Kemenparekraf dorong peningkatan kualitas SDM di kawasan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan - WisataHits
Yogyakarta

Kemenparekraf dorong peningkatan kualitas SDM di kawasan Borobudur-Yogyakarta-Prambanan

Kegiatan pelatihan ditujukan kepada perwakilan pemangku kepentingan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar rangkaian program pelatihan bagi pemangku kepentingan pariwisata -Prambanan (BYP)- sebagai bagian dari Tourism Awareness Campaign 5.0 di Kawasan Borobudur-Yogyakarta. ). Pelatihan untuk wilayah BYP dibagi menjadi dua tahap dan yang pertama akan berlangsung pada 12-18 September 2022.

Membuka kegiatan pelatihan, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pentingnya peran desa wisata dalam meningkatkan ketahanan sosial, ekonomi dan budaya guna membangun masyarakat yang sejahtera dan mandiri.

“Kita perlu memperkuat ketahanan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat yaitu di desa-desa wisata,” kata Sandiaga yang hadir secara online pada pembukaan pelatihan gelombang pertama di kawasan BYP.

Menurut Sandiaga, upaya pengembangan tersebut dapat dilakukan melalui konsep 3C yaitu komitmen, kompetensi dan advokat, guna mewujudkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Kompetensi dapat diperoleh dengan mengikuti kursus pelatihan tersebut. Untuk meningkatkan kompetensi harus rajin bersilaturahmi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.

Peningkatan kompetensi dan kapasitas pelaku pariwisata di desa liburan merupakan salah satu tujuan dari pelatihan yang merupakan tahap lanjutan mengikuti kegiatan sosialisasi dari rangkaian Program Kampanye Sadar Wisata 5.0

Tepatnya, pada pembukaan pelatihan di tempat tujuan wisata sebelumnya Plt. Frans Teguh, Narasumber dan Pejabat Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, mengatakan pelatihan ini merupakan dorongan yang tepat untuk pengembangan diri, terutama untuk meningkatkan keahlian, memperkuat inovasi produk pariwisata dan meningkatkan kapasitas di bidang pariwisata dan industri kreatif.

“Saya mengajak pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan industri kreatif, baik yang sudah berkecimpung di bidang tersebut maupun yang memiliki minat atau keinginan (di bidang pariwisata) untuk lebih berkembang dan mengasah keterampilan yang diperlukan. Untuk produk yang kami tawarkan, bagaimana cara melayani dan bagaimana meyakinkan wisatawan agar citra kita baik,” ujarnya.

Selain itu, pada acara pelatihan wilayah BYP tahap pertama, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata Departemen Pariwisata dan Industri Kreatif Florida, Florida Pardosi mengatakan, peserta terpilih dari desa wisata akan mendapatkan tiga paket pelatihan.

Seluruh peserta akan mendalami materi paket A terkait pengembangan dan inovasi produk wisata, dan paket tematik B yang meliputi materi paket wisata, homestay, kuliner dan souvenir. Sementara itu, pelatihan Paket C akan berlangsung pada bulan Oktober dalam bentuk materi kewirausahaan.

“Setelah (pelatihan) ada dukungan, evaluasi dan apresiasi. Selama pelatihan, peserta harus menyelesaikan proyek pengembangan sumber daya manusia pariwisata di desanya masing-masing,” kata Florida.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Singgih Raharjo, menegaskan pembangunan desa wisata harus holistik dan tidak parsial.

“Semua tergantung rakyat. Oleh karena itu, program yang telah dilakukan dari dulu hingga saat ini dan masih sangat relevan adalah kampanye sadar wisata,” ujarnya seraya menambahkan bahwa kesediaan desa liburan sangat penting karena desa liburan diminati oleh wisatawan yang selalu siap menerima pengunjung.

Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan ditujukan kepada perwakilan stakeholders pariwisata dari 65 desa wisata di 6 Destinasi Wisata Prioritas (DPP) tahun 2022, yaitu Danau Toba, Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button