DPRD mendukung penuh pengembangan pariwisata daerah di Pulau Sumba - WisataHits
Yogyakarta

DPRD mendukung penuh pengembangan pariwisata daerah di Pulau Sumba

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – DPRD Kabupaten Sumba Timur mendukung gagasan membangun dan mengembangkan pariwisata di Pulau Sumba secara terpadu.

Pengembangan pariwisata Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur akan dilakukan secara bersama-sama.

Dukungan tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumba Timur Ali Oemar Fadaq setelah pemerintah kabupaten di Pulau Sumba sepakat bekerja sama dalam penyelenggaraan pariwisata berkelanjutan bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

“Kami mendukung upaya bersama untuk bersama-sama menata pariwisata di Pulau Sumba dan bekerja sama secara regional. Ini tentu lebih baik daripada masing-masing kabupaten bekerja sendiri-sendiri,” kata Ali Oemar Fadaq kepada POS-KUPANG.COM, Jumat 16 Desember 2022.

Ali Oemar Fadaq mengatakan Pulau Sumba sebagai pulau terindah di dunia memiliki berbagai potensi wisata, baik alam dan budaya, serta kearifan lokal. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pembangunan manusia dan daerah.

Namun, jika pengembangan pariwisata dilakukan secara parsial, maka percepatan untuk mendukung percepatan perekonomian tidak akan dapat terlaksana dengan baik.

Sebelumnya, Bupati Sumba Timur, Drs Khristofel Praing, M.Si menyampaikan gagasannya pada lokakarya Percepatan Pembangunan Pariwisata untuk Pengentasan Kemiskinan di Pulau Sumba yang digelar di Auditorium Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 13 Desember 2018. 2022.

Baca Juga: Tanggapan Pemerhati Budaya dan Pariwisata Sumba Timur Terkait Penangkapan Nikah

Lokakarya tersebut menghadirkan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia Sandiaga Uno dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai pembicara utama.

Bupati Praing mengatakan kepada POS-KUPANG.COM bahwa ada kesadaran bersama di antara pemerintah empat kabupaten di Sumba untuk bersama-sama mengembangkan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

“Selama ini orientasinya masih parsial. Sekarang kita koreksi karena tidak mungkin kita bisa bersaing atau lebih cepat jika kita mengembangkan sektor pariwisata kita sendiri,” kata Bupati Praing.

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mendukung mereka dengan spesifikasi program pariwisata mereka dengan memberikan ruang kerjasama untuk mengembangkan konsep bersama untuk empat kabupaten tentang bagaimana mempercepat pembangunan pariwisata untuk mengatasi kemiskinan.

Bupati Praing mengatakan, konsep ini sebenarnya bukan hal baru bagi para pemimpin di Pulau Sumba.

“Sebenarnya ide ini sudah ada sejak lama, kita realisasikan bersama. Cuma kita belum ketemu langsung dan yang kedua di Gajah Mada ada program pasca sarjana yang fokus di bidang pariwisata mereka melihat Sumba punya potensi apalagi di Sumba Barat Daya dan Sumba Timur bahkan di daerah lain sudah pernah bersinergi,” terangnya. Bupati von Praing.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button