CARMEL VALLEY Wisata Religi dalam Ketenangan Alam - WisataHits
wisatahits

CARMEL VALLEY Wisata Religi dalam Ketenangan Alam

Harga Tiket Masuk Carmel Valley: Gratis Jam Buka: 08:00 – 16:00 Telp. WIB: – Alamat: Jl.Carmel Valley, Cikanyere, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43254

Lembah Karmel merupakan tempat peristirahatan dan peribadatan umat Katolik di Desa Cikanyere, Cianjur. Selama lebih dari 20 tahun, tempat ini telah menjadi tempat ibadah umat Katolik di mana-mana. Tempat ibadah ini terletak di dataran tinggi Cianjur yang terkenal sejuk dan asri. Suasana damai dan tenang yang terpancar dari alamnya memungkinkan pengunjung untuk merasakan kekhidmatan ibadah yang dalam.

Tiket masuk

Layaknya tempat ibadah, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini selalu terbuka untuk orang-orang yang ingin beribadah atau retret.

Tiket masuk
Biaya masuk Gratis

Baca: Tiket Masuk TAMAN BUNGA NUSANTARA Cianjur dan 9 Garden Area

Jam buka

Lembah Carmel buka setiap hari. Waktu tersibuk untuk berkunjung tentu saja pada hari Minggu saat ada misa pagi. Sedangkan toko rohani hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu dengan jam buka dari pagi hingga siang hari.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00

Tur Religi Lembah Carmel

Patung Yesus Memberkati di Lembah Carmelmencari kedamaian dan ketenangan di Lembah Carmel, Cianjur – Foto: Google Maps/Christina Eveline

Umat ​​Katolik mengenal istilah tarekat atau tarekat. Salah satu ordo Ascending di Indonesia adalah Ordo Karmel. Di Jawa Barat sendiri terdapat rumah Ordo Karmel yang sangat terkenal yaitu Lembah Karmel.

Lembah Karmel merupakan tempat ibadah umat Katolik yang terletak di Cianjur. Tepatnya di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi. Tempat ibadah ini juga populer sebagai tujuan pertapaan Katolik karena terletak di tengah ketenangan alam.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Terbaik di Cianjur

suara alam

Dataran tinggi Cianjur yang menakjubkanKondisi alam yang asri dan terawat menjadi daya tarik utama dari Carmel Valley sebagai destinasi retret Katolik – Foto: Google Maps/frits mulder

Lembah Karmel adalah tempat pemujaan dan pertapaan yang didirikan oleh seorang pendeta Ordo Karmel bernama Romo Yohanes Indrakusuma. Pembangunan tempat ini berlangsung pada tahun 1988. Dikelilingi oleh perbukitan indah di utara Cianjur dengan ketinggian hampir 900 meter di atas permukaan laut.

Berada di ketinggian, tempat ibadah ini memiliki suasana yang lebih tenang dari yang lain. Suhu udara semakin dingin. Ditambah lagi dengan kawasan hutan yang mengelilingi kawasan tersebut.

Tak heran jika pengunjung yang mundur ke sini datang silih berganti. Daerah ini menawarkan perasaan damai yang lebih dalam. Ini semua karena kondisi alam dataran tinggi Kabupaten Cianjur di sekitarnya.

Pepohonan dan vegetasi lain yang menghiasi kawasan ini sangat berperan dalam menciptakan suasana damai. Di pagi hari, kawasan ini sering diselimuti kabut tipis yang menambah suasana tenang. Panorama Kabupaten Cianjur tampak mengintip di balik pepohonan di depan Gedung St. Theresia yang cantik.

Tujuan Pensiun

Suasana di dalam kapel besarPengunjung dari seluruh wilayah datang ke Lembah Carmel untuk retret – Foto: Google Maps/Ina Wati

Selain sebagai tempat peribadatan bagi umat Katolik, Lembah Carmel juga terkenal sebagai tempat tujuan pensiun. Retret adalah kegiatan menyendiri atau menyendiri untuk tujuan spiritual. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh umat Katolik.

