Kuntul Gunung, kerjasama 3 kabupaten untuk membangun DIY Sebelah Selatan - WisataHits
Yogyakarta

Kuntul Gunung, kerjasama 3 kabupaten untuk membangun DIY Sebelah Selatan

TRIBUNJOGJA.COM – Pemerintah Kabupaten Bantul berkomitmen untuk pengembangan wilayah selatan DIY bersama dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

Kerja sama tiga kabupaten bernama Kuntul Gunung (Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul) berpotensi besar untuk menjadikan wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai teras atau pintu masuk wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekda Bantul Helmi Jamharis Kerjasama ini dimulai beberapa waktu lalu dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara ketiga kabupaten tersebut.

Ia menjelaskan, salah satu poin yang ditandatangani adalah komitmen untuk mengembangkan sektor pariwisata yang koheren dari Kulon Progo, Bantul hingga Gunungkidul.

Baca Juga:Parangkusumo Fashion Week Rayakan Peluncuran Bantul Menuju UCCN

“Ketiga wilayah ini berbatasan dengan pantai di sisi selatan. Tentu ada upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatannya dan kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir selatan khususnya,” ujarnya, Selasa (20/12/2022). .

Kerja sama ketiga kabupaten tersebut didasarkan pada kesamaan geografis yang terletak di bagian selatan DIY.

Hal ini sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk memperkuat wilayah selatan dan mengembangkan infrastruktur daerah.

Salah satu tujuan kerjasama ini adalah untuk mengejar ketertinggalan mengingat Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo memiliki tingkat pendapatan perbaikan rumah terendah dan tingkat kemiskinan perbaikan rumah tertinggi.

“Semoga dengan adanya kekayaan alam ini dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menambahkan, pengembangan wilayah selatan juga bisa mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) di setiap kabupaten.

Tentu saja, dengan meningkatnya PAD, kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Baca Juga: Peta Polres Bantul 4 Titik Diperkirakan Akan Alami Peningkatan Volume Kendaraan Saat Nataru

Selain itu, angka kemiskinan di wilayah selatan DIY tergolong tinggi dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberantasnya.

“Saya yakin kerjasama dengan Kuntul Gunung ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan PAD. Dari sektor pariwisata, pengembangan kawasan selatan bisa terjalin kerjasama yang baik,” jelasnya.

Optimisme pembangunan wilayah selatan di tahun-tahun mendatang diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

Selain itu, Gunung Kuntul sudah mulai menunjukkan potensinya di wilayah selatan.

Beberapa potensi tersebut adalah keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Pantai Parangtritis sebagai ikon pariwisata di Bantul, dan meningkatnya reputasi wisata pantai di Gunungkidul dalam beberapa tahun terakhir (Tribunjogja.com).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button