Apakah Anda seorang pemburu durian dan pecinta alam? Bukit PERWIRA Majalengka yang wajib anda kunjungi – MITRA TNI POLRI - WisataHits
Jawa Barat

Apakah Anda seorang pemburu durian dan pecinta alam? Bukit PERWIRA Majalengka yang wajib anda kunjungi – MITRA TNI POLRI

Apakah Anda seorang pemburu durian dan pecinta alam?  Bukit PERWIRA Majalengka yang wajib anda kunjungi – MITRA TNI POLRI

MAJALENGKA, mitratnipolri.com- Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Namanya kini semakin harum, terutama karena sektor pariwisata yang terus berkembang.

Layaknya jamur yang tumbuh di musim hujan, objek wisata yang indah dan menarik semakin banyak bermunculan di Kabupaten Majalengka, baik objek wisata buatan maupun objek wisata alam yang belum dibuka dan dikelola sebelumnya.

Salah satu dari sekian banyak objek wisata di kabupaten yang dikenal sebagai Kota Angin ini adalah objek agrowisata Bukit Perwira yang menawarkan beberapa destinasi.

Berada di Blok Asem Dua, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, objek wisata ini luasnya sekitar 10 hektar. Lahan Pemerintah Desa Ujungberung ditanami ribuan pohon Durian Perwira yang dikelola kelompok tani “Sari Tani”.

Satu hal yang menarik dari Durian Perwira adalah durian asli Majalengka ini justru lebih dikenal dengan nama Durian Sinapeul, kenapa? Pasalnya, durian ini berasal dari pohon tua jenis Perwira yang tumbuh di lahan milik warga Blok Sinapeul, salah satu blok di Desa Ujungberung.

Dikatakan berusia lebih dari dua abad, pohon purba ini merupakan induk dari pohon durian yang ditanam di sekitar kawasan Bukit Perwira.

Kini, berkat keseriusan dan antusias warga sekitar, kawasan Bukit Perwira berubah menjadi destinasi wisata yang indah dan menarik.

Selain bisa mencicipi durian lokal yang manis dan asli, ada beberapa hal yang menjadi nilai plus lain dari agrowisata ini, salah satunya adalah adanya tempat selfie atau swafoto yang cantik dan asri dengan view bukit dan tebing yang hijau. tinggi.

Tempat ini menawarkan kesejukan dan keindahan alam

Tebing berbatu yang bernama Tebing Kandaga ini sangat unik dan menarik, tinggi dan tinggi, jika dijadikan background selfie dijamin cantik.

Tentunya para wisatawan yang menyukai suasana pemandangan perbukitan yang hijau dan sejuk wajib mencoba untuk datang ke tempat yang hanya bisa direkomendasikan ini.

Suasana alam yang masih terjaga keasriannya berpotensi untuk destinasi lain seperti Camping (Buper), Outbond dan lain-lain.

Kawasan agrowisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan perbukitan hijau dan sejuk yang indah, tetapi juga dua kafe dan restoran, yaitu Bukit Perwira Cafe & Resto dan Tema Cafe.

Salah satu dari dua kafe dan restoran yang representatif dan direkomendasikan yaitu Bukit Perwira Cafe & Resto yang letaknya berdampingan dengan tebing Batu Kandaga yang indah namun kokoh dan gagah.

Ada dua kafe dan restoran di kawasan agrowisata ini, yakni Bukit Perwira Cafe & Resto dan Tema Cafe.

Branding yang digunakan Bukit Perwira Cafe & Resto berasal dari salah satu varietas durian yang menjadi ciri khas desa Ujungberung, yaitu Durian Perwira.

Bukit Perwira Cafe & Resto menyajikan berbagai macam makanan dan minuman yang tidak hanya enak tetapi juga tersedia dengan harga yang terjangkau.

Beberapa menu yang paling digemari antara lain nasi liwet, aneka hidangan seafood, sate, dan aneka olahan durian.

Cafe & Resto ini juga sangat cocok untuk bermain bersama keluarga, teman atau bahkan acara kantor seperti rapat, rapat bulanan atau lainnya.

Sebagai pusat kuliner, Bukit Perwira Cafe & Resto sangat cocok untuk bersantai sambil mencicipi makanan dan minuman yang enak, penat dan penat dijamin hilang.

Menghadap tebing Kandaga yang terkadang diselimuti kabut, suasananya sangat nyaman membuat betah dan enggan untuk pergi.

Justru di kawasan inilah rencananya akan dibangun tempat wisata lainnya, antara lain arena selfie atau taman bermain dan pertemuan bersama keluarga tercinta.

Ada juga penangkaran bibit durian Perwira yang bisa dilihat, dipilih, dan dibeli pengunjung.

Ketua Kelompok Tani ‘SARI TANI’, H. Iding, merupakan salah satu tokoh pelopor dan pencetus ide awal untuk mengubah kawasan perkebunan ini menjadi kawasan agrowisata.

Berawal dari keresahan warga setempat bahwa perkebunan di kawasan ini kurang mendapat perhatian dari pihak lain, sehingga semangat para petani benih menjadi berkurang.

H. Iding berharap melalui penciptaan kawasan agrowisata ini, selain sebagai sarana hiburan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk menikmati suasana di kawasan agrowisata ini, warga sekitar juga dapat memanfaatkan dan menikmatinya.

Salah seorang pengunjung kawasan agrowisata ini, Sri Suryani, 33 tahun, yang berasal dari Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka mengatakan, tak hanya bisa melihat durian petugas dengan pemandangan Instagramable, udara sejuk dan santai, tapi juga ikut wisata kuliner. mencicipi berbagai hidangan lezat dan lezat di Bukit Perwira Cafe & Resto.

“Berkeliling kawasan Bukit Perwira merupakan paket wisata yang lengkap. Cukup ke satu tempat saja, tapi bisa sekaligus menikmati wisata alam dan wisata kuliner, khususnya Durian Perwira,” jelas Sri saat touring bersama keluarga di Bukit Perwira Cafe & Resto, Minggu, 8 Januari 2023.

Wartawan/editor (herfir).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button