Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal Banyuwangi - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi memang kaya akan keanekaragaman kuliner tradisional. Namun, ada beberapa menu yang biasanya hanya tersedia di pagi hari dan tentunya tidak di malam hari. Salah satunya adalah kuliner Sego Cawuk yang tersedia dan dijual hanya di pagi hari.

Selain itu, nasi jagung dan sego pecel adalah jenis makanan lain yang biasa disajikan di pagi hari. Tentu saja, kedua makanan ini juga jarang tersedia di sore dan malam hari.

Adapun kelezatan kuliner lainnya tersedia di pagi hari tetapi juga pada siang dan malam hari seperti Rawon, Sego Tempong, Asam Uyah, Pecel Pitik dan masih banyak lagi.

Berikut 6 rekomendasi warung makan khas Banyuwangi yang bisa Anda coba untuk sarapan pagi.

1. Sego Cawuk Bu Mantih

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiIlustrasi oleh Sego Cawuk/Instagram.com @azalwijaya

Warung Sego Cawuk Bu Mantih di Jl. CH. Wahid Hasyim, Pancoran Kulon, Kecamatan Rogojampi merupakan salah satu legenda di Banyuwangi. Warung Bu Mantih sudah dikenal menjual Sego Cawuk sejak tahun 1972 atau 50 tahun yang lalu.

Sego Cawuk adalah kuliner tradisional yang terdiri dari kombinasi nasi, kuah pindang, kuah santan cawuk dengan potongan jagung muda, serta lauk ikan dan telur. Tergantung selera, Anda juga bisa memilih lauk lain seperti dendeng.

Kuliner Sego Cawuk berasal dari nama lokal Sego yang berarti nasi, dan Cawuk dalam bahasa Suku Using berarti makan dengan tangan kosong atau makan dengan cara dicincang.

Sego Cawuk seporsi bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kocek Rp 15.000 saja.

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

2. Sego menyelimuti Warung Ijo

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiSego Bungkus Banyuwangi/Instagram.com @hobimakan.banyuwangi

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, di Daerah Istimewa Yogyakarta banyak dijumpai kuliner angkringan dengan menu khas nasi bungkus, namun Banyuwangi juga memiliki nasi bungkus dengan konsep yang berbeda. Di sepanjang jalan Banyuwangi juga banyak terdapat nasi bungkus dengan berbagai lauk pauk mulai dari telur, daging sapi, jagung rebus dan suwiran ayam.

Seporsi nasi bungkus dijual dengan harga terjangkau, bisa langsung dipilih dan tidak perlu menunggu lama dalam antrean. Karena Anda tinggal memilihnya sendiri dan membawanya untuk dimakan di tempat atau untuk dibawa pulang.

Nasi bungkus ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di kawasan kota Banyuwangi, salah satunya Warung Ijo yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, belakang kantor DPRD Banyuwangi.

3. Warung Nasi Jagung Bu Poer

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiKuliner di Bu Poer Banyuwangi/Instagram.com @bu_poer_banyuwangi

Warung makan legendaris lainnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Banyuwangi. Warung Sego Bungkus Bu Poer di Jl. Riau No.39, Lateng, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, sangat cocok untuk sarapan pagi.

Warung ini menawarkan empat jenis nasi, antara lain nasi jagung, nasi putih, nasi merah, dan nasi kuning. Selain nasi, ada juga berbagai macam lauk pauk untuk melengkapi waktu sarapan Anda.

Meski namanya Sego Bungkus, Anda bisa memilih berbagai lauk pauk seperti opor ayam, orek tempe, opor ayam, kacang panjang goreng, bihun goreng dan masih banyak lagi. Kalau ke sana jangan heran kalau toko ini tidak pernah sepi pelanggan. Sejak Warung Bu Poer berdiri sejak 1987, banyak pelanggan setia yang tentu saja sarapan di sana.

4. Sego Tempong Mbok Nah

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiSego Tempong/Instagram.com @jatimkulineran

Selain itu, ada satu lagi warung legendaris di Banyuwangi yang wajib kamu coba, yaitu warung Sego Tempong Mbok Nah. Stand ini buka dari pagi hingga sore hari, namun seperti yang diketahui, masakan tradisional Sego Tempong ini ternyata cocok disantap kapan saja, bisa pagi, siang, sore atau malam hari.

Jadi, pecinta makanan pedas bisa mencoba menikmati kuliner Sego Tempong untuk sarapan pagi. Warung Sego Tempong Mboh Nah terletak di Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Kertosari, Kabupaten Banyuwangi. Stand ini sudah ada sejak tahun 1980-an, dan tentunya banyak juga penggemar setia di sana untuk memuaskan rasa lapar mereka.

Kuliner Sego Tempong memang menjadi salah satu ciri khas Banyuwangi. Berasal dari nama pedas seperti Ditempong atau Ditampar, membuat semua orang penasaran untuk mencobanya. Karena rahasia kuah sego bukanlah penggunaan tomat, melainkan penggunaan ranti.

5. Pecel Rawon

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiPecel Rawon/Instagram.com @ikasheila_83

Kali ini pecinta nasi pecel wajib mencoba sarapan pagi di stand Nasi Pecel Ayu. Buka sejak tahun 1975, stand ini menyajikan menu legendaris yaitu Pecel Rawon. Jadi inilah salah satu kekayaan kuliner Banyuwangi dengan kombinasi khasiatnya. Tidak hanya rujak dengan soto yang menjadi rujak soto, ada juga pecel campur rawon.

Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi. Saat berkunjung ke sana, rumah makan Pecel Ayu tidak pernah sepi pembeli. Restoran ini berada di lokasi yang strategis, Jl. Adi Sucipto No. 76, Sobo, Kabupaten Banyuwangi.

6.Warung Rawon Bik-Ati

Rekomendasi 6 Restoran Menu Lokal BanyuwangiRawon Bik Ati/Instagram.com @foodieshangout

Rawon Bik Ati Food Stand juga merupakan tempat legendaris untuk menikmati kuliner khas Banyuwangi. Berdiri sejak tahun 1948, Kuliner Rawon Bik Ati terkenal dengan aneka olahan lauk pauknya. Ada campuran lauk rawon empal, rawon buntut, rawon limpa dan rawon babat.

Saking legendarisnya, stand makanan Bik Ati selalu menjadi langganan para pejabat dan wisatawan dari berbagai daerah. Lokasi toko juga strategis karena berada di kawasan Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: 5 Sentra Durian di Banyuwangi, Langsung dari Petani!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button