Khofifah berharap Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengawal proyek pembangunan Keppres 2019 itu - WisataHits
Jawa Timur

Khofifah berharap Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengawal proyek pembangunan Keppres 2019 itu

Khofifah berharap Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengawal proyek pembangunan Keppres 2019 itu

Beritahu, Surabaya – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Aries Agung Paewai S.STP. MM yang juga saat ini menjabat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, sebagai Plt Wali Kota Batu di Gedung Negara Grhadi, Surabaya, Kamis (19/1/2023).

Pelantikan Gubernur Khofifah sebagai Pj Walikota Batu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 100.2.1.3-63344 Tahun 2022 tanggal 27 Desember 2022 tentang pengangkatan Pj Walikota Batu Provinsi Jawa Timur.

Pelantikan Plt Wali Kota Batu dilakukan karena masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, yakni Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso, berakhir pada 27 Desember 2022.

Sebelumnya, Khofifah juga melantik Sekda Kota Batu sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu Zadim Efisiensi, yang merupakan Sekda Kota Batu sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 131/1452/011.2/. 2022 mulai 27 Desember 2022.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini dilakukan serah terima jabatan antara Plh. Walikota Batu Zadim Efisiensi untuk bertindak. Walikota Batu Aries Agung Paewai.

Khofifah Pj menasehati dalam arahannya. Walikota Batu untuk melanjutkan semua program yang sudah berjalan. Terutama pengembangan sektor pariwisata yang menjadi ikon kota Batu. Ia pun berpesan kepada Aries untuk memperkuat sektor industri kreatif.

Jika sektor pariwisata lebih dipupuk dan dikembangkan, maka ia yakin hal ini juga akan mendongkrak perkembangan Kota Batu lebih cepat lagi. Mulai dari sektor bisnis melalui UMKM hingga industri kreatif di wilayah Malang Raya dan Jawa Timur.

“Yang menguatkan Kota Batu di sektor pariwisata, yang mendorong pembangunan di Jatim selama ini, tolong dilestarikan dan dikembangkan,” tegasnya.

Selain itu, Khofifah mencontohkan program pemerintah pusat terkait Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres 80 Tahun 2019 yang perkembangannya dilaporkan ke pemerintah pusat setiap tiga bulan, perlu dikawal dengan baik.

Ia menceritakan, salah satu program dalam Perpres 80 Tahun 2019 yang kini telah memasuki tahap akhir adalah pengembangan pasar induk sayur dan buah serta optimalisasi KEK Singosari yang ditumbuhkan start-up menjadi Silocon. Valley atau menjadi daerah penghasil perusahaan teknologi di Indonesia.

Ketika pasar utama sayur dan buah di Kota Batu selesai dibangun, Khofifah optimis akan mendongkrak sektor ekonomi di Kota Batu dan Jawa Timur.

“Apa yang menjadi slogan Kota Batu sebagai kota wisata selama ini, tolong dipupuk dan dikembangkan. Karena kalau sektor pariwisata bergerak, maka akan banyak menggerakkan sektor lain seperti perhotelan, UMKM, transportasi dan industri kreatif di Jatim,” jelasnya.

Di hadapan forkopimda kota Batu, Khofifah mempercayakan kepada Ketua DPRD, Kapolri, Dandim, Kajari untuk selalu mendukung seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan. Kerjasama, sinergi dan kerjasama antar seluruh elemen strategis di Kota Batu tidak boleh pernah berkurang.

Gubernur Khofifah meminta Aries segera menjalin dan mengembangkan kemitraan dengan seluruh elemen di Kota Batu, terutama dengan jajaran eksekutif dan legislatif.

Khofifah menambahkan, di tingkat eksekutif sedang dilakukan kerja sama dengan Sekda dan Pemkot Batu untuk memastikan roda pemerintahan berjalan sesuai dengan RKPD yang telah ditetapkan. Selama di legislatif, terjalin kemitraan dengan DPRD Kota Batu, yang diharapkan dapat menciptakan keseimbangan dinamika politik di daerah.

“Pimpinan daerah dan DPRD merupakan mitra sejajar dalam menjalankan pemerintahan daerah,” ujarnya.

Khofifah pun menyampaikan kepada Sekda dan jajaran Pemkot Batu akan terus mendukung kantor tersebut. Walikota agar melanjutkan program pemerintahan dan pembangunan, serta program lain yang berkaitan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Hal ini penting agar pelayanan kota dapat berjalan optimal.

Khusus kepada Walikota Batu dan Wakil Walikota Batu periode 2017-2022, Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso, Khofifah mengharapkan aksi tersebut. Walikota Batu melanjutkan program, koordinasi, komunikasi.

“Tidak ada proses yang menyimpang dari penunjukan pelaksana tugas. Walikota batu ini. Saya berharap semuanya mendapat kesehatan, kekuatan, keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT,” harapnya.

Di tempat yang sama, Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyatakan merasa wajib menjalankan amanah yang diberikan gubernur.

“Fokus pertama saya karena saya sebagai incumbent walikota, maka tugas pemerintah pusat, kementerian dalam negeri, dan gubernur Jawa Timur untuk menjalankan urusan negara selama jeda menjelang pemilihan kepala daerah berikutnya,” ujarnya. dikatakan.

Program yang terpenting adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kota Batu dapat berjalan dengan baik untuk tahun berikutnya sesuai dengan keputusan Kementerian Dalam Negeri.

Dalam waktu dekat, pihaknya berupaya menjadikan Kota Wisata Batu sebagai hub wisata di Jawa Timur yang dapat dikembangkan dan dipromosikan bersama.

“Yang terpenting tahun ini harus ada prestasi, pembangunan di Kota Batu harus meningkat. Kami berharap ada kontribusi dari masyarakat, DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Malam ini saya langsung ke Kota Batu karena besok Menteri Sosial dan Menteri Keuangan akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Batu,” pungkasnya.

Turut hadir istri Gubernur Sulawesi Selatan 2003-2008 Dr. Arpiati Amin Syam, Walikota dan Wakil Walikota Batu Periode 2017-2022, Sekda Prov. Jawa Timur Adhy Karyono, Direktur OPD Prov. Jatim serta Sekda dan Forkopimda Kota Batu. (bi3)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button