Kapolda mengklaim bahwa DIY aman dan bermanfaat selama liburan Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Kapolda mengklaim bahwa DIY aman dan bermanfaat selama liburan Nataru

Kapolda mengklaim bahwa DIY aman dan bermanfaat selama liburan Nataru

Harianjogja.com, BANTUL– Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengklaim perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di DIY aman dan kondusif. Tidak ada insiden atau kejadian yang menonjol dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Alhamdulillah sampai saat ini keselamatan Natal dan Tahun Baru sampai dengan malam tahun baru sampai situasi hari raya aman terkendali,” kata Suwondo saat berbincang, Minggu (1).

BACA JUGA: Libur Nataru, Penumpang Lewat YIA Capai 60.000 Orang

Tak hanya posko, Kapolda langsung menertibkan dan menyapa sejumlah wisatawan yang sedang berlibur di pantai. Suwondo mengatakan, tidak ada insiden atau gangguan ketertiban umum yang berarti selama perayaan Natal atau Malam Tahun Baru hingga liburan Tahun Baru 2023 di Posko Pertama, sebelum orang tuanya melaporkannya.

Lalu ada juga turis yang sakit lalu dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. Selain itu, sejumlah wisatawan yang terseret arus laut di Pantai Parangtritis berhasil diselamatkan anggota Ditpolairud Polda DIY, TNI AL, dan Satlinmas Kawasan III Parangtritis. “Alhamdulillah semuanya aman terkendali,” ucapnya.

Ia pun mengaku kunjungannya ke sejumlah pejabat penting Polda DIY untuk memantau langsung situasi objek wisata dan memotivasi seluruh anggota Polri yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di kawasan Parangtritis tersebut.

BACA JUGA: Libur Nataru, KAI Daop 6 Jogja Rekrut Ribuan Karyawan

Usai perayaan tahun baru, masyarakat biasanya pergi berlibur, sehingga kawasan wisata pasti dibanjiri wisatawan, termasuk Parangtritis. Sebut saja Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata pantai unggulan di Bantul bahkan DIY.

Dinas Pariwisata Bantul mencatat, pada malam pergantian tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul mencapai sekitar 102.000 orang. Dari jumlah tersebut, 90% menghadiri parangtritis.

Kasat Lantas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan mengatakan, arus lalu lintas dari arah utara menuju kawasan wisata Parangtritis masih padat hingga Minggu (1/1/2023) sore, tidak ada kepadatan yang berarti. Jumlah kendaraan dari Minggu pagi hingga tengah hari sekitar 10.000 kendaraan.

Namun, jika terjadi kemacetan pada Minggu sore, kemungkinan dapat mengalihkan arus lalu lintas, khususnya arus balik dari Parangtritis ke Pantai Depok hingga Jembatan Kretek II. “Kalau macet nanti sore, arusnya kita alihkan ke utara,” kata Fikri.

BACA JUGA: Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Mulai Besok

Pantauan di lokasi sejak Minggu sore hingga malam hari, kawasan pantai Parangtriis terlihat ramai. Banyak kendaraan dan juga bus dari luar daerah. Lalu lintas dari arah utara terlihat cukup tenang pada Minggu siang. Kepadatan kendaraan justru terjadi pada arus balik dari pantai, seperti di selatan TPR Induk Parangtritis.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button