Borobudur Marathon 2022 Promosi Wisata Olahraga, Ekonomi dan Budaya di Magelang - WisataHits
Yogyakarta

Borobudur Marathon 2022 Promosi Wisata Olahraga, Ekonomi dan Budaya di Magelang

KOMPAS.com – Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng sukses digelar mulai Sabtu (11/12/2022) hingga Minggu (13/11/2022). Lomba lari ini bertujuan untuk menjadi lokomotif penggerak laju pariwisata, ekonomi lokal dan pertukaran budaya.

Sekadar informasi, Borobudur marathon diselenggarakan oleh Harian kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon. Acara ini didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

Lomba tersebut terdiri dari tiga kategori yaitu Borobudur Marathon Elite Race, Bank Jateng Young Talent dan Bank Jateng View Temples.

Borobudur Marathon Elite Race merupakan kompetisi lari bagi para atlet nasional dengan jarak lari 42,195 kilometer (km). Ada 37 atlet nasional yang mengikuti ajang ini, dengan rincian 26 atlet putra dan 11 atlet putri.

Kemudian Bank Jateng Young Talent mengikuti lomba lari 10 km yang diikuti oleh 30 pelari muda. Ajang ini merupakan wadah bagi talenta muda berusia 15-18 tahun dan regenerasi pelari jarak jauh.

Sedangkan Kelenteng Bank Jateng View menyusul dengan jarak lari 21.097 km dari pelari umum. Kategori ini menggunakan sistem pemilihan diikuti oleh 4.552 orang.

garis awal dan Selesai Borobudur Marathon 2022 akan diselenggarakan di Taman Lumbini, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Acara ini menampilkan rute yang menantang di pedesaan sekitar kawasan Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Borobudur Marathon 2022 merupakan ajang unjuk prestasi.

“Kami berharap (event) ini menjadi inspirasi bagi para atlet atau calon atlet untuk menjadi yang terbaik,” kata Ganjar dalam siaran pers yang diperoleh Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Ganjar menjelaskan, Borobudur Marathon 2022 tidak hanya kompetisi lari, tapi juga kompetisi lari acara untuk jalan-jalan, belanja produk usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) dan menonton pertunjukan seni.

Seri Borobudur Marathon 2022

Borobudur Marathon dirancang untuk menyenangkan bagi semua kalangan, baik pelari maupun non-pelari, penduduk setempat, dan pengunjung. Sejumlah acara turut memeriahkan acara ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo dan Bazar Buku.

Pasar Harmoni merupakan bazaar kerajinan dan kuliner karya UMKM Magelang yang tergabung dalam Pawone Group. Grup ini diprakarsai oleh Daily kompas sejak tahun 2019. Sebanyak 22 UMKM ikut serta dalam acara ini, dengan informasi 13 UMKM di bidang kuliner dan 9 UMKM di bidang kerajinan.

Kemudian Race Expo merupakan pameran publik yang merupakan penyambutan bagi para pelari sekaligus sebagai showcase budaya Jawa Tengah. Ada terowongan acara spesial yang secara visual merepresentasikan rekam jejak para pelari elit di Borobudur Marathon 2017-2021.

Sedangkan Race Expo merupakan tempat bagi peserta Bank Jateng untuk mengunjungi pura dan mengambil perlengkapan lomba (paket balapan). Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pawai budaya dan jenis hiburan lainnya di sini.

Bazaar Buku akan diselenggarakan mulai 11 hingga 14 November 2022 di Bentara Budaya Yogyakarta dan mulai 11 hingga 13 November 2022 di Kompas Lounge di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Bazar buku ini menawarkan diskon buku hingga 50 persen.

Kepala Eksekutif Bank Jateng Supriyatno meyakini Borobudur marathon 2022 dapat mendongkrak sport tourism serta pariwisata dan budaya di Magelang. menurut dia acara sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat kota Magelang dan sekitarnya.

“(Karena) perekonomian masyarakat bisa terdongkrak dengan banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” ujar Supriyatno.

Supriyatno melanjutkan, event Borobudur Marathon 2022 juga akan meningkatkan okupansi hotel. tamu rumahdan jenis akomodasi lainnya untuk meningkatkan pendapatan usaha.

Sedangkan Bazaar produk kuliner dan kerajinan Magelang menjadi penggerak perekonomian dari UMKM yang dikurasi hadir dalam acara tersebut.

Perlu dicatat bahwa semangat Borobudur Marathon 2022 dituangkan dalam slogan “Lebih Kuat Menuju Kemenangan”.

Deputy General Manager Harian kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, isu tersebut sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai daerah pascapandemi Covid-19.

“Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, kali ini para peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak untuk bersama-sama membawa energi positif untuk tumbuh lebih kuat dan diri untuk menyongsong kemenangan. secara umum,” kata Budiman.

Sebagai informasi, Borobudur Marathon 2022 Powered by Bank Jateng bertema Stronger to Victory juga didukung oleh Isoplus sebagai secara resmi mitra isotonik dan Aqua sebagai mitra air resmi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button