Inilah Posisi Danau Toba dalam 5 Destinasi Wisata Terbaik - WisataHits
Jawa Tengah

Inilah Posisi Danau Toba dalam 5 Destinasi Wisata Terbaik

Masdar Hasibuan | Sabtu, 15 Oktober 2022 17:39 WIB

Inilah Posisi Danau Toba dalam 5 Destinasi Wisata Terbaik

Ilustrasi keindahan Danau Toba di Sumatera Utara. (foto spesial Journal)

Jakarta, Jurnas.com – Skor Indeks Pariwisata Danau Toba berada di urutan kelima terendah dibandingkan empat destinasi wisata prioritas utama lainnya. Empat destinasi wisata utama tersebut adalah Borobudur (Magelang, Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Likupang (Sulawesi Utara).

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu (15/10). “Dari lima destinasi wisata prioritas utama yang ditetapkan pemerintah, nilai indeks kualitas wisata Danau Toba paling rendah dibandingkan empat destinasi wisata prioritas utama lainnya,” tulis Luhut.

Luhut mengatakan dengan hasil tersebut, peningkatan indikator kualitas pariwisata Danau Toba harus dilakukan agar menjadi destinasi wisata prioritas. Upaya tersebut juga berlaku pada ajang kompetisi F1H20 tahun 2023, karena lokasi pertunjukan berada di Danau Toba.

Luhut juga meminta agar segala persiapan terkait infrastruktur dan sarana penunjang lainnya dipersiapkan sebaik mungkin untuk meningkatkan daya tarik wisata. “Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh kementerian, lembaga dan forkompimda terkait untuk fokus dan bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikan karya besar ini,” tulisnya.

Kompetisi tersebut, kata Luhut, akan membawa manfaat ekonomi yang besar bagi daerah dan masyarakat sekitar destinasi wisata. Diselenggarakan di Danau Toba, kompetisi kelas dunia ini merupakan ajang F1H20 pertama yang digelar di danau vulkanik terbesar di dunia itu.

F1H20 adalah kejuaraan dunia perahu motor utama, yang diadakan di 39 negara sejak 1984. Beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah F1H20 Championship adalah Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan China.

TAGS: Luhut Binsar Pandjaitan Danau Toba adalah tujuan wisata prioritas utama

Source: www.jurnas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button