KAI salurkan Rp 25,5 miliar sepanjang 2022, Bakti BUMN untuk Indonesia - WisataHits
wisatahits

KAI salurkan Rp 25,5 miliar sepanjang 2022, Bakti BUMN untuk Indonesia

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyalurkan dana Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahun 2022 sebesar Rp25.479.233.850.

Program TJSL disalurkan dalam bentuk community development, program kemitraan dan community relation.

Layanan BUMN untuk Indonesia, KAI salurkan TJSL Rp 25,5 miliar sepanjang 2022Bakti BUMN untuk Indonesia, KAI salurkan TJSL Rp 25,5 miliar sepanjang 2022, foto: KAI.id

Total bantuan TJSL tahun 2022 meningkat 34% dibandingkan tahun 2021, atau Rp 19 miliar.

“KAI konsisten membagikan TJSL sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang terus menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

Bakti BUMN atau TJSL yang KAI salurkan selalu memperhatikan dampak positif dan keberlanjutan,”

kata Manajer Senior KAI Didiek Hartantyo.

Dalam program bina lingkungan, pada tahun 2022, KAI menyalurkan dana sebesar Rp9,6 miliar untuk 246 kegiatan yang meliputi bantuan pendidikan, bantuan pelestarian alam, bantuan sarana ibadah, bantuan pembangunan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan sosial kemasyarakatan. , dan bantuan korban bencana alam dan non alam.

Seperti saat gempa mengguncang Kabupaten Cianjur pada November 2022 lalu, KAI memberangkatkan kereta api klinik dan ambulans beserta relawan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada korban gempa.

Selain itu, KAI juga memberikan bantuan berupa selimut, sembako, popok, obat-obatan dan berbagai barang kebutuhan lainnya bagi para korban.

Saat gempa terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Februari 2022, KAI memberikan bantuan senilai total Rp 100 juta, dimana pada tahap pertama, KAI memberikan bantuan logistik berupa sembako, alat masak, sabun mandi dan popok. .

Selain itu, KAI juga memberikan bantuan kepada korban gempa di Tapanuli, Sumatera Utara, korban letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, korban banjir di Brebes, Jawa Tengah, Garut, Jawa Barat dan kebakaran di Kota Karang Teluk Betung Timur, Lampung.

“KAI sebagai BUMN selalu sigap dan siap tanggap terhadap keadaan darurat di sejumlah bencana alam yang terjadi di berbagai daerah, khususnya di wilayah kerja KAI.

Program KAI Peduli yang merupakan TJSL perusahaan, KAI bekerja untuk menunjukkan kehadiran KAI secara langsung di masyarakat,”

kata Didik.

Juga sebagai bagian dari Program Bina Lingkungan 2022, KAI memberikan bantuan pelestarian alam di sejumlah daerah.

Bantuan pelestarian alam berupa penghijauan di Bandung, Bogor, Cirebon, Garut, Purwokerto, Madiun, Temanggung, Medan dan Tanjungkarang.

“Tahun 2022, KAI menanam 77.000 pohon di berbagai daerah untuk mendukung program BUMN Green Indonesia,”

tambah Didik.

Dalam rangka membantu pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), pada tahun 2022 KAI menyalurkan dana sebesar Rp7 miliar dan terdapat 774 mitra aktif yang didukung KAI pada tahun 2022 di perusahaan program pembiayaan mikro dan kecil dengan total nilai penyaluran dari Rp. 21 miliar.

UMK meliputi sektor industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan dan lain-lain.

Selain memberikan pembiayaan modal ventura, KAI juga memberikan pembinaan dan pelatihan oleh para ahli di bidangnya masing-masing.

Pelatihan meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dll.

Dalam upaya memperluas pasar mitra binaan, KAI meresmikan Teras UMK di Stasiun Bandung yang merupakan outlet sebagai media bagi mitra binaan untuk mempromosikan produknya.

“KAI terus memberikan kontribusi kepada UMK Indonesia agar dapat terus maju, tumbuh dan bersaing di dunia industri dalam negeri.

KAI sangat mendukung keberlangsungan UMK melalui dana kemitraan dan mendorong UMK binaan KAI untuk berbenah,”

kata Didik.

Sementara itu, KAI melalui program hubungan masyarakat memberikan bantuan dalam sosialisasi keselamatan perjalanan kereta api dan perang melawan pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan.

Sosialisasi ini telah dilakukan sebanyak 162 kali dengan menggandeng komunitas pecinta kereta api di seluruh wilayah kerja KAI.

“Kami rutin melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang agar pengguna jalan menghormati rambu-rambu lalu lintas dan mengutamakan perjalanan kereta api di perlintasan sebidang.

KAI juga menggandeng masyarakat untuk mensosialisasikan agar melatih pelanggan menjaga ketertiban dengan tidak melecehkan saat bepergian,”

kata Didik.

Selain sosialisasi, KAI juga memberikan bantuan berupa sarana olah raga, ibadah dan belajar untuk sekolah, tempat ibadah, dll. yang dekat dengan rel kereta api.

Pengabdian KAI kepada bangsa melalui CSR telah diakui dalam bentuk penghargaan dari berbagai instansi.

Pada tahun 2022, KAI mendapatkan penghargaan di bidang CSR antara lain Gold Champion kategori BUMN pada Bisnis Indonesia 2022 Award, ICSB Presidential Award 2022 pada acara Jakarta Marketing Week 2022, dan Juara 2 Community Engagement and Health Development Program pada Corporate BUMN KTT Komunikasi dan Keberlanjutan (BCOMSS) 2022.

“Semoga seluruh bantuan TJSL di tahun 2022 dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Ke depan, kami akan melanjutkan program TJSL KAI dan berkomitmen untuk memberikan bantuan yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, lingkungan, hukum, dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, dan terukur.

tutup Didik.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button