Deretan tempat wisata di jombang untuk liburan akhir pekan 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Deretan tempat wisata di jombang untuk liburan akhir pekan 2022

Jombang, Jurnal Jawa Timur – Bagi masyarakat Jombang Jawa Timur dan sekitarnya, liburan akhir pekan tidak harus jauh-jauh ke luar kota. Karena di daerah berjuluk ‘kota pelajar islam‘ Ini adalah banyak tempat yang menyenangkan dan layak dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Liburan akhir pekan selalu menjadi momen untuk melepas penat dan menghabiskan waktu bersama.

Bepergian dengan mobil sendiri lebih aman karena Anda dapat memilih dengan siapa bepergian, baik keluarga atau teman untuk mengunjungi tempat-tempat tersembunyi yang dapat diakses melalui jalan darat.

Nah, berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jombang Jawa Timur yang seru untuk dikunjungi bersama teman dan keluarga, rangkum Jurnaljatim.com dari berbagai sumber:

1. Goa Sigolo Golo
Goa Sigolo Golo adalah sebuah wisata alam yang terletak di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Wisata alam tidak hanya menampilkan pesona keindahan goa, tetapi juga keindahan alam sekitar yang menjadi daya tarik untuk dinikmati sekaligus melepas penat para wisatawan.

Gua Sigolo Golo terletak di kompleks objek wisata di Wonosalam, dekat dengan objek wisata seperti Air Terjun Tretes, Sumber Boto, Makam Gunung Puncung dan beberapa tempat perkemahan. Kawasan sekitar goa Sigolo Golo merupakan kawasan hutan yang sedang direhabilitasi. Wisata Goa Sigolo Golo sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang dan melepas penat.

Perabot: Fasilitas wisata goa sigolo golo terbilang lengkap, mulai dari fasilitas toilet, parkir kendaraan, mushola, restoran dan lainnya.

HTML: Hari kerja Rp 5000 (jika tidak diubah).
Periode Weekend/Liburan 10.000 IDR.
jam buka: 08.30-17.00

2. Sumber Biru
– Wisata Sumber Biru bisa menjadi salah satu wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama pasangan atau keluarga besar. Baru-baru ini dijadikan sebagai spot foto dan populer di media sosial oleh warga Jombang, wisata ini berlokasi di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sungai yang jernih, udara yang bersih serta suasana pegunungan yang asri dan sejuk menjadikan wisata alam ini sebagai destinasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dan mencari ketenangan dalam suasana alam.

Wisata ini dikelola oleh POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang dibangun di atas lahan milik warga. Mengunjungi Blue Source Tour dapat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor, mobil atau bahkan sepeda.

Ada banyak spot foto di tempat ini, seperti Jembatan Cinta, deretan payung yang tertata apik dari pintu masuk objek wisata, replika kapal, jembatan warna-warni dan yang paling populer adalah selfie di water stand dengan kursi dan meja di tengah aliran air. sungai dengan lampu-lampu indah di atasnya.
Lokasi : Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang
Harga tiket: Rp 5000 (kecuali diubah).
Jam Buka: 08.00 WIB – 20.00 WIB (Buka Setiap Hari)

3. Sumberboto
Wisata Sumberboto terletak di Desa Japangan, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Terletak di kaki Gunung Anjasmoro di bagian timur Kabupaten Jombang, kawasan ini menawarkan wisata alam yang menarik seperti mata air dan bumi perkemahan yang cukup luas.

Selain wisata alam yang bisa dinikmati lewat keindahannya, ada juga kolam renang dengan mata air asli pegunungan yang bisa dimanfaatkan. Di kawasan wisata Sumbarboto ini juga terdapat Monumen Sumberboto yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia oleh pasukan Wanara.

Terkenal dengan keindahan alam dan mata airnya, wisata Sumberboto juga menawarkan bumi perkemahan yang cukup luas dan ramai dikunjungi mahasiswa. Di dalam kawasan wisata sumberboto juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung seperti toilet, mushola, tempat makan/masakan dan juga aula.

Tiket masuk Wisata Sumberboto dikenakan biaya Rp 10.000 per orang. (jika tidak diubah).

4. Bioskop Kedung

Kedung Cinemat juga merupakan salah satu tempat wisata alam tersembunyi di Jombang yang menarik untuk dijelajahi. Pesonanya yang paling indah akan memukau para pengunjung wisata ini.

Tempat piknik ini terletak di Dependent, Klitih, Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaru dan tersembunyi di Jombang, memiliki fasilitas berupa tempat parkir kendaraan wisata, pendopo, WC umum, camping ground, spot foto instagramable dan tempat duduk wisata.

5. Air Terjun Sekelip
Keindahan alam air terjun Sekelip Jombang siap memanjakan aktivitas liburan Anda di akhir pekan ini. cocok untuk merilekskan jiwa dan raga yang lelah dari kesibukan aktivitas sehari-hari.

