Desa Santan, Desa Penghasil Kerajinan Batok Kelapa Kelas Internasional. - WisataHits
Yogyakarta

Desa Santan, Desa Penghasil Kerajinan Batok Kelapa Kelas Internasional.

Desa Santan, Desa Penghasil Kerajinan Batok Kelapa Kelas Internasional.

Sumber: Universitas Amikom Yogyakarta

YOGYAKARTA– Kampung Wisata Kampung Santan merupakan sebuah desa wisata di Yogyakarta tepatnya berada di Dusun Santan, Guwosari, Pajangan, Bantul. Desa ini merupakan desa yang istimewa karena desa ini memiliki kerajinan batok kelapa. Kerajinan diproduksi untuk kebutuhan hidup manusia sehari-hari, yang hingga saat ini masih berkelas internasional. Dimana kerajinan ini menghasilkan karya yang menyaingi barang antik kelas dunia. Desa Wisata Kampun Santan yang terletak di Kabupaten Bantul atau sekitar 13 km dari pusat kota Yogyakarta ini terkenal dengan kerajinan batok kelapanya. Ada berbagai macam kerajinan unik dan menarik, beberapa contoh produk kerajinan batok kelapa, seperti rice bowl, mangkok, teko dan masih banyak lainnya.

Hasil olahan batok kelapa di Desa Santan sudah dikenal masyarakat luas. Diawali dengan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta untuk melihat dan mengoleksi produk kerajinan batok kelapa di Desa Wisata Kampung Santan. Desa wisata yang diresmikan pada tahun 2011 ini merupakan pengekspor kerajinan tempurung kelapa terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi, potensi desa wisata kerajinan ini dimulai pada tahun 1991 dan telah menjadi bisnis keluarga secara turun temurun, dimulai dengan bekerja di rumah hingga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar bergotong royong membuat kerajinan dari batok kelapa yang menghasilkan karya yang unik. mereka memisahkan Hak Milik dari Desa Wisata Kampung Santan. Hingga saat ini kerajinan tempurung kelapa Desa Santan telah banyak dikenal masyarakat luas di luar negeri dengan keunikan karya dan produk yang berbeda satu sama lain dalam berbagai bentuk. Beragam jenis kerajinan batok kelapa tersedia di Desa Wisata Kampung Santan, mulai dari gantungan kunci, pajangan sendok dapur yang unik, piring dan pot bunga hingga celengan yang lucu dan estetik.

Dari Toko Kerajinan Batok Kelapa di Desa Wisata Santan, telah mampu menghidupi UMKM masyarakat dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di Desa Wisata Kampung Santan Guwosari Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil kerajinan tempurung kelapa di Desa Wisata Kampung Santan Guwosari Pajangan Kabupaten Bantul tidak hanya menjadi pengekspor kerajinan tempurung kelapa, namun di Desa Wisata Kampung Santan ini juga terdapat berbagai macam pertunjukan seni budaya seperti lesung gejog dan jajanan lainnya. membangkitkan selera untuk mendorong wisatawan.

Tidak akan cukup sehari mengunjungi Kampung Wisata Kampung Santan atau yang biasa dikenal dengan DEWI KAMSA. Kehidupan masyarakat serta suasana desa yang masih asli dan harmonis akan memberikan kenyamanan dan ketenangan saat singgah di Desa Wisata Kampung Santan. Apa minat Anda berkunjung ke sini?

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis. Klik disini

gambar

Silakan masuk ke komentar “).attr({ type: ‘text/javascript’, src: ‘ }).prependTo(“head”); if ($(“.instagram-media”).length > 0) $( ”

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button