Kunci umum menunjukkan seni dan olahraga tradisional - WisataHits
Jawa Tengah

Kunci umum menunjukkan seni dan olahraga tradisional

TIME INDONESIA, PANGANDARAN – Kerjasama Pembangunan Daerah Kunci atau Perbatasan Bersama Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Tengah, juga dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran dalam rangka Pekan Olahraga dan Seni Perbatasan.

Rangkaian acara Kunci Bersama menampilkan pertunjukan seni tradisional dari daerahnya masing-masing di Alun-alun Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (11/3/2022).

Acara rutin dua tahunan yang diselenggarakan oleh Kabupaten dan Kota di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah ini juga menyelenggarakan berbagai lomba dan kompetisi olahraga yang diikuti oleh Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Tema Pekan Olahraga dan Seni (Porsenitas) Kunci Bersama Antar Perbatasan adalah Dengan Semangat Porsenitas Kita Tingkatkan Persahabatan, Kebugaran Jasmani, dan Produktivitas ASN dalam Grenzgebiet Kunci Bersama Umwelt.

Peserta Porsenitas yang terdiri dari PNS, CPNS dan PPPK di seluruh OPD/instansi/satuan kerja di lingkungan pemerintah kabupaten dan kota yang tergabung dalam BKAD Utama di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.

Asisten Daerah III Administrasi Umum Kabupaten Pangandaran Suheryana mengatakan pelepasan kontingen dilakukan pada Senin (31/10/2022).

Untuk pertandingan dimulai Rabu (11/2/2022) dengan peserta dari kabupaten dan kota yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah antara lain Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Brebes, Cilacap Kabupaten dan Kabupaten Pangandaran.

“Acaranya semarak karena setiap kabupaten dan kota menampilkan kesenian dari masing-masing daerah mulai dari pertunjukan musik tradisional, lagu daerah dan tarian tradisional,” kata Suheryana, Kamis (3/11/2022).

Sedangkan cabang olahraga yang dilakukan antara lain bulu tangkis, catur, tenis lapangan, tenis meja, balap sepeda, dayung tradisional, voli pantai, hadang (daluan) dan tarampah panjang (bakiak).

“Acara Porsenitas Kunci Bersama ini juga menjadi wahana untuk menjalin silaturahim dari masing-masing daerah perbatasan dan menyusun strategi agar pembangunan antar daerah bisa dikoordinasikan dengan kabupaten dan kota.

“Misalnya membangun jembatan antara Ciamis dan Kuningan di Citangkolo, maka biayanya akan ditanggung dua kabupaten Ciamis dan Kuningan,” jelas Suheryana.

Setiap pembangunan di perbatasan harus terkoordinasi dengan baik antara kedua wilayah tersebut.

Acara yang telah berlangsung sejak Rabu ini diawali dengan kegiatan UMKM dan malam harinya dengan peresmian di Lapangan Paamprokan, Grend Pangandaran.

Pertunjukan budaya dan pameran UMKM berlangsung pada hari Kamis. Dan untuk hari Jumat ada pertandingan olahraga sekaligus waktu tutup.

Rangkaian dari Kunci Bersama hingga Porsenitas juga menampilkan keunggulan daerah berupa jasa dan barang dengan ciri khas yang unik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten bahkan provinsi. Produk tersebut merupakan hasil koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Produknya berupa makanan atau kerajinan tangan.

Rinda Hendraat, pembina UMKM di Kabupaten Pangandaran, mengatakan pameran tersebut digelar untuk mempromosikan dan memamerkan produk unggulan dari masing-masing daerah.

“Acara ini merupakan strategi pemasaran untuk memperkenalkan produk UMKM dari 9 kabupaten dan kota,” kata Rinda.

Produk unggulan dari masing-masing daerah seperti tie dye, kerajinan batok kelapa, kopi, serta kerajinan dan produk UMKM lainnya.

“Kami berharap pameran di acara Joint Key ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan pembinaan, strategi kerjasama untuk membuka perluasan pasar produk lokal,” pungkas Rinda.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button