Desa Wisata Baluwarti, wisata di Kota Solo yang bernuansa khas Keraton Surakarta - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Baluwarti, wisata di Kota Solo yang bernuansa khas Keraton Surakarta

TRIBUNAMPUNG.CO.ID – Kota Solo memiliki beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga dan teman.

Bukan hanya soal wisata alam, kota Solo juga terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya yang padat.

Selain itu, ada dua desa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Kota Solo, yaitu Desa Wisata Laweyan dan Desa Wisata Baluwarti.

Desa Wisata Baluwarti disini menjadi rujukan wisata pendidikan budaya di Solo yang mengoptimalkan potensi wisata berbasis masyarakat.

Berada di kawasan kompleks keraton Kasunanan Surakarta yang hanya dipisahkan oleh tembok keraton, desa wisata ini bertujuan untuk dapat membangun kembali perekonomian masyarakat sekitar.

Terkenal dengan keramahan dan kelezatannya, Desa Wisata Baluwarti menjadi salah satu tujuan wisata yang paling nyaman.

Tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang betah untuk duduk santai sambil menikmati suasana Keraton Surakarta di desa ini.

Sebagai informasi: Desa Wisata Baluwarti telah ditetapkan sebagai desa wisata sejak tahun 2000. Kegiatan pertama adalah cooking class makanan khas solo yaitu Nasi Liwet. Cooking class ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Seiring berjalannya waktu, kawasan yang masih berada di Ngero Beteng ini semakin populer. Pihak manajemen juga mencetuskan berbagai ide kreatif untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Menyusul kesuksesan kelas memasak tersebut, penyelenggara juga menggelar kelas tari di Keraton Surakarta.

Dengan mengikuti kelas ini, wisatawan akan merasakan langsung tarian khas Keraton Surakarta lengkap dengan jarik dan selendang adat.

Selain mengajak wisatawan merasakan budaya tradisional, kelas tari juga menyegarkan tubuh. Karena menari selama 20 menit memiliki efek meditatif melalui gerakan.

Di Desa Wisata Baluwarti, wisatawan juga diajak memakai pakaian adat Jawa, kain batik Mewiru, kembaran mayang, bermain gamelan, membuat topeng, dan membatik.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat produksi jamu tradisional dan belajar cara membuat lulur dari bahan alami, mempelajari bumbu khas Keraton Surakarta dan berbagai kuliner tradisional setempat.

Di akhir wisata budaya, para wisatawan akan disuguhi berbagai jenis kerajinan tangan khas kota Solo yang dijual langsung oleh warga desa Baluwarti. Bric-a-brac pakaian tie-dye, kain tie-dye, kerajinan tanganblangkon dan oleh-oleh khas solo lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan waktu yang tepat untuk Anda dan keluarga atau rekan terdekat untuk berwisata budaya di Desa Wisata Baluwarti!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button