Jumlah pengunjung di Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi meningkat 5 kali lipat - WisataHits
Jawa Timur

Jumlah pengunjung di Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi meningkat 5 kali lipat

Jumlah pengunjung di Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi meningkat 5 kali lipat

Banyuwangi

Libur Tahun Baru Imlek dimanfaatkan warga Banyuwangi untuk mengunjungi destinasi wisata. Salah satunya adalah Grand Watu Dodol (GWD). Berbeda dengan hari libur lainnya, kunjungan wisatawan ke GWD meningkat lima kali lipat.

Pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya datang ke destinasi yang menghadap ke Selat Bali ini.

Ketua Pokdarwis yang mengelola GWD, Abdul Azis, mengatakan jumlah pengunjung hingga tengah hari sekitar 5.000 orang. Jumlah itu naik lima kali lipat dibanding akhir pekan.

“Ada sekitar seribu pengunjung di akhir pekan. Jadi kenaikannya cukup signifikan,” kata Azis kepada wartawan, Minggu (1/1/2023).

Bahkan pengelola GWD sempat berhenti mengunjungi destinasi wisata karena membludaknya pengunjung. Terakhir pengelola melakukan sistem buka tutup, pengunjung yang keluar digantikan oleh pengunjung lainnya.

“Sebelumnya sekitar jam 12 pengunjung sudah penuh. Jadi mari kita buka dan tutup sekarang. Kalau pengunjung keluar, kita buka lagi pintu masuknya,” lanjut Azis.

Azis mengatakan, peningkatan wisatawan di tahun baru ini merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Dalam dua periode pergantian tahun sebelumnya, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi lesu akibat pandemi COVID-19.

“Dua tahun lalu, pada malam tahun baru, hanya ada sekitar 200 hingga 300 pengunjung,” ujarnya.

Azis menambahkan, pihaknya menyiapkan berbagai hal untuk menyambut libur Imlek kali ini. Salah satunya menambah hiburan untuk menyenangkan para wisatawan. Salah satunya adalah penampilan live music yang berlangsung dari subuh hingga senja.

Pada libur tahun baru ini, manajemen juga menaikkan harga tiket dari Rp 5.000 per orang menjadi Rp 7.500 per orang.

“Dan serbuan pengunjung sesuai dengan perkiraan kami kali ini. Mungkin karena orang sudah kangen liburan setelah dua tahun pandemi,” lanjutnya.

Pantai Wisata GWD menawarkan wisata ke dua pulau yaitu Tabuhan dan Menjangan. Di sana, wisatawan bisa menikmati berbagai hal mulai dari scuba diving hingga yang lainnya.

“Untuk wahana, tarifnya Rp 250.000 per orang. Kami menyediakan 26 kapal untuk perjalanan hari ini,” lanjutnya.

Wahyu, seorang pengunjung asal Jember, mengatakan dirinya berlibur ke GWD bersama keluarganya untuk menikmati liburan tahun baru.

“Dua tahun itu tidak kemana-mana. Jadi kapan pun kita punya waktu, kita menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berlibur. Salah satunya liburan ke sini,” kata Wahyu.

Ikuti berita menarik lainnya di Google News.

Simak Video “Larangan Perayaan Tahun Baru, Wali Kota Makassar Gelar Sholat berjamaah”
[Gambas:Video 20detik]
(Abq/Tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button