Plt Gubernur DKI mengajak untuk mendukung normalisasi sungai Ciliwung - WisataHits
Jawa Barat

Plt Gubernur DKI mengajak untuk mendukung normalisasi sungai Ciliwung

Pj Gubernur DKI Heru Budi meminta masyarakat mendukung normalisasi Kali Ciliwung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak semua pihak untuk terlibat dan mendukung normalisasi Sungai Ciliwung. Menurutnya, menjadi kepentingan bersama ketika manfaat yang dirasakan tidak hanya mencakup pihak tertentu.

“Satu lagi mari kita dukung normalisasi Kali Ciliwung yang sangat saya hargai, saling menguntungkan bagi kita semua,” kata Heru kepada tim media di Jakarta, Minggu (12/4/2022).

Pihaknya akan mendukung berbagai acara dan kegiatan yang bisa digelar di Sungai Ciliwung untuk mengadvokasi normalisasi. Bahkan, kata dia, pihaknya berencana menggelar festival lomba dekorasi Getek di Sungai Ciliwung tahun depan.

“Dan tentunya harus ada ungkapan, seperti ‘Ciliwung Cinta’,” ujarnya.

Dukungan Heru diketahui juga berkaitan dengan Festival Dayung Ciliwung 2022. Ajang ini mendahului Kejuaraan Dayung Nasional (Kejurnas) 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat, yang digelar mulai 8 hingga 20 Desember 2022 mendatang.

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta akan menormalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 4,8 kilometer di empat lokasi prioritas, yakni kelurahan Rawajati, Cawang, Cililitan, dan Kampung Melayu dengan rancangan anggaran APBD 2023 sebesar Rp469 miliar.

Saat ditanya mengenai Kanal Sungai Ciliwung, Heru sempat mengatakan pembangunan proyek ini akan selesai pada April 2023. Sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak banjir di ibu kota.

“Pengurangan banjir sekitar 200 hektare. Ini fungsinya mengurangi 60 meter kubik per detik, jadi diharapkan bisa mengurangi banjir di sisi utara Jakarta,” kata Heru awal pekan lalu.

Heru memastikan pembangunan proyek kanal Ciliwung yang sebelumnya tersendat dapat dilakukan dengan baik. Di antaranya terkait pembebasan lahan yang menjadi salah satu kendala penyelesaian Kanal Ciliwung.

“Pembebasan lahan sudah selesai. Ia hidup di bawah tanah, yang dapat diperoleh di ujung sana. Panjangnya 1,2 kilometer kalau di bawah sana,” kata Heru.

Namun yang terpenting saat ini adalah himbauan untuk tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu, menurut Kepala Sekretariat Presiden Jokowi, Ciliwung juga merupakan milik bersama yang perlu dilindungi.

“Saya berharap melalui Festival Dayung Sungai Ciliwung ini dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan masyarakat, termasuk sebagai wahana olahraga dan wisata air,” tegasnya.

Selain itu, Heru menyambut baik dipilihnya Sungai Ciliwung sebagai tempat untuk memasyarakatkan olahraga dayung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button