Kenali Kepulauan Derawan Baru Rp 20 Ribu - WisataHits
Jawa Timur

Kenali Kepulauan Derawan Baru Rp 20 Ribu

TEMPO.CO, jakarta – Bank Indonesia (BI) resmi merilis tujuh pecahan baru untuk tahun 2022. Salah satu pecahan baru rupiah 2022 menampilkan citra pemandangan alam yang menarik perhatian, yaitu Kepulauan Derawan. Pulau ini muncul di salah satu pecahan rupiah baru 2022. . , dalam pecahan Rp 20.000 tepatnya.

Uang kertas 2022 yang baru memiliki pecahan Rp20.000. Foto: Bank Indonesia

Namun tidak sedikit orang yang belum mengenal Kepulauan Derawan ini dengan baik. mulai dpmptsp.kaltimprov.go.idSecara administratif, Kepulauan Derawan termasuk ke dalam provinsi Kalimantan Timur, lebih tepatnya Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau. Secara geografis, Pulau Derawan terletak di sebelah timur Kalimantan dan di bagian selatan Selat Makassar, yang menghubungkan perairan Sulawesi dan Jawa.

Pulau Derawan telah didaftarkan oleh pemerintah sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Sejak itu, Kepulauan Derawan mendapat julukan baru, Pulau Pristine, karena keindahan alamnya yang terjaga. Hal ini tercermin dalam keanekaragaman hayati yang kaya termasuk ubur-ubur, kuda laut, kepiting kelapa, paus, lumba-lumba dan duyung. Tak heran jika Pulau Derawan memiliki daya tarik tersendiri, terutama properti wisata baharinya.

Mulai Fisip.unjani.ac.idKepulauan Derawan dikenal sebagai objek wisata bahari di Kawasan Taman Laut. Hal ini karena merupakan bagian dari Ekoregion Laut Sulu-Sulawesi yang melintasi Indonesia, Malaysia dan Filipina. Selain itu, Pulau Derawan juga dikenal sebagai Amazon of the Seas karena merupakan pusat biota laut dan kaya akan keanekaragaman hayati.

Daya tarik lain dari Kepulauan Derawan adalah pesona wisata bawah lautnya, yaitu kekayaan terumbu karangnya. Terumbu karang Kepulauan Derawan dikenal sangat indah bahkan diprediksi akan lebih Indah Wisata Terumbu Karangnya setelah Kepulauan Raja Ampat. Potensi wisata bahari Pulau Derawan juga digambarkan dengan kawasan pantai yang kaya akan pasir putih. Selain itu, Pulau Derawan merupakan rumah bagi habitat asli beberapa spesies penyu langka dan terancam punah seperti penyu sisik dan penyu hijau.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca: Rute Menuju Kepulauan Derawan, Destinasi Wisata Populer di Kaltim

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button