Gunungkidul Buka Desa Wisata Candirejo untuk Tingkatkan Perekonomian - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul Buka Desa Wisata Candirejo untuk Tingkatkan Perekonomian – ANTARA News Yogyakarta

GUUNUNGKIDUL (ANTARA) – Pemerintah Daerah Istimewa Gunungkidul Kabupaten Yogyakarta telah menetapkan Desa Wisata Candirejo yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda di daerah tersebut.

Bupati Kulon Progo Sunaryanta di Gunungkidul mengatakan, peresmian Desa Wisata Candirejo diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami berharap pengelola desa wisata juga memanfaatkan teknologi untuk kepentingan promosi. Generasi muda harus mampu menjadi yang terdepan dalam percepatan pembangunan Desa Wisata Candirejo, tidak hanya untuk mendongkrak perekonomian tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru,” kata Sunaryanta.

Baca juga: Pengelola kampung liburan di Sleman dilatih pembuangan limbah cair

Ia mengatakan di era perubahan teknologi, digitalisasi, saya berharap masyarakat bisa beradaptasi. Memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemasaran UMKM sehingga tidak hanya dinikmati oleh penduduk lokal tetapi juga oleh pihak luar.

“Kami berharap pengembangan Desa Wisata Candirejo sejalan dengan tumbuhnya industri kreatif masyarakat sekitar,” harapnya.

Kepala Desa Candirejo Renik Warisman mengatakan, daerahnya memiliki berbagai potensi wisata. Mulai dari wisata laut, wisata edukasi, kebun anggur, kebun lengkeng dengan potensi UMKM.

“Desa Candirejo memiliki tujuh danau, 22 UKM potensial dan banyak tempat wisata edukasi,” ujarnya.

Renik juga mengatakan bahwa salah satu wisata danau yang sudah memiliki Pokdarwis yang kokoh adalah Danau Nangsri. Pokdarwis Tirta Kencana memiliki banyak prestasi dan selalu menjadi juara pertama dalam dua tahun berturut-turut kompetisi tingkat Kabupaten.

“Semua pelaku pariwisata didominasi anak muda. Semangat tim luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan upacara peringatan Hari Pariwisata Internasional 2022 mengambil tema “Rethinking Tourism”. Dinas Pariwisata Gunungkidul melibatkan asosiasi yang bernaung di bawah Dispar Gunungkidul dalam kegiatan ini.

“Desa wisata di Candirejo ini memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang sedang dikembangkan oleh Pemkot. Salah satunya adalah Danau Nangsri yang airnya tidak pernah surut,” ujarnya.

Baca juga: Perekonomian Rakyat Tumbuh Berkat Desa Wisata

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button