Hutan Pinus Rindang Jadi Hutan Wisata | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Hutan Pinus Rindang Jadi Hutan Wisata | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

HUTAN tidak selalu tampak liar dan berbahaya. Hutan pinus di Kabupaten Wajak menjadi hutan wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Wisata alam bernama Hutan Pinus Semeru (HPS) ini berlokasi di Dusun Arjosari, Desa Sumberputih.

Malang Posco Media – Lokasinya yang tersembunyi menjadi keunggulan utama. Suasana sepi jauh dari keramaian menjadi alternatif wisata jika bosan dengan pantai atau wisata buatan. Apalagi bagi wisatawan yang lelah dengan permasalahan perkotaan. HPS terletak di ujung kecamatan Wajak. Begitu teduh dan sejuk.

Karena letaknya yang terpencil, hutan di lereng Gunung Semeru ini cocok untuk menenangkan diri. Di lokasi Anda akan menemukan pemandangan alam pinus yang luas dan berbagai satwa hutan yang memanjakan mata. Menurut pemerintah desa setempat, wisata ini sebelumnya hanyalah hutan belantara biasa. Tidak ada yang istimewa.

Pertama kali muncul ide mengadakan wisata pemuda desa bersama mahasiswa KKN dari salah satu perguruan tinggi di Malang. Hutan Pinus Semeru kemudian dikelola pemuda dan sejumlah mahasiswa untuk dijadikan lokasi selfie. Lokasi ini diuntungkan oleh pepohonan yang menjulang tinggi. Payung dengan warna berbeda akhirnya dipasang dari pohon-pohon ini.

Payung itu kini tergantung dan dipasang sejajar di antara beberapa pohon. Ditambah dengan hammock atau tempat tidur gantung yang bisa disewa. Hingga akhirnya didokumentasikan dan dibagikan di media sosial. Kawasan wisata hutan pinus ini luasnya sekitar delapan hektar.

Dengan memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata, memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya, pengunjung yang datang biasanya mencari oleh-oleh yang bisa dibeli oleh warga setempat di sepanjang jalan dari hutan pinus. Ada juga persewaan tempat tidur gantung di lokasi itu sendiri, yang dapat disewa pengunjung hanya dengan Rp 5.000 selama satu jam.

Ada juga wahana flying fox, bagi yang suka tantangan bisa mencoba wahana ini dengan hanya merogoh kocek Rp 15.000 saja untuk satu permainan. HPS berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Pinus ditanam oleh Perhutani sejak tahun 2000-an.

Rencananya, pengelola HPS akan melakukan pengembangan lebih lanjut untuk menarik lebih banyak pengunjung. Mulai dari relokasi, terutama penambahan perlengkapan. Seperti tempat duduk untuk gazebo. HPS bisa menjadi alternatif wisata alam yang menenangkan bagi semua orang. (tyo/mar)

Berita Wisata Malang Selain ‘Hutan Pinus Teduh Jadi Hutan Wisata’

Silakan klik tautan ini:

Anda juga dapat memperbarui epaper kami dengan mengklik tautan berikut:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button