Tujuan retret bervariasi, tetapi kebanyakan untuk menghindari stres dengan berhubungan kembali dengan Tuhan. Oleh karena itu, lokasi peristirahatan seringkali berada di lokasi yang tenang jauh dari hiruk pikuk kota. Inilah sebabnya mengapa tempat-tempat keagamaan yang terletak jauh dari keramaian selalu dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melakukan pertapaan.

Di sini pengunjung bisa menyingkir ke beberapa fasilitas yang tersedia. Kapel utama adalah pilihan populer sebagai tempat peristirahatan. Namun, ada juga yang benar-benar mencari kesendirian dengan berlatih di kapel hutan. Kapel kecil ini terletak di belakang kapel utama.

Dengan berjalan kaki dalam suasana alam yang indah, retret dapat berlangsung dengan damai. Pengunjung bisa memanjatkan doa, refleksi diri, mengadu, menyampaikan harapan dalam damai. Setelah retret, pengunjung akan menemukan ketenangan pikiran dan kesegaran jiwa untuk melanjutkan rutinitas sehari-hari.

Gua Maria

Pengunjung berdoa di Goa Maria Carmel ValleyDi sebelah Goa Maria ada sumber air suci yang bisa langsung diminum – Foto: Google Maps/Anton Wahjudi

Selain kapel, di kawasan itu juga Goa Maria. Sekilas, tempat ini mungkin mengingatkan Anda pada Gua Maria di Kuningan. Goa Maria terletak tidak jauh dari kapel utama.

Tempat ini menjadi pilihan lokasi lain bagi pengunjung untuk beristirahat dan berdoa. Gua ini dihiasi dengan semak-semak dan berada di puncak rangkaian tangga. Di sebelahnya ada air suci yang bisa langsung diminum. Perlu diingat bahwa pengunjung harus melepas sepatu mereka sebelum berdoa di depan gua Perawan Maria ini.

Seperti suasana kapel, Goa Maria menawarkan ketenangan yang sama. Juga, tempat ini berada di luar ruangan dan di bawah langit terbuka. Pengunjung akan ditemani oleh suara alam seperti burung dan gemerisik angin saat berdoa. Suara-suara ini akan menambah kekhidmatan dan kekhidmatan.

Toko Roh

Kapel kecil di hutanKapel kecil di hutan bagi pengunjung yang mencari keheningan dan ketenangan untuk berdoa – Foto: Google Maps/Billy Tantri

Di area Lembah Carmel, ada toko barang spiritual. Toko ini berada di lantai dasar St. Paul. Lokasinya persis di sebelah fasilitas kantin. Kedua tempat tersebut hanya dipisahkan oleh jendela ceruk tempat pengunjung dapat melihat melaluinya.

Toko rohani ini menyediakan berbagai kebutuhan ibadah dan barang-barang rohani bagi umat Katolik. Pengunjung dapat memperoleh berbagai buku dan CD lagu rohani. Barang-barang lainnya seperti patung, salib dan rosario juga tersedia lengkap di sini.

Setelah berbelanja berbagai perlengkapan ibadah yang diperlukan, sempatkan untuk mengunjungi kantin. Kantin ini buka secara rutin dan menawarkan beragam menu. Pengunjung bisa mengisi perut di sini sebelum pulang.

Fasilitas Lembah Carmel

Fasilitas penunjang di Carmel Valley adalah tempat parkir mobil yang luas dan Wisma Philipus. Sedangkan fasilitas utama terdiri dari kapel, aula utama, toko spiritual dan vihara. Di sini juga mengadakan misa reguler dan terbuka untuk retret.

Lokasi Lembah Carmel

Kawasan wisata religi ini terletak di Jalan Lembah Karmel, Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Jika Anda datang dari Bogor, arahkan kendaraan ke Taman Bunga Nusantara. Ikuti terus Jalan Mariwati hingga pertigaan SMAIT Insan Mandiri Arrahman dan masuki jalan tersebut. Ikuti jalan ini sampai Anda menemukan pertigaan di Carmel Valley Road.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button