Kebun raya sebagai alternatif wisata alam edukasi di kota Bogor - WisataHits
Jawa Barat

Kebun raya sebagai alternatif wisata alam edukasi di kota Bogor

kebun raya

JournalPost.com – Alam berperan penting sebagai sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup dan selalu menjadi surga bagi setiap makhluk hidup, namun selain perannya sebagai sumber kehidupan andalan, alam juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menguntungkan dan dapat menjadi alternatif wisata edukasi, untuk mempelajari berbagai jenis flora dan fauna. Untuk kunjungan wisata flora-alam, salah satunya bisa kunjungan ke kebun raya, dimana banyak spesies flora yang bisa kita temukan, berikut salah satu rekomendasi kunjungan kebun raya sebagai alternatif wisata alam-edukasi .

Kebun raya atau kebun raya adalah suatu tempat yang digunakan sebagai sarana konservasi dengan tujuan melindungi dan melestarikan kekayaan alam hayati.Selain itu, kebun raya juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta serta sarana rekreasi untuk wisata yang sehat dan alami.

Salah satu kebun raya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat Kota Bogor tepatnya di Jl. orang Irlandia H. Juanda No. 13, Paledang berdekatan dengan Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, taman ini memiliki lokasi yang strategis dan dapat dijangkau dengan berbagai jenis transportasi umum maupun pribadi, membuat taman ini mudah dijangkau oleh setiap wisatawan yang ingin berkunjung .

Kemudian untuk biaya masuk yang berkisar Rp 16.500 untuk hari Senin sampai Jumat sedangkan pada hari libur yaitu Sabtu sampai Minggu berkisar Rp 25.500 untuk setiap pengunjung.

Kebun Raya Bogor adalah organisasi konservasi taman wisata yang dioperasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 87 hektar dan letak geografis Bogor yang hampir setiap hari turun hujan bahkan di musim kemarau menjadikan kebun ini sebagai lokasi yang menguntungkan untuk budidaya tanaman tropis.

Selain berkesempatan melihat berbagai koleksi tumbuhan dan pohon, terdapat beberapa fasilitas di kawasan Kebun Raya Bogor antara lain pusat persewaan sepeda dan mobil wisata dengan harga mulai dari Rp., agar tidak cepat lelah.

Selain itu pengunjung juga bisa beristirahat di kantin atau restoran yaitu (Grand Garden Cafe dan Cafe De Daunan) yang menyajikan berbagai jenis masakan, ada juga tempat lain yang bisa dikunjungi yaitu Museum Zoologi, kumpulan fosil menampilkan berbagai spesies hewan.

Kebun Raya Bogor juga memiliki spot foto yang sangat populer di media sosial. Selain tempatnya yang asri, pengunjung juga bisa berfoto dengan berbagai koleksi tumbuhan dan pohon langka, termasuk Taman Meksiko. Di taman ini terdapat kaktus dengan berbagai jenis dan ukuran. , lalu ada pula Taman Anggrek (Griya Anggrek) yang juga menawarkan berbagai koleksi berbagai jenis anggrek. Taman air yang juga menampilkan berbagai jenis tanaman air dan masih banyak lagi.

Wisata alam Kebun Raya Bogor dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai tempat wisata alam yang dapat dikunjungi selain rekreasi. Taman ini juga dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan, selain mudah untuk mengakses fasilitas Kebun Raya Bogor, juga sangat lengkap dan memadai untuk menjamin kenyamanan pengunjung.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari dan dapat dikunjungi oleh segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Jadi semua orang bisa mengunjungi taman ini dan menikmati fasilitas yang tersedia.

Penulis: Najla Ghefira Madania Mahasiswi Universitas Negeri Malang, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button