Info Gempa Terbaru BMKG: Cianjur dan Sarmi Bergetar - WisataHits
Jawa Barat

Info Gempa Terbaru BMKG: Cianjur dan Sarmi Bergetar

TEMPO.CO, jakarta – Catatan BMKG gempa bumi Hal terakhir yang dirasakan pada Rabu malam 30 November 2022 dari Cianjur, Jawa Barat. Magnitudonya hanya sekitar 2,5, namun intensitas getarannya diukur dengan skala MMI-III, getaran terasa di dalam rumah seperti ada truk yang lewat.

Intensitas guncangan diukur di Pacet yang termasuk dalam kawasan wisata Puncak. Getaran yang lebih lemah diukur di beberapa kecamatan lain di Kabupaten Cianjur.

Gempa tersebut tercatat oleh BMKG pada pukul 22.24 WIB. Pusatnya disebut-sebut berada di darat 5 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa dipastikan merupakan gempa susulan dari gempa utama M5.6 pada Senin, 21 November 2021—bersama dengan 343 lainnya yang melanda Rabu pukul 15.00 WIB.

Secara keseluruhan, BMKG mencatat ada tiga gempa yang dirasakan di Cianjur sepanjang Rabu. Dua gempa lainnya terjadi pada pukul 7.53 dan 17.33 WIB dengan magnitudo M3.5 dan M2.8. Yang pertama memberikan guncangan dengan intensitas hingga IV MMI di Cugenang atau dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah. Sedangkan kedua di skala MMI III, juga di Cugenang.

Selain di Cianjur, BMKG juga mencatat gempa di Sarmi, Papua pada Rabu. Besarnya M4,8, juga berpusat di darat. Gempa yang berkedalaman 28 kilometer ini menimbulkan getaran dengan skala intensitas III-IV MMI di kawasan Bonggo Timur.

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button