Antapura De Djati, Tempat Menikmati Suasana Ubud di Garut - WisataHits
Jawa Barat

Antapura De Djati, Tempat Menikmati Suasana Ubud di Garut

KOMPAS.com – Salah satu wisata hits yang baru dibuka dan sangat populer di Garut, Jawa Barat adalah Antapura De Djati. Destinasi ini memiliki nuansa alam ala kawasan Ubud Bali.

Manajer Operasional Antapura De Djati Fikri mengatakan, pembangunan tempat ini sudah direncanakan sejak lama, yakni sekitar lima tahun lalu.

“Salah satu alasannya karena ada cita rasa Bali di Jawa Barat. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Bali, khususnya warga Garut dan Jawa Barat untuk merasakan keindahannya,” kata Fikri. Kompas.comSelasa (10/4/2022).

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Garut yang Wajib Dikunjungi, Banyak Tempat Seru dan Indah

Antapura De Djati adalah tempat wisata selfie dengan konsep di luar Sawah dan alam di Garut, lengkap dengan fasilitas seperti Kedai kopi dan restoran bergaya dengan nuansa Ubud di Bali.

“Pemilik tanah telah merencanakan untuk membangun resor wisata. Karena tempatnya dari persawahan, berbukit-bukit dan enak untuk makan,” lanjutnya.

Setelah melalui proses pembangunan sekitar satu tahun, Antapura De Djati akhirnya dibuka untuk umum pada Februari 2022.

Daya tarik Antapura De Djati

Menurut penjelasan Fikri, konsep tempat ini terutama ditujukan untuk spot selfie atau membuat konten, baik foto maupun video.

Namun, untuk melengkapi kenyamanan pengunjung, pengelola juga menawarkan kafe, restoran dan beberapa wahana seperti ayunan dan penggeser pelangi (slide pelangi).

Kopi Aksen di kawasan Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat. Instagram/@antapuradedjati Aksen Kopi di kawasan Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat.

“Kami juga punya resto, coffee shop namanya Aksen Coffee dan restonya Cibiuk. Ada juga taman bermainnya,” kata Fikri.

Keindahan pemandangan dan tempat-tempat yang Instagram-worthy disebut-sebut menjadi daya tarik utama Antapura De Djati.

Baca juga:

Bahkan, tempat ini juga cukup ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah di luar Garut. Banyak pengunjung yang datang ke Jakarta dan sekitarnya dari Bandung, Tangerang.

Menurutnya, daya tarik Antapura De Djati selain sebagai tempat selfie dan tempat nongkrong, dekat dengan sejumlah tempat wisata di Garut karena lokasinya yang strategis.

Salah satu spot foto di Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat. Instagram/@antapuradedjati Salah satu spot foto di Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat.

“Tempat wisata di Garut banyak, kebanyakan lewat sini. Jadi Antapura bisa jadi pilihan pertama atau terakhir, tujuan pemandian air panas Cipanas, sentra industri kulit Sukastrel, selanjutnya ke Situbagendit,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Antrapura De Djati tidak terlalu jauh dari kecamatan Bandung atau Nagreg, hanya sekitar 20-30 menit saja.

Baca Juga : 10 Wisata Garut Cocok Untuk Keluarga, Ada Wahana Air Seru

Beragamnya destinasi wisata di sekitar Antapura De Djati membuat banyak pengunjung rombongan singgah di tempat tersebut untuk makan atau beristirahat. Seperti grup arisan, kantor atau pertemuan keluarga.

Fasilitas, jam buka dan harga tiket Antapura De Djati

Selain kafe modern, ada restoran dengan masakan Sunda yaitu restoran Cibiuk, taman bermain dan spot selfieWisata ini juga menawarkan penginapan.

Resto Cibiuk Masakan Sunda di kawasan Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat. Instagram/@antapuradedjati Resto Cibiuk Masakan Sunda di kawasan Antapura De Djati, Garut, Jawa Barat.

Sebenarnya, penginapan itu awalnya ditujukan sebagai tempat peristirahatan pemilik Antapura De Djati. Namun karena banyak pengunjung yang bertanya, akhirnya tempat ini dibuka untuk umum.

“Ke depan kami berencana (akomodasi lain). Kami ingin banyak pilihan bagi pengunjung, mungkin glamping atau kamar hotel,” kata Fikri.

Baca Juga: 5 Wisata Garut untuk Instagram Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Selain itu, tersedia fasilitas lain seperti toilet, mushola dan WiFi, serta tempat parkir mobil yang luas. Kapasitas untuk mobil sampai 100 kendaraan, untuk sepeda motor juga 100 dan untuk bus kurang lebih 10 unit.

Jam buka Antapura De Djati adalah setiap hari dari Senin hingga Minggu, setiap pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Biaya masuk ke Antapura De Djati

Tiket masuk Antapura De Djati cukup terjangkau, dengan pengunjung dewasa membayar Rp 25.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 35.000 pada hari Sabtu hingga Minggu.

Antapura De Djati, Garut.Instagram @antapuradedjati Antapura De Djati, Garut.

Harga tiket khusus berlaku untuk pengunjung berusia 5-8 tahun dan manula di atas 60 tahun, Senin hingga Jumat Rp 15.000 dan Sabtu hingga Minggu Rp 20.000. Sebagai informasi, anak-anak di bawah 5 tahun tidak membayar atau tidak dipungut biaya.

Baca Juga: 5 Hotel Unik di Subang Jawa Barat yang Cocok Untuk Menghilangkan Rasa Lelah

“Harga tersebut sudah termasuk voucher minuman. Di dalamnya juga terdapat photo booth khusus yang membayar mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Kami juga menyediakan fotografer Rp 10.000 per foto jika Anda ingin mengambilnya, ”katanya.

Kedepannya, kata Fikri, tiketnya juga bisa diganti dengan voucher Dodol Muda yang masih dalam proses segar. Mulai sekarang, racikan dodol baru bisa dinikmati setiap akhir pekan.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button