Tujuh Tempat Wisata untuk Mengingat Sejarah Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Tujuh Tempat Wisata untuk Mengingat Sejarah Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Agustus merupakan momen spesial bagi Indonesia. Baru-baru ini, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-77. Mengingat sejarah masa lalu negara ini saat traveling mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda. Karena Indonesia kaya dengan kekayaan sejarah dan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Berikut tujuh tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi, dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Minggu.

Istana Gebang, Blitar

Kota Blitar dan Soekarno tidak bisa dipisahkan. Rumah yang terletak di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar ini merupakan tempat Sang Proklamator menghabiskan masa kecilnya. Rumah ini sebenarnya adalah kediaman suami dari kakak Soekarno, Sukarmini, yang bernama Poegoeh Wardoyo. Orang tua Soekarno juga tinggal di tempat ini.

Baca Juga: Belitung Siapkan Paket Wisata ‘Hopping Island’ Untuk Delegasi G20

Setibanya di kawasan ini, pengunjung akan melihat patung Bung Karno berdiri tegak di depan rumah. Selanjutnya, wisatawan akan disambut oleh bangunan tua dengan ciri khas hunian masa lalu, dengan aksen Belanda yang kental di setiap sudutnya. Itu karena rumah ini sebelumnya milik seorang pegawai kereta api Belanda bernama CH. Porter.

Begitu masuk, Anda akan merasakan perasaan masa lalu yang tidak salah lagi. Hampir setiap sudut rumah ini masih dilengkapi dengan perabotan antik yang cantik, mulai dari ruang tamu dengan kursi anyaman kayu hingga ruang tamu berperabotan. Anda bisa melihat kamar Soekarno yang masih tertata rapi dengan seprai putih dan tudung kamar tidur.

 
Rumah Pengasingan Bung Karno, Akhir (Flickr)

Rumah Pengasingan Bung Karno, selesai

Tertarik untuk berlibur di pulau Flores? Jangan lupa mampir ke Rumah Pengasingan Soekarno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ke tempat inilah Soekarno dan keluarganya diasingkan oleh pemerintah Hindia Belanda. Rumah pengasingan inilah yang mendorong Soekarno untuk bangkit melawan pengawasan Belanda.

Di pengasingan ia senang mengunjungi desa-desa di Ende dan menyapa warga. Bung Karno juga bercermin pada Pancasila yang saat ini menjadi dasar kehidupan bernegara bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga: Wisata Kepulauan Seribu Akan Ciptakan 35.000 Lapangan Kerja

Kini rumah tersebut menjadi salah satu situs sejarah terpenting di negeri ini. Tidak jauh dari sana, Anda bisa mampir ke Taman Renungan Bung Karno di desa Rukun Lima. Wisatawan juga akan menemukan patung Bung Karno, duduk termenung di bawah pohon sukun bercabang lima dan memandang ke laut.

Setelah itu, Anda bisa mampir untuk menikmati keindahan Danau Kelimutu yang letaknya tidak jauh dari Rumah Pengasingan.

Penerbit : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button