Jembatan Persahabatan China-Bangladesh menggunakan kubah Islam - WisataHits
Jawa Barat

Jembatan Persahabatan China-Bangladesh menggunakan kubah Islam

Jembatan Persahabatan China-Bangladesh menggunakan kubah Islam

Jembatan Persahabatan Bangladesh-China ke-8 secara resmi dibuka.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA – Jembatan Persahabatan Bangladesh-China ke-8 resmi dibuka untuk lalu lintas pada 4 September. Jembatan yang dibangun dengan dana pemerintah China ini memadukan desain kubah bergaya Islam dengan simpul China.

Wakil manajer proyek Weng Changmin mengatakan butuh lebih dari empat tahun untuk membangun jembatan. Struktur jembatan ini dimaksudkan sebagai bukti persahabatan antara China dan Bangladesh. Dia mengatakan desain jembatan termasuk kubah bergaya Islam dan simpul Cina. Hal ini dimaksudkan untuk mencerminkan hubungan antara Cina dan Bangladesh dan budaya dari kedua tempat tersebut.

Jembatan sepanjang 2,96 kilometer, secara resmi dikenal sebagai Bangmata Begum Fazilatun Necha Mujib 8th Bangladesh China-Friendship Bridge, melintasi Sungai Kocha di Distrik Pirojpur, 185 kilometer barat daya ibu kota Dhaka. Ini telah menjadi hotspot wisata yang tak terduga di wilayah tersebut.

“Saya datang untuk melihat Jembatan Persahabatan Bangladesh-China ke-8,” kata pengunjung Nasreen Jahan Mukta. Berita dari Cina Kamis (13/10/2022).

“Dia sangat cantik. Orang-orang di wilayah selatan Bangladesh sangat diuntungkan dari jembatan tersebut. China selalu, dan mudah-mudahan akan tetap, menjadi teman Bangladesh. Terima kasih kepada mereka,” sambungnya.

Pengunjung lain, Shahnewaz Khan, mengatakan gerbang dan pagar di kedua sisi jembatan dibuat dengan pola yang mirip dengan desain masjid Muslim dan sangat indah.

“Terima kasih kepada pemerintah Bangladesh dan pemerintah China untuk itu,” katanya, seraya mencatat bahwa jembatan itu mengakhiri layanan feri berbahaya lainnya di wilayah tersebut.

Turis lain, Saiful Islam, menceritakan betapa sulitnya menyeberangi sungai dulu. “Kami mengalami kesulitan besar untuk sampai ke sisi lain. Sekarang dengan adanya jembatan, kita dapat dengan mudah datang dan pergi dari Pirojpur ke Kaukhali. Dan kita tidak perlu menunggu feri,” katanya.

Delapan Jembatan Persahabatan Bangladesh-China telah dibangun di seluruh Bangladesh dengan dukungan China sejak tahun 1980-an. Selain itu, warisan arsitektur kaya di seluruh dunia Islam dan Bangladesh, sebagai negara mayoritas Muslim, tidak terkecuali. Bangladesh memiliki banyak bangunan Islam yang ikonik termasuk masjid, istana, makam, dan benteng.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button