Selain Jakarta, 3 kota ini menggunakan sistem ganjil genap - WisataHits
Jawa Barat

Selain Jakarta, 3 kota ini menggunakan sistem ganjil genap

Selain Jakarta, 3 kota ini menggunakan sistem ganjil genap

Memuat…

Sistem ganjil genap merupakan salah satu rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi mobilisasi kendaraan pribadi.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok

JAKARTA – Sistem ganjil genap merupakan teknik rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan dan mengurangi mobilisasi kendaraan pribadi. Ganjil Genap pertama kali diterapkan di Jakarta pada tahun 2016.

Seiring waktu, aturan genap-ganjil tidak hanya berlaku di Jakarta. Sejumlah kota lain di Indonesia juga menerapkannya. Baca: Terobos Razia Gage di Jalan S Parman, Pengemudi Mobil Merah Tabrak Polisi

Hal ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan kemacetan lalu lintas berkurang. Berikut tiga kota selain Jakarta yang menggunakan sistem ganjil genap.

1. Bogor

Salah satu kota penyangga Jakarta, Bogor, akan mulai menerapkan Ganjil Genap pada Februari 2021. Kebijakan ini berlaku untuk semua kendaraan roda dua dan roda empat dengan tujuan mengurangi penyebaran Covid-19.

Pada perayaan Natal dan Tahun Baru, sejak 24 Desember 2021, Bogor juga memberlakukan sistem ganjil genap yang berlaku setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Dengan diluncurkannya website Dinas Perhubungan Kota Bogor, maka sistem ganjil genap akan diterapkan kembali pada 26-28 Februari 2022, seiring dengan kebijakan PPKM Level 3. Kendaraan yang tidak sesuai tanggal harus dibalik.

Selain itu, penutupan pedestrian Kebun Raya Bogor juga dilakukan mulai pukul 06.00 WIB. Pada pekan sebelumnya, Bogor juga menerapkan rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap lalu lintas untuk menekan jumlah wisatawan yang akan pergi ke kawasan wisata.

2. bandung

Bandung juga merupakan kota yang berbeda dari Jakarta yang telah memilih untuk menerapkan kebijakan ganjil genap. Ada 5 gardu ganjil genap yaitu gardu Buah Batu, Pasteur, M. Toha, Pasirkoja dan Kopo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button