Kapal pesiar kedatangan Bali dari Australia, pascapandemi pertama - WisataHits
Jawa Timur

Kapal pesiar kedatangan Bali dari Australia, pascapandemi pertama

jakarta

Kedatangan kapal pesiar MV. Le Laperouse adalah kapal pertama yang mengunjungi pulau Bali setelah 2,5 tahun animasi terputus karena pandemi. Kapal berbendera Perancis ini melakukan U-turn (penumpang turun untuk naik ke pesawat dan ada yang menginap sehari di hotel di Bali untuk berwisata ke Pulau Dewata) dan ada pula yang menginap di kapal.

“Pelabuhan terakhir Australia itu sekitar 130 penumpang, bukan jumlah yang besar,” kata Ardhy Wahyu Basuki, Kepala Regional 3 Pelindo, di sela penyambutan Kapal Pesiar MV. Le Laperouse di dermaga timur pelabuhan Benoa, Senin pagi (19/9/2022).

Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan, kapal pesiar ini mengangkut sekitar 131 awak dan penumpang. Jumlah penumpang manifes yang turun di Bali sekitar 68 orang dan akan mengangkut 40 penumpang besok.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dia mengungkapkan bahwa MV. Le Laperouse membuat panggilan pemesanan di Pelabuhan Benoa setahun yang lalu.

Kapal pesiar itu, kata dia, berangkat dari Australia untuk berwisata. Setelah seharian di Bali, kapal melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur.

Meski hanya menghabiskan satu hari di Bali, dia mengatakan hal itu berdampak besar bagi pariwisata Bali.

“Mudah-mudahan cruise ini sampai ke Bali dan berdampak ke Bali memang kalau ada ekspektasi belanja di Bali bisa lama agar perekonomian Bali membaik,” pungkasnya.

Sedangkan data dari Pelabuhan Benoa menunjukkan hingga akhir tahun 2022 akan ada sekitar 20 booking call dengan perkiraan 10.000 penumpang yang datang ke Bali.

Dan pada tahun 2023 akan ada sekitar 127 booking call yang akan berlabuh di Pelabuhan Benoa dengan perkiraan jumlah penumpang hingga 100.000 orang. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisman, kata dia, fasilitas di Pelabuhan Benoa akan ditambah.

Fasilitas tersebut antara lain terminal penumpang serta fasilitas seperti UMKM. Selain itu, akan ada penambahan area dermaga di timur dan selatan melalui proyek BMTH (Bali Maritime Tourism Hub) yang ditargetkan selesai pada 2024.

Dan saat kami pantau tim detikBali di lokasi, ada perasaan berbeda saat memasuki Dermaga Timur. Port ini kini didesain lebih stylish dan nyaman.

Artikel ini dipublikasikan pada detikBali.

Tonton videonya Santai sambil bermain floaties di kolam renang hotel, Bali
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button