Alamat Air Terjun Sekelip sendiri berada di Wonokerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

6. Bukit Seloringgit
Tempat wisata di Jombang ini saat ini sedang hits di kalangan pecinta alam di Jombang. Anda yang suka camping atau mendaki gunung wajib mengunjunginya. Pesona terbaik Bukit Seloringgit akan memanjakan siapa saja yang singgah untuk menikmati keindahan dan spot-spot terbaik.

Nikmati sensasi liburan yang semakin berkualitas dan tak terlupakan di Jombang dengan mengunjungi Bukit Seloringgit bersama orang tersayang.

Alamat Bukit Seloringgit sendiri berada di Panglungan, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

7. Banyu Mili
Jika Anda penggemar The Hobbit Movie, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Selandia Baru. Wisata ala hobbit sudah ada di Kabupaten Jombang. Ya, wisata buatan bernama Banyu Mili di Carang Wulung Kabupaten Jombang ini menjadi primadona bagi para Instagrammer. Wisata Banyu Mili tidak hanya menawarkan wisata buatan, tetapi juga dikelilingi oleh pemandangan alam Kabupaten Wonosalam yang indah.

Panorama yang ditawarkan Banyu Mili adalah pemandangan dan udara Gunung Arjuno. Di sekelilingnya juga terdapat sungai dan perahu buatan untuk dinaiki pengunjung. Selain itu, ada rumah bergaya Hobbit yang menjadi tujuan wisata untuk berfoto.

Naik turunnya medan Banyu Mili akan menjadi pengalaman tersendiri. Banyu Mili merupakan wisata keluarga, sehingga sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak untuk menikmati liburan.

Lokasi Banyu Mili
Persiapkan stamina anda untuk menuju lokasi Banyu Mili dan persiapkan kendaraan pribadi anda dalam kondisi prima. Lokasi agak menanjak karena berada di daerah pegunungan. Banyu Mili berjarak sekitar 1 km dari Wonosalam Training Center.

HTM: Rp 5.000 (kecuali diubah).

8. Museum Islam KH Hasyim Asyhari
Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari (MINHA) diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Desember 2018. Situs Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari berada di area parkir kompleks makam Gus Dur.

Sebagai destinasi wisata edukasi dalam pembangunan Museum Islam Indonesia, KH Hasyim Asyari bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang proses perkembangan Islam di Indonesia. Di dalam museum terdapat cerita, foto dan buku-buku yang berkaitan dengan proses masuknya Islam Indonesia.

Alamat : Cukir, Diwek, Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Jam buka: 08.00 – 16.00

9. Candi Rimbi Candi
Candi Rimbi terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Kawasan ini terletak di kaki barat Gunung Anjasmoro, di antara pemukiman penduduk, persawahan dan hutan lebat di sekitarnya serta pemandangan yang indah.

Candi Rimbi merupakan peninggalan agama Hindu dari masa Majapahit klasik, yang merupakan candi pemujaan kepada Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi l ibu dari Raja Hayam Wuruk.

Pura ini juga sering disebut Cungkup Pulo. Nama Rimbi dikaitkan dengan nama seorang tokoh pewayangan bernama Arimbi, istri Werkudara atau lebih dikenal Bima.

10. Bale dari Tani
Tempat wisata yang memiliki banyak spot foto, memiliki berbagai jenis tanaman dan sekaligus menikmati hasil dari berbagai jenis tanaman, atau sekedar menyegarkan diri dan menghilangkan penat, Bale Tani Jombang menjadi destinasi wisata yang tepat.

Bale Tani merupakan salah satu agrowisata yang ada di Kabupaten Jombang. Bale Tani cocok sebagai tempat rekreasi keluarga karena selain berbagai spot foto menarik juga terdapat kolam renang yang cocok untuk bermain keluarga.

Lokasi Bale Tani cukup mudah ditemukan karena berada di kawasan pabrik sepatu Venezia, sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menemukan lokasi Bale Tani yang tepat di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
HTML: Rp 5.000/orang (kecuali diganti).

11. Kampoeng Djawi
Kampoeng Djawi menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang ingin bersantai dan merasakan indahnya suasana pedesaan dengan berbagai pemandangan yang indah dan menyegarkan. Selain sebagai tempat wisata dan akomodasi, Kampoeng Djawi juga menawarkan pertunjukan musik bagi pengunjung.

Lokasi: Perjalanan menuju Kampoeng Djawi cukup panjang, namun segala lelah terbayar di tempat tujuan. Kampoeng Djawi terletak di Dusun Gondang, Desa Caraggwulung, Kecamatan Wonosalam.

Perabotan: Fasilitas outdoor activity seperti kolam renang sambil melihat pemandangan indah Gunung Anjasmoro, Flying Fox, Teater Ampi, Paviliun Joglo dan masih banyak aktivitas outdoor lainnya yang bisa dinikmati wisatawan.

Jam buka: 09.00 – 16.00 WIB

HTML: Tiket masuk Rp50.000/orang
Akomodasi Rp 330.000/kamar
(Harga jika tidak ada perubahan).

Dapatkan berita menarik hanya di Jurnaljatim.com. Jangan lupa follow journaljatim.com di Google News dan Instagram kicauan Jurnaljatim.com.

Source: jurnaljatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button