Solo Indonesian Umbrella Festival dibuka hari ini dengan mengusung tema Kerajaan dan Payung - WisataHits
Jawa Tengah

Solo Indonesian Umbrella Festival dibuka hari ini dengan mengusung tema Kerajaan dan Payung

TEMPO.CO, jakarta – Festival Payung Indonesia 2022 (Fespin) akan diselenggarakan pada 2-4 September 2022 di Solo, Jawa Tengah. Festival ini akan dihadiri oleh puluhan kelompok seni dan komunitas kreatif dari berbagai daerah di Indonesia, serta seniman dari Thailand, India dan Spanyol.

Direktur Program Indonesia Umbrella Festival 2022 Heru Mataya mengatakan, ada 81 kelompok seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/pemerintah di Indonesia. Bahkan, akan ada beberapa peserta dari luar negeri, antara lain Thailand, India, dan Spanyol.

“Khususnya bagi para hadirin di Sankhampaeng Cultural Center, Thailand, yang hadir sebagai bentuk komitmen mereka terhadap hubungan.” saudari festival antara FESPIN (Festival Payung Indonesia) dan Festival Payung Borsang (Chiang Mai),” ujarnya di Solo, Kamis, 1 September 2022.

Indonesian Umbrella Festival 2022 akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo selama tiga hari. Kali ini topik yang diangkat adalah The Kingdom and Umbrella.

Dikatakannya, selama festival, para peserta akan menampilkan pameran tentang tradisi dan kreativitas.

“Dalam pelaksanaannya, mereka tidak hanya akan pamer, tapi juga bergerak bengkel mereka di sini (Pura Mangkunegaran),” katanya.

Ia mengatakan festival tersebut merupakan bentuk komitmen untuk melestarikan payung sebagai tradisi Indonesia. Di sisi lain, Umbrella Festival diharapkan dapat meningkatkan kreativitas kolektif masyarakat.

Sementara itu, pada acara tahun ini juga akan ada pengenalan dan review buku Payung Tradisi Nusantara.

Ia berharap buku tersebut dapat menginspirasi peserta dan masyarakat untuk menggali potensi daerahnya masing-masing. “Selanjutnya administrasi menjadi bagian dari ekonomi kreatif dan membuka peluang pariwisata baru dari kekayaan tradisi nusantara,” ujarnya.

Festival Payung Indonesia telah diselenggarakan di Taman Balekambang, Solo sejak tahun 2014.

Baca juga: KGPPA Mangkunegara X ingin masyarakat lebih dekat dengan budaya Pura Mangkunegaran

Sselalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button