Tinjau Karanganyar 2022, Bupati Akui Banyak Keluhan Jalan Rusak - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Tinjau Karanganyar 2022, Bupati Akui Banyak Keluhan Jalan Rusak – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengendara sepeda motor melintasi jalan Tasikmadu-Dagen di Kabupaten Tasikmadu yang rusak beberapa waktu lalu. Direncanakan ruas jalan ini akan diperbaiki pada akhir tahun 2022. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan rusak mendominasi keluhan warga Kabupaten Karanganyar sepanjang tahun 2022 yang perlu menjadi perhatian Pemkab setempat. Upaya perbaikan infrastruktur transportasi baru akan dilakukan pada tahun 2023.

“Saya harus menilai sendiri, dalam dua tahun pandemi Covid-19 banyak anggaran yang terpakai untuk menanganinya, sehingga anggaran untuk infrastruktur sangat kecil. Nah, masalah yang sering dikeluhkan oleh orang-orang dalam pembangunan adalah jalan [rusak]. Itu sebabnya kami mulai pada 2023 dan pada akhir 2022 Masalah menuju perbaikan jalan,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada wartawan saat memberikan penilaian umum tahun 2022, Jumat (30/12/2022).

Promosi Hyperlocal Tokopedia Meroket Penjualan Online Sebesar 147%

Salah satu kawasan yang menjadi perhatian adalah kecamatan Gondangrejo dan jalur wisata seperti di Karangpandan, Ngargoyoso dan Tawangmangu. Menurut Bupati, perbaikan jalan sudah dimulai di Gondangrejo ruas Kragan-Wonosari. Di jalur wisata, salah satunya adalah perbaikan jalan menuju Kemuning di kecamatan Ngargoyoso.

Sementara itu, pada 2023, sejumlah ruas jalan di kawasan itu akan diperbaiki. Pendanaan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan APBD Karanganyar.

Baca Juga: Puluhan Rumah dan Jalan di Ngargoyoso Karanganyar Tertimpa Longsor

Jika jalan rusak, perbaikan minimal dilakukan tahun ini, tidak seperti proyek infrastruktur lainnya. Pemerintah Kabupaten Karanganyar sangat giat dalam pembangunan gedung-gedung, antara lain Gedung Budaya dan Anjungan Rumah Dinas Bupati yang total nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

Sementara itu, untuk tahun 2023 juga akan ada beberapa proyek pembangunan/rehabilitasi terkait gedung pemerintahan, antara lain pembangunan gedung Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Dinas Perhubungan.

“Senin minggu depan [2/1/2023] kami akan pelopor Pembangunan baru Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan di sebelah selatan Kantor Badan Kepegawaian dan Pembinaan Kepegawaian [BKPSDM]. Dan ada tiga ruas jalan yang saya minta dipercepat pengerjaannya,” kata bupati.

Baca Juga: Penyebab Hujan, Jalan Rusak di Keprabon-Sukuh Karanganyar Tak Diperbaiki

Di bidang sosial ekonomi, Yuli mengatakan investasi Kabupaten Karanganyar akan mencapai sekitar Rp 3 triliun pada 2022. Selain itu, ada warga baru lainnya yang memilih tinggal di Karanganyar. “Ada sekitar 18%, coba nanti dicek, tambahan warga dari luar daerah yang memilih tinggal di Karanganya. Daerah yang diminati adalah Colomadu, Jawa Tengah dan yang dekat dengan pariwisata seperti Tawangmangu dan Ngargoyoso,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button