Dijuluki Kebun Jamu, Desa Pasirhalang di Sukabumi menawarkan wisata edukasi kesehatan - WisataHits
Jawa Barat

Dijuluki Kebun Jamu, Desa Pasirhalang di Sukabumi menawarkan wisata edukasi kesehatan

Dijuluki Kebun Jamu, Desa Pasirhalang di Sukabumi menawarkan wisata edukasi kesehatan

Dijuluki Kebun Jamu, Desa Pasirhalang di Sukabumi menawarkan wisata edukasi kesehatan
Kebun herbal di Sukabumi. ©2023 YouTube BPP Sukaraja/Merdeka.com

Merdeka.com – Desa Pasirhalang di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bisa dijadikan tempat wisata edukasi keluarga. Di situs ini, pengunjung akan menemukan area luas yang ditanami berbagai jenis tanaman obat. Desa ini juga mendapat julukan kebun herbal.

Seperti namanya, di desa ini terdapat banyak tanaman obat. Kondisi yang membuat lingkungan tampak lebih sejuk dan teduh. Selain itu, di Desa Pasirhalang terdapat sawah dan kebun yang dikelola sepenuhnya oleh warga setempat.

Artikel media Taboola

Kebun herbal ini tidak hanya menjadi tujuan wisata unggulan, tetapi juga dijadikan sarana pengembangan potensi ekonomi dan kreativitas warga. Ini lebih banyak

2 dari 4 halaman

Ditanam berbagai tanaman obat

Kebun herbal di Sukabumi

Taman Rempah di Sukabumi ©2023 YouTube BPP Sukaraja/Merdeka.com

Kebun herbal ini sendiri sudah berdiri selama tiga tahun dan menjadi ikon desa Pasirhalang. Tahun 2019 silam, Desa Tugu RT01/RW05 pernah diikutsertakan dalam lomba pemda dan menjadi juara tingkat kabupaten hingga provinsi untuk daya tarik tanaman obatnya.

Saat ini telah ditanam berbagai tanaman obat oleh masyarakat setempat, seperti jahe, ginseng, dan lain-lain.

“Kebun herbal di Desa Tugu Kecamatan Sukaraja ini merupakan objek wisata yang menjadi ikon desa kami,” kata Kepala Desa Pasirhalang Yusuf Purnama, Senin (1/9), mengutip ANTARA.

3 dari 4 halaman

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat tanaman herbal

Wisatawan yang datang tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga mempelajari jenis-jenis tanaman herbal dan manfaatnya bagi kesehatan. Akan ada warga setempat yang memberikan informasi tentang identifikasi, cara budidaya, pengolahan menjadi olahan herbal untuk dikembangkan di tempat lain.

Kemudian Anda dapat mengetahui lebih lanjut di sini pewarna dasi makanan khas daerah, termasuk mencoba menerapkannya bahan (Belajar melakukan tie-dye) dan membuat alias selfie selfie di tempat-tempat menarik yang telah disiapkan.

Yusuf mengatakan, pendirian kebun herbal di Desa Pasirhalang merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga dapat meningkatkan Indeks Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Karena di sini warga bisa mengembangkan berbagai usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada,” ucapnya lagi.

4 dari 4 halaman

Melibatkan masyarakat dalam pemerintahan

Kebun herbal di Sukabumi

Taman Rempah di Sukabumi ©2023 YouTube BPP Sukaraja/Merdeka.com

Saat ini pengelolaan wisata edukasi dilakukan oleh warga setempat, sehingga warga setempat juga bisa mengenalkan pertanian serta tambak ikan yang mereka kelola.

Pola ini juga merupakan langkah kerjasama Pemdes dengan masyarakat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa. Diharapkan kerjasama ini dapat mengubah kebun herbal ke arah yang lebih baik sehingga dapat terus bermanfaat.

“Dalam pengelolaan tempat wisata ini secara keseluruhan, kami melibatkan warga sekitar agar pendapatan mereka meningkat sebagai pemandu wisata,” jelasnya.

[nrd]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button