Di sekitar Alun-alun Wates, 710 meter Geblek masuk dalam rekor Muri - WisataHits
Yogyakarta

Di sekitar Alun-alun Wates, 710 meter Geblek masuk dalam rekor Muri

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kulonprogo resmi mencatatkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui pelataran geblek terpanjang di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, geblek sepanjang 710 meter yang disajikan di sekitar Alun-Alun Wates ini dianggap sebagai sajian geblek terpanjang di dunia.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo (Dispar) Joko Mursito menjelaskan, rekor Muri sebagai sajian geblek terlama merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara. Festival Wisata Menoreh dengan judul Mari kita beralih ke Menore.

Puluhan pengrajin geblek di Kulonprogo terlibat dalam pembuatan geblek terpanjang. “Memecahkan rekor Muri untuk geblek terpanjang di Indonesia dan dunia adalah 710 meter. Karena kita merayakan ulang tahun ke-71 dan akan dibuat oleh 71 pengrajin Geblek di Kulonprogo,” ujarnya, Sabtu (22/10/2022).

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

BACA JUGA: KKN Kolaborasi UNY Gelar Workshop Digital Branding Masyarakat Kulonprogo

Masuknya geblek dalam catatan Muri, kata Joko, bisa menjadi ajang promosi geblek yang merupakan makanan khas Kulonprogo. “Geblek memang sudah menjadi identitas lokal Mulonprogo dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda,” katanya.

Joko meyakini dengan pencanangan rekor sajian Geblek terpanjang ini, Geblek akan semakin dikenal masyarakat luas dan mendorong para perajin untuk terus berinovasi menciptakan varian Geblek baru. “Varian baru akan muncul ke depannya,” jelasnya.

Setelah dilegalkan, Geblek sepanjang ratusan meter ini bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Sambil menikmati sajian geblek, pengunjung dapat menikmati parade atraksi wisata budaya Indonesia yang diikuti oleh 22 kontingen kelompok seni budaya dari 22 daerah di Indonesia, seperti Ponorogo, Wonogiri, Lamongan dan sebagainya.

Pawai dibuka dengan penampilan penabuh drum kadet AAU. “Topik kegiatan hari ini Mari kita beralih ke Menoreapa yang ada di dalam? Festival Wisata Menoreh. Festival Wisata Menoreh Ini kegiatan yang sangat kami nantikan untuk menjadi media penerbitan, media promosi yang efektif untuk Kulonprogo dan DIY,” ujarnya.

Kepala Perwakilan Muri Jawa Tengah Sri Widayati mengatakan sajian geblek terpanjang ini tak hanya mampu memecahkan rekor di Indonesia tetapi juga memecahkan rekor dunia.

Karena kuliner geblek ini hanya ada di Kulomprogo dan tidak ada di negara lain. “Ya, geblek ini masuk kategori rekor dunia karena merupakan makanan khas Kabupaten Kulonprogo yang mungkin tidak ada di negara lain,” ujarnya.

“Hari ini kami datang ke Kabupaten Kulonprogo untuk memulai karya spektakuler pembuatan geblek terpanjang sepanjang 710 meter yang dibawakan oleh 71 pengrajin geblek di Kulonprogo. Kegiatan ini secara resmi kami daftarkan di Muri sebagai rekor 10.622 dan pemberian Sertifikat Apresiasi kepada Kabupaten Kulonprogo oleh Kementerian Pariwisata.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button