Ganjar Ungkap Strategi Jawa Tengah Tingkatkan Kunjungan Wisata, Ya? : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar Ungkap Strategi Jawa Tengah Tingkatkan Kunjungan Wisata, Ya? : Wisata Okezone

Ganjar Ungkap Strategi Jawa Tengah Tingkatkan Kunjungan Wisata, Ya?  : Wisata Okezone

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata di 35 kabupaten/kota.

“Potensi wisata daerah, baik yang sudah mulai beroperasi maupun yang belum sepenuhnya dikembangkan, dapat dipromosikan, termasuk menaikkan agenda pariwisata,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kudu. sebagaimana dilaporkan Diantara.

Menurut Ganjar, hal itu harus dilakukan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan ke Jateng pada 2023 yang dipatok 21 juta orang.

“Sekarang dinas pariwisata berusaha untuk mempromosikan potensi wisata, tentunya harus banyak event-event yang kreatif,” ujarnya.

Infografis Candi Borobudur

Ia menilai, pencabutan status PPKM yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir tahun lalu menjadi titik awal yang baik bagi pelaku pariwisata untuk bergerak naik sehingga perekonomian juga bisa bergerak.

“Kami sudah bicara dengan teman-teman bupati/walikota dan tour operator sehingga kami hidupkan kembali yang sempat tertunda, dan mudah-mudahan sekarang sudah aktif kembali,” ujarnya.

Untuk itu, Ganjar berharap juga dikembangkan wisata alternatif agar wisatawan yang datang ke Jawa Tengah tidak selalu mengunjungi destinasi mainstream.

“Termasuk desa wisata karena ini justru akan menjadi alternatif bagi wisatawan untuk bisa datang,” ujarnya.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Selain itu, wisatawan bisa tertarik dengan kegiatan musik atau semacam karnaval.

“Saya kira penting mendorong itu dan kementeriannya juga bagus ya mendorong beberapa daerah yang punya potensi wisata bagus yang bisa kita jual ke dunia,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022 tercatat sebanyak 45.093.933 orang, melampaui target yang hanya 11.530.429 orang. Kinerja ini sesuai dengan 291 persen dari nilai target sebelumnya.

Angka tersebut merupakan yang terbesar sejak merebaknya pandemi Covid-19, dimana pada tahun 2020 dan 2021 rata-rata jumlah kunjungan wisatawan hanya sekitar 22 juta orang dari dalam dan luar negeri, sedangkan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2019 melebihi 58 mencapai jutaan. orang-orang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button