Bangun rest area dekat pantai di Gedangan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Bangun rest area dekat pantai di Gedangan | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Bangun rest area dekat pantai di Gedangan |  Berita Malang hari ini |  Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Perkembangan kawasan pariwisata di Kabupaten Malang terus menjadi perdebatan. Salah satunya adalah kebutuhan pembangunan rest area yang akan dibangun di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Malang. Untuk itu, Pemkab Malang mengusulkan dua titik pendirian rest area sebagai komponen pendukung jalur wisata.

Dinas Pekerjaan Umum Jalan Tol (DPUBM) Kabupaten Malang mengusulkan agar dua titik itu berada di Kecamatan Gedangan. Kedua titik tersebut berdekatan dengan dua pantai naik yaitu Pantai Parangdowo di Desa Gajahrejo dan Pantai Wonogoro di Desa Tumpakrejo.

“Kami sedang mengusulkan rest stop di JLS, ada dua lokasi yang kami usulkan. Salah satunya berada di dekat Pantai Parangdowo dan di kawasan hutan sekitar Pantai Wonogoro di Kecamatan Gedangan,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Jalan Raya (DPUBM) Kabupaten Malang, Suwignyo saat ditemui belum lama ini.

Suwignyo mengatakan dua alternatif lokasi itu sedang digodok. Dari segi teknis, Pantai Parangdowo terletak di kawasan Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo. Pantai Wonogoro terletak di dekat desa Tumpakrejo. Jarak keduanya sekitar 5 kilometer.

“Namun, usulan pertama yang berlokasi di dekat Pantai Parangdowo dinilai kurang strategis. Posisi titik yang disarankan pertama relatif dekat dengan kurva JLS. Ini berbahaya bagi pengguna jalan karena jarak pandang berkurang dan mengganggu pengendara,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Suwignyo, pihaknya juga mengusulkan Pantai Wonogoro, mengingat aspek keamanannya, dan lokasinya lebih nyaman karena berada di lereng yang landai. “Usulan itu sudah kami ajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk itu akan kami tindak lanjuti dengan pemerintah pusat pada tahun 2023,” ujarnya.

Selain itu, Suwignyo menegaskan pihaknya akan terus memantau usulan alternatif agar pembangunan rest area bisa segera tercapai. Selain itu, masyarakat Gedangan sangat mendukung.

“Warga yang sedang membangun rest area sangat proaktif. Karena salah satu harapan terwujudnya pembangunan rest area JLS. Harapan saya sama, rest area ini bisa segera dibangun,” pungkas Suwiknyo. (tyo/nug)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button