Kemenparekraf Wujudkan Kemandirian Ekonomi dan Dorong Peningkatan Kualitas Desa Wisata di Tegal | pesan obsesi - WisataHits
Jawa Tengah

Kemenparekraf Wujudkan Kemandirian Ekonomi dan Dorong Peningkatan Kualitas Desa Wisata di Tegal | pesan obsesi

Kemenparekraf wujudkan kemandirian ekonomi dan dorong peningkatan kualitas desa wisata di Tegal

* Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan peningkatan kualitas desa wisata di Tegal, Jawa Tengah dengan mencanangkan pada Rabu (10/12/2022). (Foto: Kemenparekraf)

obsessionnews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Bapatekraf) mendorong peningkatan kualitas desa wisata di Tegal Jawa Tengah dengan mengadakan sosialisasi peningkatan kualitas pengelolaan desa wisata di kota Tegal . Jawa Tengah, Rabu (12/10/2022).

Baparekraf Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan pengembangan desa wisata di Tegal bertujuan untuk mencapai kemandirian ekonomi dengan merelokasi sektor-sektor strategis ekonomi domestik sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Kemenparekraf Raih Juara Kedua JDIHN Awards 2022

“Kemenparekraf berkomitmen untuk mendorong terselenggaranya pariwisata berbasis masyarakat melalui pengembangan desa wisata. Potensi 3A di Kota Tegal luar biasa, ini bisa menjadi modal utama pengembangan desa wisata,” kata Vinsensius dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10).

Vinsensius menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melaksanakan berbagai program pengembangan desa wisata yang telah dilaksanakan untuk mempercepat pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya dan ekonomi desa, serta mendukung komitmen pemerintah daerah dalam pemanfaatan desa wisata.

Baca juga: Kemenparekraf bersedia mendukung mahasiswa ISI Yogyakarta untuk mengembangkan seni sebagai daya tarik wisata budaya

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, menghilangkan kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan budaya lokal.

Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan menambahkan, destinasi wisata alam, budaya, dan buatan sangat menawan di Kota Tegal dan mudah dijangkau dari Jakarta melalui Tol Cipali. Oleh karena itu, pengembangan potensi desa wisata di Kota Tegal perlu diarahkan ke arah yang lebih baik agar dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Tegal.

“Kita juga perlu meningkatkan inovasi, kustomisasi dan kolaborasi untuk meningkatkan pengelolaan desa wisata di Tegal,” kata Wawan.

Baca juga: DPR RI menyetujui pagu anggaran interim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebesar Rp3,3 triliun untuk 2023

Untuk itu diperlukan kerjasama dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong pengembangan potensi pariwisata dan industri kreatif di Desa Wisata Kota Tegal.

“Sekarang telah terjadi pergeseran paradigma pariwisata dari pariwisata kuantitas menjadi pariwisata berkualitas. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memetakan potensi (USPs), juga sinergi antara pemerintah pusat dan daerah serta Pentahelix perlu terus dilakukan untuk mewujudkan desa wisata yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Abdul Fikri Faqih mengungkapkan, potensi destinasi di Kota Tegal sangat beragam. Namun, dukungan yang meningkat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran pariwisata di masyarakat untuk menggali potensi yang ada.

“Desa tematik perlu dikembangkan di kawasan Kota Tegal, namun perlu didukung dengan edukasi agar terlayani dengan baik saat wisatawan datang. Edukasi dan sosialisasi jenis ini relevan, karena dalam pengembangan desa liburan, pemerintah daerah tidak dapat melakukannya sendiri, perlu bekerja sama dengan pihak lain, sehingga pengembangan desa liburan atau desa liburan di kota Tegal akan lebih optimal. kata Faqih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal Ikrar Yuswan Appendi mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mewujudkan potensi desa wisata Tegal secara maksimal.

“Kami mendukung sosialisasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan jaringan desa wisata di Kota Tegal, karena ini merupakan salah satu upaya bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata dalam negeri khususnya pariwisata di Kota Tegal. Hal ini bertujuan untuk membuat strategi bagi Pokdarwis untuk meningkatkan pariwisata dan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat Kota Tegal. Seperti yang kita ketahui, sektor pariwisata bisa menambah devisa negara dan mendongkrak lapangan kerja,” kata Ikrar. (poi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button