Optimalisasi Ciayumajakuning, Disparbud Jabar Optimis kunjungan wisatawan tahun ini 40 juta orang - WisataHits
Jawa Barat

Optimalisasi Ciayumajakuning, Disparbud Jabar Optimis kunjungan wisatawan tahun ini 40 juta orang

Laporan reporter TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

Hal itu dipicu perbaikan penanganan Covid-19 di Jawa Barat dan penerapan protokol kesehatan di berbagai kawasan wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar mengatakan, selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023, sejumlah destinasi wisata populer akan berubah menjadi destinasi wisata.

Obyek wisata outdoor atau wisata alam menurutnya akan lebih diunggulkan mengingat Jabar memiliki banyak destinasi wisata unggulan.

“Insya Allah akan kami koordinasikan dengan kabupaten dan kota untuk mengharapkan peningkatan kegiatan khususnya outdoor tourism pada akhir tahun ini,” ujarnya di Bandung, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Desember Waktu Yang Tepat Mengunjungi Tempat Wisata di Majalengka, Terasering

Potret hijau objek wisata Terasering Panyaweuan Majalengka.  Saat ini adalah momen yang tepat untuk berwisata ke Panyaweuyan karena sangat hijau.Potret hijau objek wisata Terasering Panyaweuan Majalengka. Desember adalah waktu yang tepat untuk berwisata ke Panyaweuyan karena sangat hijau. (Tribununcirebon.com/Eki Yulianto)

akan memukau

Benny memperkirakan peningkatan wisatawan bisa mencapai 2-3 kali lipat dibanding liburan akhir tahun lalu.

“Tahun lalu sekitar 6-7 juta di akhir tahun, ini bisa dua kali lipat menjadi 12-18 juta wisatawan untuk tujuan wisata di Jabar,” ujarnya.

Dengan perkiraan lonjakan tersebut, Benny optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat akan meningkat tajam tahun ini.

“Hari ini sudah hampir 30 juta, saya optimistis bisa mencapai 40 juta, itu total untuk seluruh negara dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Disparbud Jabar yang mengkampanyekan Jabar Tersenyum berharap kunjungan wisatawan akhir tahun ini tidak terkonsentrasi di daerah yang sering dikunjungi wisatawan seperti Bandung Raya, Pangandaran, dan Bogor.

“Supaya penyebarannya tidak terpaku pada area target yang diinginkan. Karena selama ini yang menjadi favorit adalah Puncak, Lembang, Bandung Raya dan Bogor Raya. Kita coba pindahkan ke timur, seperti Majalengka, Kuningan,” ujarnya.

Baca Juga: Serunya Main Seluncuran Terpanjang di Rainbow Slide Jans Park, Tempat Wisata Baru di Sumedang

Daerah Majalengka, Cirebon dan Kuningan sendiri memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

Kedua kawasan tersebut juga sudah memiliki sejumlah desa wisata yang memiliki berbagai keunikan.

Silahkan baca berita terbaru Tribunjabar.id lainnya di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button