Anehnya, Desa PALING TAJIR ini terletak di provinsi Paling BOKEK di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Anehnya, Desa PALING TAJIR ini terletak di provinsi Paling BOKEK di Indonesia

Anehnya, Desa PALING TAJIR ini terletak di provinsi Paling BOKEK di Indonesia

SurabayaNetwork.id – Pada 16 Januari 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data mengejutkan profil kemiskinan di Indonesia tahun 2022.

Data tersebut menunjukkan bahwa Yogyakarta merupakan provinsi dengan angka kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa.

Sementara itu, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono mengatakan, jumlah penduduk miskin DIY pada September 2022 sebanyak 463.630 orang, meningkat 8.900 orang dibandingkan data Maret 2022.

Baca juga: MAKASSAR Bukan Nomor 1, Ini 5 Daerah PALING TAJIR di Pulau Sulawesi

Uniknya, provinsi yang merupakan provinsi termiskin di Pulau Jawa ini justru memiliki desa-desa terkaya. Desa ini merupakan salah satu desa terkaya di Indonesia.

Desa ini bernama Desa Wisata Kasongan dan terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Sekitar 10 hingga 20 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Desa Wisata Kasongan merupakan sentra kerajinan gerabah tanah liat. Orang-orang di sini telah membuat berbagai jenis tembikar selama beberapa generasi.

Desa ini memiliki 852 pengrajin gerabah yang tersebar di lima dusun dan 200 pengrajin kualitas ekspor.

Sepanjang Jl. Di Kasongan, Anda bisa menemukan galeri peralatan rumah tangga, gelas, pot bunga, souvenir dan sebagainya.

Oleh karena itu, desa ini juga dikenal sebagai “Desa Sejuta Tembikar”. Tidak hanya wisatawan domestik, desa ini juga menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk mencari oleh-oleh.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button