Buka 24 jam pada malam tahun baru. Ini adalah wisata Instagramable di Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Buka 24 jam pada malam tahun baru. Ini adalah wisata Instagramable di Surabaya

always.id – Pemerintah Kota Surabaya akan membuka Taman Suroboyo pada malam pergantian tahun. Taman yang terletak di kawasan Pantai Kenjeran ini diketahui memiliki patung ikon kota Surabaya setinggi 25 meter, yakni Suro dan Boyo.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Taman Suroboyo akan dibuka dengan tatanan baru. Yakni alun-alun depan yang luas serta kelap-kelip lampu mempesona yang menambah kemegahan patung Sura Baya.

Baca juga: Ada Hiburan Malam Tahun Baru Gratis di Surabaya, Catat Waktu dan Tempatnya

Petugas Satpol PP juga telah disiagakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

“Agar aman dan nyaman nanti ketika ingin berkumpul di sana, karena insyaallah kami tidak berada di sana 24 jam,” kata Walikota Eri, Sabtu (31/12/2022).

Ia mengungkapkan, fasilitas Taman Suroboyo ini terkait dengan Sentra Ikan Bulak (SIB). Pada tahun 2023, area di belakang patung Sura Baya untuk memasuki kawasan Pantai Kenjeran juga akan dibuat ruang terbuka yang menghadap pantai.

“Jadi tahun depan semuanya sudah siap, target kami sudah siap di kuartal ketiga. Kami juga akan memasukkan pedagang di sebelah Taman Suroboyo di bagian bawah SIB, ”katanya.

Selain itu, Pemkot Surabaya sedang mematangkan konsep penyambungan Taman Suroboyo, SIB, ke Jembatan Suroboyo pada 2023.

“Kita akan buka tempat nongkrong (nongkrong) yang viewnya ke laut karena itu akan jadi sambungan di tahun 2023. Kami sedang menyiapkan shuttle untuk menghubungkan kami, itu akan kami lakukan di Suraabaya Utara,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, pihaknya meminta pengunjung Taman Suroboyo untuk memarkirkan kendaraannya di pelataran parkir SIB. Karena Wali Kota Eri tidak ingin ada tempat parkir di sepanjang Taman Suroboyo.

“Kalau mau ke Taman Suroboyo, parkir di SIB. Kami akan menyediakan tempat parkir, termasuk juga area bus di belakang, semua orang akan masuk ke tempat parkir yang kami sediakan. Kita harus atur, jangan biasakan (parkir sembarangan) nanti kita kesulitan mengurusnya.” “Katanya.

Baca juga: Perhatian! Mulai 1 Januari 2023, tarif air PDAM Surabaya akan naik

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, renovasi tahap pertama Taman Suroboyo telah selesai.

Sedangkan renovasi tahap kedua menyasar area di belakang patung Sura Baya yang menghadap ke Pantai Kenjeran.

“Selesaikan sesi pertama di tahun 2022, sesi kedua untuk daerah belakang. Tujuannya untuk merehabilitasi agar SIB bisa kembali hidup dan bersatu,” ujar Hebi, sapaan akrabnya.

Hebi menjelaskan Suroboyo Park akan dibuka pada malam tahun baru. Hanya saja, pedagang asongan atau pedagang kaki lima (PKL) tidak diperbolehkan berdagang di kawasan Taman Suroboyo.

“Sabtu pagi buka sampai Minggu pagi. Alun-alunnya juga diperlebar. Kalau mau ke sana silahkan ke sana untuk senam atau olah raga. Tapi penjualan tidak boleh di area taman. Kalau mau senam atau olah raga silahkan (tolong)”, jelasnya.

Baca Juga:Truk Terguling di Jalan A Yani Surabaya Usai Menghindari Motor Berhenti Mendadak

Tak hanya Taman Suroboyo, semua taman terbuka di kota Surabaya buka 24 jam saat malam pergantian tahun. Karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk saling menjaga kebersihan.

Juga, minta orang tua untuk lebih memperhatikan dan menjaga anak-anak mereka di area taman.

“Taman Bungkul buka, Taman Cahaya buka, dan ada wayang golek. Namun tidak boleh berjualan apapun di taman tersebut, harus menjaga kebersihan agar tidak mengganggu pengunjung lainnya. Jadi semua taman terbuka, terbuka untuk warga, kecuali Taman Flora yang tidak bisa dibuka pada malam hari,” jelasnya.

Di sisi lain, taman ini hanya buka 24 jam pada malam tahun baru. Karena seusai perayaan malam pergantian tahun, taman kembali ditutup hingga pukul 22.00 WIB.

“Seperti Taman Suroboyo, kita tutup sampai jam 22.00 WIB karena icon patung Sura Baya instagramable dan menarik pengunjung,” pungkasnya. (Ade/SL1)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button