Indahnya Nepal van Java di Magelang, Ga perlu jauh-jauh ke Himalaya - WisataHits
Jawa Tengah

Indahnya Nepal van Java di Magelang, Ga perlu jauh-jauh ke Himalaya

TEMPO.CO, jakarta – Kawasan pegunungan tidak hanya menawarkan udara sejuk, tapi juga pemandangan yang menyejukkan mata. Bahkan di daerah pegunungan ini, panoramanya mirip dengan di negara lain. Tempat ini adalah Dusun Kebutuhan di Kecamatan Kalianggrik, Kabupaten Magelang yang dikenal dengan Nepal van Java.

Julukan itu diberikan bukan tanpa alasan. Dusun yang terletak di kaki Gunung Sumbing ini memiliki pemandangan yang mirip dengan pembangunan perumahan di Himalaya Nepal. Rumah-rumah di desa juga dibangun dengan penataan yang rapi.

Jika Anda berkesempatan berkendara ke Magelang, tak ada salahnya mampir dan menikmati pendakian gunung yang menyegarkan. Berikut informasi bagi wisatawan yang ingin mampir ke Nepal van Java:

rute lokasi

Nepal van Java terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dibutuhkan sekitar 2 jam dengan mobil dari Yogyakarta. Setibanya di kota Magelang, ikuti jalur menuju Pasar Kaliangkrik dengan jarak 12 kilometer, ikuti saja jalan menuju SD Desa Temanggung lalu ambil arah menuju Basecamp Gunung Sumbing. Nepal van Java berjarak 400-500 meter sebelum base camp. Struktur jalan cukup curam dan menanjak, jadi berhati-hatilah saat berkendara.

harga tiket

Pengunjung hanya perlu membayar tiket sekitar 10.000 rupee per orang. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Biaya parkir adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

aktivitas

Tempat ini cocok untuk berlibur dan menikmati pemandangan pegunungan. Sesampai di sana, pastikan untuk mengambil foto dengan latar belakang rumah pedesaan yang dicat cerah, ditambah dengan pemandangan alam pegunungan di luarnya. Berjalan-jalan santai melewati pedesaan dataran tinggi sambil menikmati udara sejuk, asri dan sejuk juga akan menyenangkan.

Jangan khawatir jika Anda harus tinggal. Karena ada keluarga angkat yang dikelola oleh pemerintah kota yang tersedia dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap. Pengunjung bisa menunggu momen indahnya matahari terbit atau terbenam di Nepal van Java.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno juga sempat singgah di desa tersebut pada April 2021. Ia mengaku sangat terkesan dengan Nepal van Java. “Begitu saya bangun di pagi hari saya tidak menyesal tinggal di sini karena pemandangannya epik, menurut kami suasananya indah.” megah suasana yang sangat eksotis. Dan ini adalah pengalaman pertama dalam hidup saya tinggal di desa wisata,” ujarnya.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, masyarakat bisa memilih

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button