menampilkan keindahan bawah laut yang menakjubkan dan menakjubkan pasti akan memukau semua orang. Pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis hewan laut, serta kehidupan ekosistem biota laut yang terdapat di sana.

3. Menikmati pemandangan alam Pasir Timbul

Kegiatan yang dilakukan di Pantai Sari RinggungKredit gambar: Google Maps Ayo pergi ke Serbia

Objek lain yang tidak boleh dilewatkan adalah keberadaan Pasir Timbul di kawasan perairan pesisir ini. Konon, seperti pasir di Maladewa, Pasir Timbul juga menarik pengunjung. Pasir ini bahkan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Uniknya objek pasir ini.

Dari pantai, Pasir Timbul terlihat seperti pulau kecil di tengah pantai. Untuk dapat mencapai tempat ini, pengunjung harus menyeberang dengan menaiki perahu yang telah disediakan. Harga sewanya akan sangat murah jika Anda pergi secara rombongan. Untuk ini carilah rombongan, agar sewa yang biasa menjadi murah.

Daya tarik pasir yang terangkat mungkin adalah barang yang paling dicari karena mirip dengan pasir Maladewa. Pasir ini berasal secara alami dari laut dan tidak dibuat oleh warga atau petugas Pantai Sari Ringgung. Untuk menuju ke objek wisata ini, Anda harus menggunakan perahu yang disewa oleh agen dengan biaya tertentu.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi Pantai Sari RinggungKredit Gambar: Google Maps OYO 2593 Mawar Homestay

1. OYO 2593 Mawar Homestay

Asrama yang tidak jauh dari pantai adalah Mawar Homestay. Terletak tidak jauh dari kota, hostel ini menawarkan fasilitas yang memadai. Kamar ber-AC, Wi-Fi 24 jam, dan layanan 24 jam penuh menjadikan akomodasi ini pilihan yang tepat untuk Anda.

2. Yunna Hotel Lampung

Akomodasi selanjutnya di sekitar pantai Sari Ringgung adalah Yunna Hotel Lampung. Menawarkan layanan kamar 24 jam, kamar ber-AC, dan Wi-Fi 24 jam, hostel ini menarik. Ada juga fasilitas spa yang bisa Anda coba.

3. Wisma Ray Syariah

Penginapan yang terjangkau dengan berbagai fasilitas yang memadai juga bisa menjadi referensi. Menawarkan layanan 24 jam yang ramah, hostel ini mendapat rating yang cukup tinggi. Ada kamar yang nyaman dan ber-AC.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sari Ringgung, Lampung

Fasilitas Pantai Sari RinggungKredit gambar: Twitter Daerah akord

Fasilitas di sekitar wisata pantai ini cukup lengkap dan memadai. Terdapat beberapa gazebo atau gubuk, tempat ibadah bagi pengunjung muslim, serta lokasi persewaan berbagai jenis wahana yang disediakan pengelola.

Ditambah dengan fasilitas penunjang lainnya yang tak kalah menarik yaitu luasnya area parkir dengan tarif parkir yang terjangkau. Toilet juga disediakan dengan cara ini. Serta beberapa restoran yang menawarkan berbagai makanan khas daerah.

Informasi Pantai Sari Ringgung diatas bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum berkunjung ke pantai ini. Akan lebih seru dan menyenangkan, jika kamu menjadikan pantai menawan ini sebagai tempat liburan keluarga atau tempat liburan bersama rekan kerja, bisa juga untuk pesta kelulusan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button