Keren! Festival Reog Ponorogo kembali hadir dalam Kharisma Event Nusantara 2023: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Keren! Festival Reog Ponorogo kembali hadir dalam Kharisma Event Nusantara 2023: Okezone Travel

Keren!  Festival Reog Ponorogo kembali hadir dalam Kharisma Event Nusantara 2023: Okezone Travel

FESTIVAL Seni Budaya Reog Ponorogo yang akan kembali digelar dengan konsep terbuka di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, telah ditetapkan sebagai kegiatan unggulan dan masuk dalam daftar Acara Karisma Nasional (KEN) 2023.

“Pengumuman ini disampaikan saat acara budaya tingkat nasional di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Sabtu, 28 Januari 2023,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Ponorogo (Disbudparpora ), Judha Slamet Sarwo Edi. Diantara.

Lebih membanggakan lagi, lanjut Sarwo Edi, Festival Reog Ponorogo mencatatkan skor tertinggi kedua dari setiap event budaya yang masuk daftar unggulan.

Keren!  Festival Reog Ponorogo kembali hadir dalam Kharisma Event Nusantara 2023: Okezone Travel

Total ada 110 event unggulan yang akan berlangsung dari Januari hingga Desember 2023.

Alhamdulillah Festival Reog Ponorogo yang kedua kalinya masuk dalam kalender pariwisata nasional, pada tahun 2023 kita akan meraih peringkat kedua dengan skor tertinggi,” ujarnya.

Menurutnya, Festival Reog Ponorogo masuk dalam KEN untuk kedua kalinya. Meski demikian, proses evaluasi dikatakan sangat ketat.

Tidak hanya menjadi tuan rumah acara, pemberdayaan seniman komunitas, pemangku kepentingan pariwisata, dan dampak pariwisata juga menjadi penilaian dalam proses kurasi yang akan dilakukan pada November hingga Desember 2022.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

“Ada juga penilaian dampak ekonomi terhadap masyarakat kemudian tumbuh dan berkembangnya pembaharuan dalam seni dan budaya. Memang banyak aspek penilaiannya,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Sarwo Edi, ada lebih dari 300 event yang diajukan dinas pariwisata provinsi di seluruh Indonesia, namun hanya 110 event yang dinyatakan sukses dan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Reog Ponorogo

(Reog Ponorogo, foto: MPI)

Oleh karena itu, diikutsertakannya Festival Reog Ponorogo dapat menjadi kebanggaan warga Ponorogo dan berdampak positif bagi pengembangan pariwisata.

“Terima kasih Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo. Terima kasih kepada teman-teman dan masyarakat Ponorogo,” ujarnya.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button